Sabtu, 20 Juli 2019

Genmuda – Seandainya amandel punya perasaan, dia bakalan nangis. Mau gimana lagi. Amandel dikira sumber penyakit, padahal itu tanda kalo bagian mulut dan tenggorokan lagi banyak bakteri penginfeksi. Sakit amandel biasanya diderita anak di atas 2 tahun.

Para orangtua terbelah jadi dua kubu. Pertama, menganggap bahwa amandel cuma daging lembek kurang berguna yang mengganggu proses menelan makanan. Mereka merasa amandel tuh sumber penyakitnya.

Imbas amandel yang terlalu bengkak juga bisa sampai ke telinga. Pembengkakan bakal ngasih tekanan lebih ke sistem pendengaran yang letaknya dekat sama amandel, sehingga telinga berdengung terus.

via Istimewa
Benjolan yang ditandai anak panah itu namanya amandel. (Sumber: Istimewa)

Kubu pertama biasanya menyelesaikan masalah amandel dengan operasi pengangkatan amandel atau tonsillectomi. Namun pendapat itu ditentang sama kubu satunya.

Kubu kedua adalah kubu yang menganggap bahwa semua bagian tubuh manusia diciptakan Tuhan karena ada gunanya dan berargumen bahwa amandel punya fungsi untuk kesehatan.

Selama masih bisa dikempesin, pembengkakan amandel diselesaikan dengan minum antibiotik plus penghilang nyeri. Seiring berjalannya waktu, pendapat kubu kedua akhirnya terkuatkan secara ilmiah. Jadi, ini loh fungsi amandel menurut riset.

Kelenjar pertahanan pertama buat paru-paru

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

Tiap kali menelan, tulang rawan di area tenggorokan, namanya epiglotis otomatis menutup paru-paru supaya enggak kemasukan benda selain udara. Makanya, kamu gak pernah bisa bernapas dan menelan secara bersamaan.

Nah, fungsi amandel tuh membantu epiglotis. Ibarat main sepakbola, amandel itu adalah para pemain bertahan sementara epiglotis adalah penjaga gawangnya.

Pertahanan dari bakteri jahat

via hellosehat.com
(Sumber: hellosehat.com)

Zat apapun pasti masuk ke dalam tubuh setelah melewati amandel. Sepanjang berkotak dengan makanan, minuman, dan udara, amandel menyaring semua dari virus dan bakteri.

Kumpulan virus dan bakteri itu kemudian dikumpulin ke dalam satu lendir untuk dikeluarin. Saat kamu mendadak ingin buang riak atau meludah, ingat aja bahwa itu berarti amandel kamu lagi kerja.

Dengan kata lain amandel mengorbankan diri sebagai bagian yang paling rentan infeksi. Masih untung loh infeksinya area luar. Kalo infeksi lambung atau usus malah lebih repot lagi, kan?

Menghasilkan sel darah putih dan antibodi

via fi.edu
(Sumber: fi.edu)

Secara pasif, amandel berisi darah putih yang melawan infeksi. Secara aktif, amandel menghasilkan antibodi alias zat yang fungsinya mencegah banyak penyakit, termasuk polio dan flu.

Dengan kata lain, mengangkat amandel dari tubuh sama dengan mengangkat salah satu sistem pertahanan yang banyak fungsinya. Untung dia engga punya perasaan sehingga engga mungkin nangis. Gimana menurut kamu? Kamu #TeamAngkatAmandel atau #TeamPeliharaAmandel? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.