Senin, 22 April 2019

Genmuda – Punya kualitas tidur yang baik jadi faktor sepele tapi penting yang sering kita lupain. Padahal kualitas tidur yang baik setiap hari akan membantu konsentrasi pikiran dan tubuh kamu tetap fresh.

Masalahnya nih, gak semua orang bisa tidur cepat dan teratur setiap harinya, apalagi kalo kamu tergolong orang yang susah banget meremin mata di malam hari alias insomnia. Stres, banyak pikiran, keseringan main handphone sebelum tidur, jadi sejumlah penyebab kamu jadi sering insomnia.

Menurut pakar kesehatan perempuan, Dr. Jennifer Wider, gangguan tidur atau insomnia sering terjadi pada wanita muda, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswi. Bahkan di Amerika Serikat penderita insomnia akut harus merogoh banyak uang untuk biaya terapis dan pakar masalah tidur.

Terus apa aja sih cara biar bebas dari insomnia dan punya kualitas tidur yang baik? Berikut 8 tips sederhana dari sejumlah pakar kesehatan yang Genmuda.com lansir dari Her Campus. Cekidot!

1. Buat dan patuhi jadwal istirahat kamu

tidur
(Sumber; herbbasics.org)

Tips ini mungkin susah buat dilakuin oleh mahasiswa, tetapi sangat penting supaya kamu tidur nyeyak di malam hari. Alistair MacLean, seorang profesor psikologi di Queen’s University yang berspesialisasi dalam gangguan tidur, menekankan untuk pentingnya tidur sekitar waktu yang sama setiap malam.

Cara ini akan membentuk ritme teratur bagi tubuh dan membuat kamu lebih mudah tertidur setiap malam. MacLean juga menganjurkan kamu untuk tidur senggaknya tujuh setengah jam setiap malam.

2. Atasi masalah stres secara efektif

Selain curhat cara sederhana mengatasi stres adalah dengan olahraga dan relaksasi menurut ajuran Dr. Wider dan Dr. Charles Morin, ketua penelitian gangguan tidur di Laval University. Kamu bisa melakukan eksperimen mengatasi insomnia dengan melakukan peregangan, membaca atau mendengarkan musik. Selama cara itu ampuh silakan coba berulang kali sebelum tidur.

3. Jauhkan smartphone kamu

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Genmuda.com udah sering membahas kalo smartphone menjadi penyebab kamu jadi susah tidur di malam hari. Dr. Morin juga menjelaskna bahwa sinar biru dari layar smartphone dapat menghambat kemampuan kita untuk tertidur.

“Yang paling penting, tinggalkan semua peralatan elektronik di luar kamar tidur di malam hari.” pesan Dr. Morin.

Cara ini juga membuat pikiran dan tubuh Kawan Muda benar-benar rileks, dan membantu mata kamu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang gelap lebih cepat. Hasilnya saat bangun tidur tubuh kamu jadi terasa lebih segar.

4. Hindari konsumsi kafein berlebih

Kandungan kafein yang berlebih di usai muda juga mempengaruhi siklus istirahat kamu di malam hari. Dr. Wider lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi kafein di pagi hari atau paling lama pukul 4-5 sore. Kenapa? Karena penyerapan kafein oleh tubuh membutuhkan waktu beberapa jam dan berisiko mengganggu waktu istirahat kamu di malam hari.

5. Bikin suasana kamar senyaman mungkin

Kondisi kamar atau kosan juga berpengaruh pada kualitas tidur kamu di malam hari, loh. Tempat yang gelap dan tenang akan lebih cepat membuat seseorang cepat mengantuk. Mematikan lampu kamar, tidur di kasur dan bantal yang nyaman juga ikut mempengaruhi kualitas tidur kamu di malam hari.

6. Rutin olahraga

Olahraga adalah komponen penting dalam menjaga kesehatan fisik, tetapi berolahraga mepet dengan waktu tidur malah bisa menyebabkan kamu susah tidur di malam hari. Dr. Wider mengatakan bahwa adrenalin yang diproduksi di dalam tubuh akibat berolahraga dapat membuat tubuh kita tetap terjaga.

Terus gimana biar cepat tidur? Dr. Wider menganjurkan untuk minum banyak air putih dan mandi setelah olahraga. Cara ini akan membuat suhu di tubuh kamu cepat menurun sehingga cepat mengantuk dan tidur pulas.

7. Jangan kebanyakan tidur siang

via kfanficteen.wordpress.com
(Sumber: kfanficteen.wordpress.com)

Tidur siang itu idealnya gak lebih dari 30 menit. Kenapa? Karena akan bikin ritme istirahat malam kamu terganggu. Lagi pula kebanyakan tidur juga bikin tubuh kamu gampang lemas, loh.

8. Jangan maksain tubuh kamu

Menurut Dr. Morin, salah satu penyebab anak muda susah tidur adalah terlalu memaksakan tubuhnya untuk tetap terjaga di malam hari. Menonton tv berjam-jam atau berbaring di tempat tidur menatap langit-langit selama berjam-jam gak akan membantu kamu cepat tidur, kok. Jadi coba deh lakuin kegiatan yang bikin rileks supaya kamu juga cepat tidur di malam hari, walau kondisinya otak kamu gak mau tidur cepat. (sds)

Comments

comments