Rabu, 13 November 2019

Genmuda – Kemunculan teaser “Star Wars: The Last Jedi,” Jumat (14/4) menghebohkan. Baru dua hari tayang di channel YouTube Star Wars, videonya udah ditonton 20,8 juta kali dan bikin banyak netizen berteori-teori soal jalan ceritanya.

Sejak LucasFilm, studio produsen Star Wars dibeli Disney seharga 4,05 miliar dolar AS pada 2012, film-film Star Wars “Modern” kembali nge-hype setelah cabut dari layar lebar sejak Episode III: “Revenge of the Sith” (2005). Selain karena naskah keren, teaser-teaser yang dirilis tim Disney-LucasFilm juga jadi alasan utamanya.

Kalo ngeliat dari semua cuplikan promosi semua teaser Star Wars “Modern” (tidak termasuk “Rogue One”) yang dirilis, para produser punya semacam formula atau katakanlah rumus buat hasilkan teaser yang mengundang perdebatan. Kamu yang anak-anak film mungkin bisa menirunya. Nih Genmuda.com jabarin di bawah ini.

1. Dimulai dengan karakter utama yang kaget

via giphy.com

Teaser “The Last Jedi” dimulai dengan adegan Rey kaget dan terengah-engah. Tiga tahun lalu, waktu teaser “The Force Awakens” (2015) pertama rilis, Finn juga terengah-engah. Bedanya, Rey lagi ada di pegunungan tempat persembunyian Luke Skywalker sementara Finn baru aja kabur dari pasukan Storm Trooper.

2. Gambar pemandangan tempat penting

via giphy.com

Di teaser kedua “The Force Awakens,” gambar pemandangan pertama yang muncul setelah logo LucasFilm adalah padang pasir yang merupakan awal petualangan Rey. Di teaser pertama “The Last Jedi,” gambar pemandangan pertama yang muncul setelah logo LucasFilm adalah pulau tempat Luke Skywalker melatih Rey. Dua tempat yang sama-sama penting untuk karakter utama franchise Star Wars “Modern.”

3. Topeng Dart Vader rusak

Kejadian di Episode VII dan VIII secara samar-samar ada hubungannya sama ideologi Dart Vader yang begitu kuat. Oleh karenanya, topeng tokoh penjahat paling populer di dunia Star Wars itu pun dimunculin di teaser kedua episode “Modern” mereka.

4. Pamer Light Saber

Kedua teaser juga punya cuplikan “pamer light saber.” Bedanya, light saber di teaser “The Force Awakens” muncul dalam kamera zoom in sementara di teaser “The Last Jedi” muncul dalam kamera zoom out banget.

5. Kalimat “This Christmas”

Yah, engga usah banyak dijelasin lagi kan. Tiap ada Star Wars episode baru, munculnya selalu “Natal Tahun Ini.” Percaya atau engga, gambar GIF di atas diambil dari dua teaser loh.

6. Pesawat yang ada awan-awannya

via giphy.com

Di teaser Episode VII ada pesawat rebel yang ngebut di atas air sehingga menghasilkan cipratan seperti awan. Di teaser Episode VIII ada entah pesawat apa yang ngebut di darat dan menghasilkan asap knalpot membentuk awan merah.

7. Pesawat meledak di hanggar

via giphy.com

Mungkin pasukannya Kylo Ren bales dendam ke pasukan Rebel kali ya karena di Episode VII pesawat mereka diledakin di dalam hanggar sendiri.

8. Millennium Falcon dikejar-kejar

via giphy.com

Mana mungkin kapal paling ikonik di Star Wars Universe engga nongol di teaser sambil melakukan adegan khasnya, yaitu dikejar-kejar pesawat lain.

Sekarang, kamu udah tau kan caranya Disney-LucasFilm bikin teaser yang menegangkan? Kamu yang anak film mungkin bisa mencontoh rumusan di atas untuk bikin teaser Star Wars ala kamu sendiri. Kalo kamu nemu persamaan lagi, jangan ragu loh tulis pendapat kamu di bawah ini. May the force be with you.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.