Rabu, 20 November 2019

Genmuda – Bulan September identik sama kecerian kayak judul lagu Vina Panduwinata, termasuk buat Apple Fanboy yang gak sabar nungguin acara Apple Event pada Rabu (11/9) waktu Indonesia di Steve Jobs Theater, Cupertino, California.

Dalam gelaran rutin itu Apple resmi memperkenalkan tiga seri terbaru iPhone, yaitu iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Max Pro. Terus apa sih keistimewaannya? Nih, lo simak aja baik-baik biar makin update.

iPhone 11 (Harga 9,8 jutaan)

(Sumber: Digital Trends)

Gak berbeda dari iPhone XR, iPhone 11 punya layar 6,1 inci retina display. Peningkatan bisa lo temuin pada prosesor A13 Bionik 7 nm yang diklaim sebagai CPU dan GPU paling cepat di dunia saat ini untuk smartphone.

Seolah masih mengikuti pasar, kamera iPhone 11 masih dibekali dengan dual kamera 12 MP wide angle dan 12 MP ultra-wide camera yang bisa dipakai untuk 12x optical zoom. Cenderung biasa emang, namun bedanya Apple menyematkan fitur night mode dan tambahan fitur slow motion pada kamera depannya.

Perpaduan IP68 di perangkat ini menghasilkan ketahanan air hingga kedalaman 2 meter dalam waktu 30 menit. Seolah mengulang trend iPhone 5c, iPhone 11 punya varian warna lebih banyak mulai dari ungu, hijau, kuning, hitam, putih, dan merah.

iPhone 11 Pro dan 11 Max Pro (Harga 14 jutaan dan 15,4 jutaan)

(Sumber: Digital Trends)

Sama kayak iPhone 11 yang merupakan suksesor iPhone XR, maka seri iPhone 11 Pro dan 11 Max Pro adalah suksesor dari iPhone Xs dan Xs Max yang menjadi iPhone termahal saat ini. Perbedaan paling mencolok dua perangkat ini dengan iPhone 11 adalah pada jumlah kameranya, yakni tiga buah.

Kamera ketiga di iPhone Pro dan iPhone Pro Max adalah kamera ultra wide angle 12 MP dengan sudut pandang 120 derajat. Sedangkan dual kamera lainnya punya spesifikasi 12 MP Wide Camera dan 12 MP Telephoto Camera. Untuk kamera depan dua perangkat ini punya tambahan fitur merekam video 4K 60fps.

Keduanya juga sama-sama dibekali prosesor A13 Bionic dengan layar Super Retina Display (OLED) yang punya tingkat kecerahan paling baik dan hemat energi. Apple emang gak ngebocorin berapa besaran baterainya, namun iPhone 11 Pro diklaim empat jam lebih tahan lama dibandingkan XS. Sedangkan iPhone 11 Pro Max diklaim lima jam lebih tahan lama dibandingkan XS Max.

Kedua smartphone ini hadir dalam empat pilihan warna hijau, abu-abu, silver, dan emas. Tertarik beli yang mana, gengs?

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast