Senin, 22 April 2019

Genmuda – Bintang jatuh kuat hubungannya sama dunia astronomi. Bukan cuma untuk mengetahui ramalan bintang atau nasib kamu doang, fenomena alam tersebut sebenernya bisa jadi hiburan dan pemandangan indah yang jarang banget kamu dapetin. Pastinya Instagrammable banget deh.

Setelah tahun 2016 kemarin beberapa titik di Indonesia mengalami fenomena langit seperti gerhana matahari, di tahun ini Kawan Muda juga bakal mengalami hal serupa. Bukan cuma satu, tapi 9 fenomena langit yang diperkirakan muncul sepanjang tahun 2017. Nih, Genmuda.com rangkumin buat kamu.

1. Planet Venus mencapai puncak kecemerlangannya

via spece.com
(Sumber: space.com)

Mau tau waktu terbaik saat menagamati planet Venus? Yaitu tanggal 17 Februari 2017. Soalnya kamu bisa ngeliat Venus secara lebih terang, bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang. Planet kedua dari Matahari ini akan bersinar terang di magnitudo -5,5 dari Indonesia, kamu bisa ngeliat saat pukul 18.27 WIB.

2. Oposisi Jupiter

FYI, oposisi Jupiter merupakan peristiwa ketika Matahari, Bumi, dan Jupiter berada satu garis lurus di bidang tata surya. Tanggal 8 April 2017 menjadi jarak terdekat antara bumi dengan Jupiter. Saat pukul 18.22 hingga pukul 05.26 WIB kamu bisa mengamati planet ini dengan mata telanjang, bagaikan bintang kuning yang terang.

3. Hujan meteor Lyrid

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Kawan Muda mau punya momen indah bareng si doi? Jangan lupa ajak doi meratapi langit tanggal 23 April 2017. Saat itu kamu bakal melihat meteor Lyrid yang punya intensitas 10 meteor per jam. Engga perlu alat teleskop segala kok buat liat fenomena satu langit yang satu ini.

4. Oposisi Saturnus

Hampir sama kayak planet Jupiter, posisi planet bercincin ini akan berada lebih dekat dengan Bumi pada 15 Juni 2017. Saat itu Saturnus akan diterangi oleh matahari. Sayangnya untuk melihat cincinya kamu engga bisa pakai mata telanjang, alias buat teleskop.

5. Meteor eta aquarid menghujani bumi

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Komet Halley menghasilkan debu-debu nih gaes! Bedanya debunya engga bikin kamu sakit kok, tapi malah menyebabkan hujan meteor. Yap, tanggal 6-7 Mei 2017 kamu bisa ngeliat Eta Aquarids berjatuhan di langit Indonesia yang bisa memproduksi hingga 60 meteor. Kalo kamu kepo, titik radiannya bakal membentuk rasi bintang Aquarius loh.

6. Hujan meteor besar

Hujan meteor besar akan melintasi langit Indonesia, apalagi intensitasnya bisa mencapai 10 meteor per jam. Tanggal 7 Oktober 2017 jadi waktu yang tepat buat ngeliat meteor besar berjatuhan. Nama meteor ini adalah Draconid dan bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia. Yuhuuu!

7. Gerhana bulan parsial

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Gerhana parsial akan terjadi ketika sebagian Bulan melewati bayangan umbra Bumi, jadinya akan tampak seperti tergigit. Indonesia pun kebagian untuk menikmati peristiwa ini pada tanggal 7 Agustus 2017 pukul 22.50 WIB dan puncaknya akan terjadi pada pukul 01.20 WIB pada tanggal 8 Agustus 2017.

8. Tiga bintang sejajar

Kamu pernah engga ngeliat tiga bintang sejajar? Nah itulah rasi bintang Orion, pada tanggal 21-22 Oktober 2017 hujan meteor akan terjadi pada rasi bintang ini. Sehingga akan menghasilkan 20 meteor setiap jamnya (banyak banget deh pokoknya).

9. Hujan meteor geminid

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Kamu si Gemini pengen liat rasi bintang kamu tampak lebih indah? Kayaknya tanggal tanggal 13-14 Desember 2017 bakal jadi hari paling penting buat kamu. Hal ini dikarenakan debu asteroid 3200 Phaethon yang ditemuin pada tahun 1982 mengeluarkan debu dan membuat Geminid jadi hujan meteor penutup yang sepektakuler karena memproduksi 120 meteor per jamnya.

So, catet aja tanggal yang tadi Genmuda.com sebutin, siapa tau di tanggal-tanggal tersebut kamu bisa jadiin ajang hangout kamu kamu ke planetarium atau sekedar naik ke atas genteng rumah kalo mau ngirit. *canda (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela