Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Rumus lagu kekinian yang muncul sejak fenomena EDM ada tiga. Pertama, buat musik dengan iringan irama EDM, masukin nyanyian hip-hop lambat, dan tambahin suara vokalis sok asik. Setuju?

Untunglah masih ada musisi kreatif yang ciptain lagu dengan vokal beneran asik dan musik yang emang keren. Di bawah ini, ada 7 contoh lagu eargasm yang Genmuda.com sengaja rekomendasiin buat Kawan Muda. Langsung dengerin aja di bawah ini:

1. “Heatstroke” – Calvin Harris

Kombinasi rap, elektronik, dan R&B ala Calvin Harris bikin lagu ini terdengar nge-beat dan groovy. Nyanyian trio Young Thug, Pharrell Williams, dan Ariana Grande yang diajak kolaborasi kedengeran harmonis. Rasanya kayak masuk ke mesin waktu ketika dengerin lagu ini, karena komposisinya terdengar seperti lagu-lagu hits di periode 1990-2000an.

2. “Moments” – Bliss n Eso ft Gavin James

Singlenya Bliss n Eso, dedengkot hip-hop Australia ini bisa dibilang lebih klasik lagi dari komposisinya Calvin Harris. Musik mereka dimulai dengan alunan gitar akustik mengiriingi nyanyian bernada gospel ala Gavin James. DJ Izm lalu mengubahnya jadi elektronik sementara MC Bliss dan MC Eso bergantian ngerap lirik filosofis soal nostalgia.

3. “So Good” – Amery

Penyanyi-penulis lagu asal Belgia ini nampilin kombinasi musik elektronik yang nge-soul dengan vokal asik bernada tinggi sepanjang verse hingga reff, lalu ditimpa backing vokal ngebass saat pertengahan lagu. Lagu yang betah banget bersarang di telinga ini bisa bikin kepala manggut-manggut ngikutin ketukannya.

4. “Love Me Like That” – State of Sound

State of Sound nge-mix n match warna suara pop dengan lagu iringan elektronik. Meski begitu, single duet yang terbilang baru ini sama sekali engga kedengeran seperti lagu-lagunya Adam Young di Owl City. Single electro-pop ini mungkin bakal cocok jadi soundtrack kamu hingga seminggu ke depan.

5. “Anganku Anganmu” – Raisa x Isyana

Apa jadinya kalo Raisa dan Isyana saling berkolaborasi? Dengerin aja di single “Anganku Anganmu” yang mengorbit Kamis sore (30/3) di Jakarta. Mereka berdua sama-sama masukin ciri bermusik masing-masing hingga akhirnya tercipta karya baru yang engga Raisa atau Isyana banget. Permainan keyboard ala Isyana dan suara khas Raisa pastinya kentel banget.

6. “Apa Adanya” – HiVi!

Single HiVi! ini pastinya jadi soundtrack anak muda yang lagi jatuh cinta. Lagu akustik yang diiringi beat lembut perkusi ini bener-bener easy listening dan susah dikeluarin dari otak. Lagunya cocok banget buat cowok-cowok pemain gitar yang pengen curcol atau kode-kode berat ke gebetan.

7. “Cinta Matiku” – Cokelat

Cokelat kembali melestarikan “adat band Indonesia” bikin lagu galau. Ya, lirik “Cinta Matiku” yang diiringi lantunan piano hingga setengah lagu begitu galaunya sampai engga kedengeran seperti Cokelat yang harusnya nge-rock. Kedengeran “Cokelat banget” baru pas sepertiga akhir lagu, setelah ada solo gitar beberapa detik. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.