Senin, 25 Maret 2019
StudentSekolah

8 Pekerjaan Part Time yang Bisa Dilakuin Anak SMA

via pikiran-rakyat.comAnak-anak SMA ikut Sosisalisasi dan Simulasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2018 di Hotel Papandayan, Jalan Gaoto Subroto, Kota Bandung, 29/8/2017. (Sumber: Pikiran-Rakyat.com)

Genmuda – Saat sebagain netizen memperdebatkan harga dollar AS yang terus meroket atas nilai mata uang rupiah, anak muda kayak kita wajib banget mikir seribu cara buat memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu ngerepotin orang tua.

Tanpa perlu drama atau mentok di urusan ijazah S1, anak SMA sebenarnya bisa mendapatkan pengahasilan tambahan lewat pekerjaan part time. Tenang, berikut Genmuda.com rangkum 8 pekerjaan part time yang bisa dicoba sama anak SMA. Cekidot, gengs!

1. Barista kedai kopi

©Genmuda.com/2017 Everlyn
©Genmuda.com/2017 Everlyn

Sejak tahun 2000an kehadiran kedai kopi berubah jadi tempat nongkrong buat anak muda, entah emang mau beneran ngopi atau cuma numpang wifi gratis. Selain dibayar, saat kerja di kedai kopi kamu juga bisa belajar meracik kopi enak dari para barista yang lebih berpengalaman. Siapa tau bakat kamu emang di situ, dan suatu hari nanti bisa punya kedai kopi sendiri. Aminn!

2. Driver online

via: Youtube.com/Gojek
(Sumber: Istimewa)

Gak sedikit juga profesi driver online menjadi contoh sampingan buat pelajar. Selama kamu punya SIM dan punya skill naik sepeda, percaya aja kamu bisa menghasilkan uang tambahan. Enaknya lagi, kamu sendiri yang mau kerja jam berapa.

3. Dropshipper

via lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Secara sederhana profesi ini adalah agen dari reseller atau supplier tanpa harus punya produknya. Untungnya dari mana? Ya selisih dari harga barang yang kamu jual dong. Selain gampang dan waktunya fleksibel, profesi ini punya peluang untung lebih besar selama kamu jago bikin strategi jualan.

4. Desain grafis

via: Deviant Art
(Ilustrasi: Archie The RedCat)

Profesi ini juga asik buat anak SMA/SMK coba. Kamu bisa kerja dari rumah selama ada deskripsi dari klien. Sekedar tips dari Archie The Red Cat, buat awal-awal coba bikin harga yang masih terjangkau, jangan terlalu mahal. Itung-itung bisa nambah portfolio kamu nanti. Kalo karya dan kliennya udah banyak, baru deh mulai naikin harga sedikit demi sedikit.

5. Pedagang kerajinan tangan

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Dari banyak anak muda berprestasi versi Genmuda.com ada pula para artprenuer yang mengubah keranjian tangan jadi duit. Profesi inilah pun gak mandang usia atau status pendidikan loh, selama kamu punya niat dan kreativitas coba aja jual hasil kerajinan kamu lewat medsos atau media e-commerce.

6. Desainer website

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Di SMA/SMK udah banyak banget materi soal pembuatan website sekaligus mengembanginya. Selain pas sama kemajuan teknologi zaman sekarang, profesi ini juga membebaskan kamu dalam mengatur jadwal. Siapa tau usaha ini bisa berlanjut saat jadi mahasiswa hingga lulus kuliah.

7. Youtuber, Selebgram, dan teman-temannya

©Genmuda.com/2017 TIM
Waktu sekolah, Ria pernah cinlok sama salah satu sahabatnya. Pacarannya engga lama, tapi persahabatan mereka langgeng. ©Genmuda.com/2017 TIM

Kamu yang pede, kreatif, dan hobi banget ngomong juga cocok mencoba profesi ini. Walau cuma sampingan, pastiin juga kontennya menarik dan gak ngebosenin seperti halnya tips dari Ria SW. Siapa tau konten kamu bisa jadi viral dan mendatangkan banyak uang.

8. Penulis di Genmuda.com

©Genmuda.com/2016 Aditya
©Genmuda.com/2016 Aditya

Kalo kamu suka nulis dengan ide-ide kreatif dan deket sama anak muda, kamu juga bisa banget kok nulis di Genmuda.com. Selain bisa nonton konser gratis (baca: liputan), kamu kan yang ditayangin kan juga dibayar. Lumayan loh buat nambahin uang jajan bulanan. Tertarik coba? Cek aja di sini!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.