Minggu, 22 Oktober 2017
HiburanMusik

Akhirnya, Taylor Swift ‘Come Back’ ke Layanan Streaming Musik Spotify

via: Google(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Semenjak matinya format musik MP3, kamu pasti udah jarang ya dengerin lagu dengan cara mengunduh format tersebut. Apalagi sekarang ini semuanya dipermudah sama layanan musik streaming yang berbayar maupun gratis, kayak Spotify.

Kalo gak dengerin musik dengan cara streaming, kamu mungkin sering juga dengerin lagu via Youtube, atau bahkan beli via iTunes. Tapi sadar gak sih kamu kalo selama ini ternyata lagu-lagunya Taylor Swift itu gak tersedia di layanan streaming musik Spotify dan cuma dijual di iTunes? Yap, emang gak ada.

Hal ini udah terjadi dari November 2014 silam, tapi baru aja beberapa hari yang lalu, Swift akhirnya memutuskan buat ‘comeback’ ke Spotify.

Jadi, apa alasan lengkapnya doi ninggalin Spotify?

via: Ghipy

Diwawancara tentang keputusannya buat gak taro musiknya di Spotify 3 tahun yang lalu, Swift mengaku kalo penjualan musik dengan layanan streaming itu sama aja kayak gak menghargai karya musiknya sendiri. Doi bilang, para seniman harusnya bisa menghargai karyanya sendiri, dan orang-orang mesti mengeluarkan uang untuk karyanya tersebut.

Kamu tau sendiri kan kalo dengerin musik di Spotify itu bisa dengan cara gratis meskipun banyak iklannya, dan kalo pun kamu pake yang Premium, harganya tetep terjangkau. Nah, Swift saat itu kekeuh gak mau musiknya didenger secara gratis, dan dihargai dengan cara ‘membeli’ musiknya.

“Musik adalah karya seni, dan karya seni itu penting dan langka. Penting, sesuatu yang langka itu berharga. Hal yang berharga harus ada harganya. Itu adalah pendapat ku mengenai musik yang gak seharusnya gak gratis, dan prediksi ku, bahwa setiap seniman dan labelnya akan memutuskan apa sebenernya nilai dari suatu album. Aku harap mereka gak memandang rendah mereka sendiri atau merendahkan karya seninya.” kata Swift, yang dilansir dari hollywoodlife.com.

Setelah bertahun-tahun ninggalin Spotify, kenapa akhirnya sekarang balik lagi?

(Sumber: cosmopolitan.com)

Setelah 3 tahun para Swifties (fans Taylor Swift) gak bisa dengerin semua karyanya, akhirnya awal pekan kemarin doi memutuskan buat balik lagi ke Spotify, dan semua lagunya bisa didengar secara gratis. Gak ada jawaban pasti kenapa akhirnya penyanyi berumur 27 tahun ini akhirnya mau memperdengarkan karya musiknya dengan gratis, tapi nyatanya gak gratis juga buat para artis ketika lagunya di ‘play’ di Spotify.

Tau gak sih, kalo setiap lagu yang kamu putar secara gratis di Spotify itu berharga sekitar 1 sen dolar Amerika atau sekitar 0,006 sampai 0,0084 dolar, yang kalo dikalkulasikan ke pupiah itu seharga 90 perak aja. Namun seperti yang kita tau, Taylor Swift adalah penyanyi yang udah terkenal banget dan gak mungkin kalo single dan albumnya gak meledak di pasaran.

Nyatanya, sejak kembali ke Spotify, lagu andalannya yaitu “Shake it Off” udah ada di puncak track di Spotify, belum lagi lagu-lagu lainnya yang ada di album “1989.” FYI nih, kalo lagu yang hits dan sering diputer di Spotify itu ternyata bisa meraup penjualan sampai 425.000 dolar Amerika, yang kalo dikurs ke rupiah sekitar 6,3 miliar. Wadaw!

Sebelumnya, Spotify pernah berharap kalo mereka bisa bekerja sama lagi sama Swift dan mengutarakan keinginannya, yang dikutip dari Time,

“Kami harap dia bisa berubah pikiran dan ikut kami untuk membangun ekonomi musik yang baru dan bermanfaat buat semua orang.”

Well, it’s nice to hear you again, Swift! Semoga kalo ada album baru, doi gak narik album barunya dari Spotify ya. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.