Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Di bulan April ini, kita engga cuma bisa ngerayain hari Kartini dan hari Bumi aja loh, gengs. Tau engga Kawan Muda kalo tanggal 23 April adalah Hari Buku Sedunia? Yap, hari buku sedunia ini diperingati karena tepat di hari ini, adalah hari kematian dari Wiliam Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega. Jadi sejak tanggal 23 April 1995, UNESCO menetapkan hari ini sebagai Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia.

Apakah kamu adalah bookworm? Sebutan ini adalah istilah buat mereka yang sangat suka baca buku, apapun genre dan jenis bukunya. Nah, buat kamu nih yang suka baca buku sambil nikmati suasana yang cozy di sebuah tempat makan, kamu mesti ke kafe-kafe dibawah ini. Catet!

1. Comic Café

kafe hits di Tebet yang emang seru banget buat dikunjungi nih guys

Nama kafe ini pasti udah familiar ya buat kamu, apa lagi buat yang suka baca komik, khususnya Marvel dan DC. Lokasinya yang strategis, yaitu persimpangan jalan Tebet Raya, Jakarta, bikin kafe ini banyak dikunjungi sama anak muda. Selain di Tebet, kafe ini juga buka cabang di Epicentrum Walk dan Citiscape Tebet.

2. The Reading Room

cozy dan juga lengkap di satu tempat ini

Kafe yang berlokasi di Jalan Kemang Timur Raya No. 57 ini buka dari jam 10 pagi sampe jam 12 malam di hari Minggu-Rabu, dan jam 02.00 di hari Kamis-Sabtu. Selain tempatnya enak banget buat baca, di sini juga ada teater kecil dengan kapasitas 20 orang untuk nobar.

Kafe ini emang sering didatengin sama penulis terkenal, macem Eka Kurniawan, Ratih Kumala, Ayu Utami, bahkan Joko Anwar. Engga heran, karena emang kafe ini sangat nyaman, meskipun selalu ramai di akhir pekan. Makanya, disarankan buat dateng di hari biasa biar ngerasain suasana tenang dan lebih nyaman.

3. The U Coffee – Bistro and Library

Artsy banget yaaa

Terletak di Jalan Tanjung Duren Barat I No. 12, kafe ini juga menyajikan konsep library and café yang apik. Konsep kafe ini adalah tema yang berbeda-beda di setiap lantainya. Tujuannya adalah bikin orang yang makan dan nikmati bacaan di sana akan penasaran tentang konsep ini dan pengen berlama-lama di sini. Bukan cuma itu, makanan di sini juga enak-enak loh gengs!

4. Bookshelf Café

Jangan lupa ajak si dia, biar makin seru

Paket hiburan lengkap ditawarin di kafe ini. Mulai dari tempat beli buku, perpustakaan, nonton film, dengerin musik. Di sini mereka juga menyediakan berbagai makanan dan minuman dengan harga yang pas di kantong. Di lantai 1, ada perpustakaan dengan berbagai macam koleksi buku, baik dalam, maupun buku luar negeri. Sementara di lantai 2, kamu bisa nonton film di mini teater kafe ini.

5. Zoe Café & Library

Mau baca buku apa aja, ada disini gengs

Zoe atau Zona of Edutainment, atau Education and Entertainment ini emang mengusung tema yang asyik. Kafe ini udah dibuka di 2 kota, yaitu Depok dan Bandung. Terletak di Jalan Margonda Raya no.27, kafe ini termasuk kafe favorit buat mereka yang suka baca buku. Engga cuma bisa makan dan baca buku dengan santai aja, kamu juga bisa loh meminjam buku di sana. Syaratnya, kamu tinggal jadi anggota, terus udah deh bisa pinjem buku. Ntap!

6. Bookopi

Termaram tapi syahdu kan suasananya

Kalo di sini, kamu bisa ngopi santai sambil baca buku sampai betah. Karena kafe kopi dan buku yang terletak di jajaran ruko lantai dasar Tower S Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, punya ambience yang sangat cozy. Didominasi warna-warna earth tone, kafe ini buka dari jam 06.30 sampai jam 02.00 pagi. Waktu baru masuk, kamu akan liat rak buku dengan buku-buku yang tersusun rapih banget. Yes, siap-siap engga ngantuk deh karena baca buku sambil ngopi.

7. Buku Kafe

Lumayan nih buat sambil nugas

Secara spesifik kafe ini menyediakan komik, novel, majalah, juga bacaan-bacaan sastra. Kafe ini terletak di Jalan Margonda Raya No.477, Depok. Di plang nama kafenya, kamu akan liat tulisan “Buku Kafe, Paris Van Depok.” Hmmm, kira-kira kenapa ya disebut Paris Van Depok?

8. Nanny’s Pavilion Library

Instagramable ya Kawan Muda

Nah, Nanny’s Pavilion ini beda sama cabang yang lainnya. Library café yang terletak di Sogo Central Park, Jakarta Barat ini engga cuma ngasih kamu atmosfer yang nyaman dan asik buat santai dengan tampilan shabby chic nya aja loh. Sesuai sama namanya, Nanny’s Pavilion ini menyediain tempat baca yang enak, dengan pilihan buku yang beragam. Eits, siap-siap betah ya!

Itu tadi beberapa library café atau kafe buku yang bisa kamu kunjungi di derah Jakarta dan sekitarnya. Jangan lupa buat terus membudayakan baca buku ya guys. Selamat hari buku sedunia, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.