Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Tidur adalah salah satu kebutuhan yang wajib dilakuin semua mahluk hidup. Mau ganteng, cantik, kaya, miskin, punya pacar, atau jomblo, semua tetep butuh tidur, gak ada pengecualian.

Di saat kita tidur, banyak banget nih kejadian ajaib yang bisa terjadi bahkan tanpa kita sadar (yaiyalah namanya juga lagi tidur, gimana bisa sadar). Ada yang kalo tidur matanya kebuka setengah, ada yang suka ngomong sendiri, ada yang suka jalan, ada juga yang hobi ngorok.

Tau gak sih Kawan Muda, ternyata 45 persen dari orang dewasa di dunia pasti pernah ngalamin tidur mendengkur atau ngorok loh! Jangan suka ngaku-ngaku kamu bukan salah satu di antara mereka ya, soalnya kan kamu gak tau pas lagi tidur gimana berisiknya kamu. Kali aja kan, suara ngorok kamu ternyata ngalahin toa masjid tapi kamu gak pernah nyadar.

Nah sebenernya gimana sih asal usul ngorok, dan gimana cara ngeberhentiinnya? Jadi, masalah paling dasar dari ngorok atau mendengkur adalah ketidakmampuan udara untuk bergerak bebas melalui hidung dan tenggorokan. Ini menyebabkan adanya getaran diantara hidung dan tenggorokan, dan nimbulin bunyi-bunyian yang disebut ngorok atau dengkur. Gitu, Kawan Muda.

Kenapa kita bisa ngorok? Bukan cuma gara-gara capek atau hobi doang, tapi penyebab ngorok tuh banyak banget. Yang paling umum adalah kehamilan, alergi, masalah hidung dan sinus, kegemukan, kebiasaan ngerokok, mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan, penuaan, sampe faktor genetik.

Terus, kenapa kita harus berhenti ngorok? Padahal kan ngorok tuh ibarat musik pas lagi tidur! (kata orang-orang yang hobi ngorok). Soalnya guys, ngorok bisa bikin banyak masalah kesehatan loh. Dari mulai tersedak tiba-tiba pas lagi tidur yang bikin kita kaget dan bangun mendadak, tenggorokan kering pas bangun tidur, sakit kepala, ngerasa lelah sepanjang hari, juga bisa nyebabin susah konsentrasi.

Makanya nih, ada cara-cara buat ngeberhentiin kebiasaan ngorok kamu. Caranya macem-macem, dan bisa kamu coba lakuin dengan gampang. Pertama, biasain bersih-bersih dan beresin kamar sebelum kamu tidur, jangan sampe banyak debu apalagi sarang laba-laba. Ini bisa bikin kamu juga jadi ngorok karena udara di sekeliling kamu kotor.

Kamu pun bisa coba benerin posisi tidur. Soalnya, posisi tidur ngaruh pada kelancaran udara yang masuk ke hidung kita. Kalo kamu biasanya tidur nutupin muka di selimut atau bantal, coba jangan diulangi lagi. Ntar tiba-tiba kehabisan nafas kan gawat guys!

Jangan lupa juga biasain hidup sehat. Ini termasuk rajin olahraga, makan teratur, dan berhenti ngerokok! Inget ya, kesehatan tuh berawal dari hidup yang sehat. So, hindari deh hal-hal yang kamu udah tau sebenernya gak baik buat diri kamu sendiri.

 

Sumber: lifehack | (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥