Senin, 22 April 2019

Genmuda – Tanggung jawab di sekolah, kampus, atau kantor rasanya berat banget sampai engga dikerjain tapi berbagai misi dalam game selalu menyenangkan ditamatin. Padahal, keduanya sama-sama merupakan tugas yang dibebankan sama orang lain loh, gaes.

Tanggung jawab harian seharusnya jadi tugas yang dikerjain penuh semangat karena menyangkut hidup di dunia nyata. Tapi, ada satu hal yang engga bisa diperoleh dari dunia nyata sehingga banyak manusia lebih suka ngegame. Penghargaan.

Tiap menyelesaikan misi, pemainnya dapet pengargaan berupa poin, barang berharga, “experience,” di samping pastinya naik level. Kehidupan nyata juga gitu sih, tapi engga ada yang bilangin “SELAMAT! Kamu sekarang level 21.” seperti di dalam game.

Sampai akhirnya, banyak developer mencoba bikin aplikasi agenda atau to-do list yang seinteraktif game. Hidup di dunia nyata kamu pun bisa seseru saat lagi main game dengan aplikasi-aplikasi di bawah ini.

1. LifeRPG (Android)

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Aplikasi dengan fitur membuat tugas yang “beranak” ini cocok dipakai para penggila game RPG modern. Experience point (exp) bakal diterima tiap menyelesaikan “misi.” Makin banyak exp terkumpul, makin besar levelnya. Biar lebih seru, aplikasi ini juga tampilin time limit yang dibutuhin dalam menyelesaikan suatu tugas.

2. Level Up Life (Android)

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Sementara itu, para penggila RPG klasik bisa mencoba aplikasi Level Up Life yang tampilannya retro banget. Tiap menyelesaikan tugas, aplikasi yang terhubung dengan internet ini pamerin pencapaian itu ke situsnya. Semua pengguna jadi bisa ngeliat hal yang dilakukan orang lain.

3. EpicWin (Apple/Android)

via itunes.apple.com
(Sumber: itunes.apple.com)

EpicWin mengubah hidup biasa yang boring jadi kayak video game. Makin banyak tugas terselesaikan, makin banyak barang-barang antik yang didapat di aplikasi itu. Barangnya emang engga berguna di dunia nyata, namun bisa dipamerin ke media sosial karena aplikasinya bisa dihubungin ke dengan Facebook dan Twitter.

4. Habitica (Apple/Android)

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Kesempatan mengatur karakter di dalam aplikasi yang bikin Habitica beda dari aplikasi lain. Tiap exp, barang, atau skill yang diperoleh setelah menyelesaikan tugas bisa mengubah tampilan karakternya. Kamu yang suka mengkustomisasi avatar kayak di game “The Sims” bakal suka dengan aplikasi ini.

5. Streaks (Apple/Android)

via exist.io
(Sumber: exist.io)

Aplikasi ini memaksa penggunanya rampungin tugas sesuai agenda atau membangun kebiasaan baru sesuai jadwal. Notifikasi tiap tugas muncul layaknya notifikasi pesan masuk. Engga bakal kelewatan. Akan tetapi, desainnya yang bagus bikin aplikasi ini engga ngebosenin meski sering dibuka.

6. SuperBetter (Apple/Android)

via gamification.co
(Sumber: gamification.co)

Hasil nyata meski cuma ngelakuin kebiasaan baru dalam 10 menit tiap hari. Itu yang dijanjiin aplikasi SuperBetter. Cara bermain aplikasi dengan tampilan simpel ini dibuat supaya penggunanya bisa menganalisis kekuatan, kelemahan, tantangan, dan kesempatan baru yang diperoleh tiap menyelesaikan tugas.

7. Productivity Challenge Timer (Apple/Android)

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Sementara itu, kamu yang cuma pengen semua tugas terselesaikan tepat waktu tanpa peduli sama sekali soal naik level langsung aja download Productivity Challenge Timer. Bukannya mengeset tanggal berapa suatu tugas diselesaikan, kamu diminta mengeset dalam berapa lama suatu tugas bisa rampung. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.