Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – Banyak orang menyambut bulan puasa dengan gembira. Ada yang berharap dapat THR, ada pula yang seneng karena bisa beribadah lebih banyak. Tapi, lain halnya dengan nasib anak kos. Puasa dan ngekos malah jadi kombinasi pembawa tragedi lucu dan menyebalkan.

Genmuda.com udah perhatiin dan pernah ngerasain sendiri tragedinya (curcol). Berhubung kita udah masuk bulan puasa, Kawan Muda yang ngekos baiknya siap-siap menghadapi (berapa) tragedi-tragedi anak di bulan puasa ini. (Jangan dianggap serius ya, namanya juga penting gak penting)

1. Begadang

tragedi anak kos di bulan puasa_9
(Sumber: Make A Meme)

Percaya ga percaya, kegiatan kampus waktu bulan puasa engga pernah berhenti, bahkan waktu libur panjang sekalipun. Entah karena ambisius atau engga ada kerjaan, rapat dan kegiatan organisasi kampusnya diadain sampe malam.

Malah ada juga yang bikin kegiatannya malam-malam biar panitianya engga punya alasan cabut. Akibatnya, banyak panitia kegiatan yang ngekos jadi begadang hingga sahur.

2. Kelewatan Sahur

tragedi anak kos di bulan puasa_8
(Sumber: Giphy)

Kalau begadang sampai saur sih engga masalah. Masalahnya tuh begadangnya engga sampai saur. Mungkin karena lelah sengaja tidur karena pede bisa bangun, banyak banget anak kos jadi korban tragedi kelewat sahur.

Udah nyiapin lauk, nasi, bikin teh, dan ditata baik-baik di kosan, tau-tau ketiduran dan bangun pas mata hari udah nongol. Terpaksa lah menerima nasib dan meringis-ringis ngeliat menu saur yang basi. Udah keluar duit, engga makan. Kan sebel.

3. Tidur di Kelas

tragedi anak kos di bulan puasa_7
Tidur di kelas bikin suasana sepi dan kondusif buat belajar. Dosen harusnya ngasih nilai lebih. eh. (Sumber: katib75..wordpress.com)

Karena badan lemes engga makan saur dan mata sepet abis begadang, jadilah para korban itu ketiduran di kelas. Kalau dosennya selow sih ya engga masalah. Di tegur juga sebenernya ga masalah. Gawat tuh kalau ternyata kelewatan materi penting yang bakal keluar di UAS.

4. Keki Waktu Istirahat

tragedi anak kos di bulan puasa_3
Temen-temen yang minum ini kadang emang enaknya ditoyor (Sumber: detektif-fisika-doni.blogspot.com)

Masa-masa anak kos engga lebih baik sewaktu istirahat di bulan puasa. Biasanya, korban tragedi ini jadi mati gaya karena engga bisa makan-minum ketika nongkrong. Obrolan pun serasa basi karena otak kurang konek. Tau ga yang lebih bikin sebel? Kalo ada temen yang engga puasa terus minum dengan botol dingin yang embunnya bertetesan. Rasanya pengen noyor.

5. Godaan Berat

tragedi anak kos di bulan puasa_4
(Sumber: Giphy)

Akibatnya, muncul tragedi lain. Tergodalah para korban buat batalin puasa. Minuman dingin serasa jadi pemecah masalah. Percaya deh. Umur yang makin nambah engga jadi jaminan terbebas dari godaan botol-botol minuman manis yang keringetan di dalam kulkas kantin. Nyatanya, ada aja anak kos yang kalah dari pertarungan batin ini. Kawan Muda jangan ya.

6. Buka Puasa Sekaligus Makan Malam

tragedi anak kos di bulan puasa
Selamat berbuka puasa, yheaa (Sumber: nonikhairani.com)

Kalau udah lewatin godaan tadi, detik-detik menjelang buka puasa serasa momen menjelang wisuda cumlaude (lebay). Senang, berdebar, dan excited. Demi mengirit uang pun, korban ngekos di bulan puasa ini pada melewati snack-snack berbuka dan langsung to the point makan malam.

Perut sakit karena kaget engga masalah. Yang penting, ada duit jajan lebih buat buka bareng temen nanti kalau waktunya tiba. Buat mereka, berbukalah dengan yang manis mengenyangkan.

7. Dilema Dompet

tragedi anak kos di bulan puasa_5
(Sumber: Giphy)

Karena khilaf atau emang kelaparan, kadang beli makanan berbukanya pun engga terkontrol. Jadilah duit tabungan buka bareng ludes terpakai beli nasi warteg, nasi goreng, atau sate ayam porsi dewa. Kalau udah gini, uang bayaran kosan serasa manggil. Jangan diikutin Kawan Muda. Kalau engga bayar kosan, mau tidur di mana?

8. Alone

tragedi anak kos di bulan puasa_6
(Sumber: Quick Meme)

Genmuda.com juga turut berduka cita buat anak kos yang (masih) punya pacar di bulan puasa. Biasanya, mereka-mereka ini bakal merasa sendiri karena si doi lagi engga mau dihubungi. Alesannya sih takut puasanya rusak atau malah batal. Yah, semoga aja engga cari yang baru.

Efeknya, para korban tragedi ini jadi berasa jomblo karena kurang kasih sayang. Kalau emang udah jomblo mah engga bakal kesepian. Kan udah biasa.

Itu lah 8 tragedi yang biasa menimpa anak kosan di bulan puasa. Hikmahnya, kamu perlu cukup istirahat dan atur jadwal kegiatan dengan baik supaya engga tertimpa tragedi nomer 1-7. Kalau tragedi nomer 8 mah terima dengan pasrah aja. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.