Jum'at, 21 Februari 2020

Genmuda – Dewasa ini, film-film superhero kerap mengisi bioskop-bioskop di dunia. Namun, kemampuan super seperti di film itu bukan cuma fantasi semata loh Kawan Muda. Soalnya, ada sejumlah orang yang emang punya kemampuan super seperti cerita di film fiksi tersebut.

Kekuatan mereka sih beragam, ada ‘tulang besi otot kawat’ kayak Samson, ada juga yang bisa menghantarkan listrik dari tubuh mereka. Penasaran kan siapa aja mereka? Berikut ini adalah rangkuman kisahnya:

1. Wim Hof si manusia es

Wim Hof lagi meditasi di lingkar Kutub Utara Finlandia. (Sumber: chapterfifty.com)

Pria kelahiran 1959 ini engga sembarangan disebut ‘The Iceman.’ Doi pemegang rekor 20 kali berendam di air es. Rekor terlamanya adalah berendem di air es selama 1 jam 52 menit. Bahkan, doi pernah manjat puncak Kilimanjaro selama dua hari pakai celana pendek doang. Terus lanjut marathon di lingkar kutub Finlandia selama 5,5 jam juga dengan celana pendek.

Doi bilang kalo doi bisa mengontrol suhu tubuhnya. Caranya dengan ngelatih pernapasan doi.  Kalo dalam dunia perbiksuan Tibet, latihan pernapasan ini disebut Tummo (inner fire). Salah satu kegunaan pernapasan itu adalah mengubah energi menjadi panas tubuh.

2. Chris Hickman si penyelamat super

Ini mobil terguling yang diangkat Chris Hickman. (Sumber: nj.com)

Sekitar 2008, seorang pemadam kebakaran sekaligus paramedis Florida, Amerika Serikat pernah nunjukin kalo manusia bisa punya kekuatan mengangkat mobil. Ketika itu, Chris Hickman perlu menyelamatkan korban kecelakaan, –yang tangannya tertimpa mobil SUV merk Chevrolet Blazer. Mobil gede itu pun diangkat Hickman 30 cm dari tanah.

Sementara doi menahan mobil, rekan-rekan pemadam kebakarannya menolong korban yang tertimpa. Meski nekat mengabil keputusan tersebut, media tetap menyebutnya sebagai pahlawan. Hickman meresponnya dengan rendah hati. Doi bilang bawah dirinya ada di posisi dan waktu yang tepat sehingga bisa melakukan itu.

3. Alain Robert Spiderman dari Prancis

Alain Robert manjat The Torch Doha, Katar (Sumber: Zenith Watches)

Alain Robert merupakan urban climber alias semacam atlet panjat gedung berkebangsaan Prancis. Doi biasa melakukan atraksinya tanpa alat panjat, kecuali sepatu panjat. Biasanya malah tanpa alat keselamatan juga. Karena latihan ekstra kerasnya, doi bisa gunain jendolan kusen jendela atau celah kecil di dinding gedung sebagai pijakan.

Gedung-gedung ikonik macam Burj Khalifa (Uni Emirat Arab), Sydney Opera House (Australia), dan Menara Montparnasse (Perancis) pernah dipanjatnya. Gedung terakhir yang dipanjatnya adalah Menara Esentai (Kazakhstan) setinggi 162 meter.

4. Leher beton John Evans

John Evans lagi beraksi. (Sumber: express.co.uk)

Dengan leher setebal 60 cm, John Evans punya kepala yang kuat. Bahkan, cukup kuat buat menyeimbangkan mobil seberat 159 kilogram di atas kepalanya. Sambil berdiri. Selama 33 detik. Tanpa bantuan tangan. Tentu saja doi udah mecahin hingga 25 rekor Guinness World Records.

Selain mobil, doi juga pernah menyeimbangkan motor, kapal, mesin cuci, orang, dan ratusan kilo krat minuman ditumpuk di atas kepalanya. Meski begitu, aksinya menahan mobil pakai kepala merupakan aksi paling berbahaya yang pernah dilakukannya.

5. Dean Karnazes si Marathon Man

(Sumber: thenorthface.com)

Dean Karnazes boleh dibilang punya stamina sebanyak staminanya Wolverine. Soalnya, doi pernah ikut 50 lari marathon di 50 negara bagian AS, dalam 50 hari berturut-turut pada 17 September-5 November 2006. Aksinya dapat sorotan media hingga akhirnya doi disebut ‘50/50/50 Man’

Pada tahun 2005 bahkan doi pernah lari sejauh 560 kilometer selama 80 jam 44 menit tanpa tidur. Gokil. Hobi larinya itu ternyata udah terlihat sejak doi masih TK. Waktu itu, doi sering berangkat dari rumah ke sekolah dengan berlari. Buatnya, lari itu menyenangkan asal bukan lari dari kenyataan.

6. Roy Sullivan si Manusia Petir

Roy Sullivan (Sumber: mentalfloss.com)

Tujuh kali tersambar petir sepanjang hidupnya dan tetap selamat, Roy Sullivan bisa jadi cowok paling badass di dunia. Doi pertama kali tersambar petir pada 1942 ketika badai petir di AS. Sambaran itu terjadi pada tahun 1942, 1969, 1970, 1972, 1973, 1976, dan 1977.

Setelah tersambar terakhir kali itu, pria yang bekerja sebagai Park Ranger di Virginia, AS ini malah sempat mengusir beruang yang coba mengganggunya. Namun sayang. Nasib penegak hukum ini berakhir tragis karena bunuh diri menembak kepalanya sendiri.

Nah, 6 orang itu emang bisa dibilang kemampuan lebih daripada orang pada umumnya. Dengan kata lain, engga ada yang engga mungkin di dunia iniKalo kamu rajin berusaha dan berdoa pasti bakal ada jalan keluarnya. Semangat! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.