Selasa, 23 April 2019

Genmuda – Di bulan November ini film berlatar Perang Dunia II ternyata engga cuma datang dari sutradara Mel Gibson aja nih, Kawan Muda. Menyusul ‘Hacksaw Ridge’, ada pula film garapan sutradara Robert Zemeckis yang berjudul ‘Allied’.

Kalo ‘Hacksaw Ridge’ diangkat dari kisah nyata, maka lain halnya dengan ‘Allied’. Film thriller romantis ini merupakan film fiksi yang berkisah tentang dua pejuang yang jatuh cinta saat ngejalanin sebuah misi. Film ini dibintangi oleh Brad Pitt, Marion Cotillard, Jared Harris, Lizzy Caplan, dan Matthew Goode.

Berlatar di Casablanca, Maroko pada tahun 1942, ‘Allied’ diawali dengan pertemuan perwira intelijen Max Vatan (Brad Pitt) dan pejuang Pemberontak Prancis Marianne Beausejour (Marion Cotillard) dalam sebuah misi rahasia di wilayah musuh. Dari yang tadinya cuma pura-pura jadi pasangan suami istri, mereka akhirnya kembali bersatu di London. Mereka pun menikah dan punya seorang anak.

Sayangnya, kebahagiaan Max dan Marianne ternyata engga bertahan lama. Max dapet kabar dari atasannya bahwa Marianne sesungguhnya adalah seorang mata-mata Jerman. Doi kemudian dihadapin pada pilihan sulit antara ngebunuh sang istri dengan tangannya sendiri atau dihukum karena engga matuhin perintah. Tapi, berhubung doi yakin bahwa istrinya itu engga bersalah, doi lantas ngejalanin misinya sendiri buat ngungkapin fakta yang sesungguhnya.

‘Mr. & Mrs. Smith’ versi jaman perang

via indiewire.com
(Sumber: Istimewa)

Well, kalo dilihat dari garis besar ceritanya, sekilas ‘Allied’ engga jauh beda dari ‘Mr. & Mrs. Smith’. Kalo di ‘Mr. & Mrs. Smith’ baik John maupun Jane sama-sama saling engga tau siapa pasangan mereka yang aslinya, maka di film ini situasi semacam itu cuma dialami oleh Max. Terlepas dari itu, baik John dan Jane maupun Max sama-sama engga diam begitu aja, melainkan berusaha buat nyari kebenarnyanya.

Lebih lanjut, perbedaan paling mendasar antara ‘Allied’ dan ‘Mr. & Mrs. Smith’ paling cuma ada di latar dan bagian akhirnya aja. Dengan latar perang, ‘Allied’ sebetulnya punya lebih banyak kesempatan buat nyiptain ketegangan dan beragam tanda tanya. Sayangnya, kesempatan itu kurang dimanfaatin dengan baik oleh sutradara Robert Zemeckis, sehingga pada akhirnya timbul semacam kesan antiklimaks.

Dengan demikian, secara keseluruhan ‘Allied’ emang udah cukup intens dan bikin penasaran. Tapi, entah kenapa ujung-ujungnya film ini masih aja kurang greget dan kurang berasa suasana perangnya. Suasana perang itu justru terkesan cuma ada pada diri Max sendiri, saat dirinya dihadapin pada dilema terkait siapa istrinya yang sebenarnya. Walau film ini bisa ngasih kesan old-school yang sesuai, film ini tetap aja masih belum mampu ngasih kesan yang amat mendalam.

Ada apa dengan Brad Pitt dan Marion Cotillard?

via Morning Ticker
(Sumber: Istimewa)

Sementara itu, dari segi pemainnya, ‘Allied’ sebetulnya punya dua pemain utama yang sangat ngejanjiin, yait Brad Pitt dan Marion Cotillard. Namun demikian, seakan bertolak belakang dari gosip-gosip yang beredar, keduanya justru cuma kayak dua orang yang emang sepenuhnya lagi pura-pura jadi pasangan. Kurangnya chemistry di antara mereka itu pun bikin film ini belum mampu nyajiin drama romantis yang sesungguhnya.

Bukan cuma itu, hal lainnya yang cukup disayangin dari ‘Allied’ adalah Brad Pitt kayak engga sepenuhnya ngerahin kemampuannya sebagai aktor. Entah emang karena adegan dan dialognya yang ngeharusin doi buat nahan diri atau gimana, yang jelas doi lebih banyak berpose dengan seragamnya ketimbang langsung beraksi. Doi juga kayak rada kesulitan buat nyesuain diri.

Sebaliknya, engga kayak Brad Pitt, akting Marion Cotillard justru jauh lebih memukau. Doi mampu ngasih penampilan yang lebih hidup dan megang kendali. Dengan kata lain, walau chemistry-nya dengan Brad Pitt terbilang agak ngecewain, seengganya penampilan pribadinya bisa lebih baik.

So, bisa disimpulin bahwa ‘Allied’ sebetulnya berpotensi besar jadi sebuah film yang wah dengan latar perang dan para pemainnya. Akan tetapi, semua unsur tersebut masih belum dihadirin secara maksimal di film ini. Terlepas dari itu, buat kamu yang penasaran kayak gimana hasil akhir ‘Allied’ dan segimana old-school-nya kesan perang dan romansa yang dihadirin sutradara Robert Zemeckis, filmnya udah bisa kamu saksiin mulai hari ini, Rabu (23/11). Selamat nonton, Kawan Muda!

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer