Sabtu, 19 Januari 2019

Genmuda – Lebih dari setahun setelah ngerilis album studio perdana mereka, Fifth Harmony kini kembali dengan sebuah album baru bertajuk ‘7/27’ nih, Kawan Muda. Grup vokal cewek asal Amerika itu hadir dengan nuansa pop yang (agak) lebih diperbarui.

‘7/27’ merupakan album kedua 5H menyusul album ‘Reflection’ di awal 2015. Judul album ini mengacu pada tanggal 27 Juli 2012, tanggal bergabungnya Ally Brooke, Normani Kordei, Dinah Jane, Camila Cabello, dan Lauren Jauregui sebagai sebuah grup vokal di ajang pencarian bakat nyanyi X Factor.

Dirilis pada 27 Mei lewat Syco Music dan Epic Recors, ‘7/27’ turut nampilin vokal dari Ty Dolla Sign, Fetty Wap, dan Missy Elliott. Single utamanya yang berjudul ‘Work from Home’ pun udah dirilis pada 26 Februari yang lalu dan berada di urutan keempat Billboard Hot 100 sekaligus jadi single pertama 5H dengan urutan tertinggi di tanggal lagu Amerika.

Bersinar lewat cinta dan patah hati

(Sumber: national.suntimes.com)

Menariknya, ‘7/27’ terkesan lebih fokus ke tema percintaan dan patah hati ketimbang totalitas girl power kayak di ‘Reflection’. Coba aja kamu dengerin ‘Write on Me’ dan ‘Gonna Get Better’, yang sama-sama diawalin dengan permainan gitar akustik yang romantis.

Bukan cuma itu, para personil 5H juga tampil menonjol dengan talenta mereka masing-masing. Sebut aja Jauregui dan Cabello, yang sukses nyuri perhatian lewat karakter vokal mereka yang kuat. Keduanya memang punya potensi besar buat bersolo karir, tapi mereka berhasil nunjukin kekompakan mereka sebagai bagian dari grup vokal di lagu-lagu kayak ‘That’s My Girl’ dan ‘The Life’.

Main aman ngikutin tren

(Sumber: victordelatorre.es)

Sayangnya, engga bisa dipungkirin kalo di sisi lain ‘7/27’ masih belum bisa dianggap sebagai salah satu langkah besar 5H dalam perjalanan karir mereka sebagai penyanyi. Walau album ini punya hook yang catchy, energi yang besar, dan tentunya harmoni yang indah, itu semua masih belum cukup signifikan.

Jika kamu perhatiin baik-baik, hampir setengah dari lagu-lagu yang ada di ‘7/27’ kedengerannya cuma kayak hasil perpaduan dari berbagai referensi pop yang lagi ngetren saat ini. Dengan kata lain, banyak trek di album ini kedengerannya kayak gabungan penggalan-penggalan bagian dari sejumlah lagu pop ngehits yang sekarang berada di berbagai deretan tangga lagu.

Salah satu contoh yang paling kerasa adalah nuansa ala Skrillex dan Diplo di single kolaborasi mereka bareng Justin Bieber, di mana vokal yang penuh penjiwaan turut didukung oleh efek-efek EDM. Selain itu, ‘Work from Home’pun  jatuhnya malah jadi kayak versi lebih ringan dari single ‘Work’-nya Rihanna.

(Sumber: rollingstone.com)

Dengan demikian, di sepanjang ‘7/27’ 5H memang berusaha buat nunjukin perubahan dan pendewasaan mereka dalam menjadi diva pop selama setahun terakhir ini. Akan tetapi, apa yang mereka lakuin itu akhirnya malah jadi kayak sekedar supaya mereka tetap bisa ngimbangin tren aja.

Ya untungnya sih walau ‘7/27’ engga senyenengin yang bisa kamu harapin, unsur muda dan dewasanya masih seimbang. Kesan yang mendalam dan personal masih bisa kamu temuin di album ini. Album ini juga bisa dibilang lebih terstruktur daripada album sebelumnya. Mungkin itu karena 5H engga cuma sekedar copas atau ngambil inspirasi tren pop yang ada aja, tapi abis itu mereka ngedit lagi hasil copas-annya supaya lebih sesuai dengan gaya mereka.

Singkatnya, meski masih belum sampai wah yang gimana-gimana, berbagai trek yang ada ‘7/27’ tetap easy listening dan berpotensi buat jadi pesaing lagu-lagu hits yang sekarang ada di beragam tangga lagu. So, buruan dapetin albumnya dan selamat ngedengerin, Kawan Muda?

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer