Kamis, 18 Oktober 2018

Genmuda – Jelang tengah tahun kayak gini, banyak di antara kamu yang lulusan SMA pasti udah disibukin sama persiapan masuk kuliah. Apalagi kalau di SNMPTN kemarin kamu belum beruntung, sekarang kamu mungkin lagi ribet ngurusin buat SBMPTN atau tes mandiri.

Saat mau ngelanjutin pendidikan ke jenjang perkuliahan, hal paling pertama yang harus dipikirin tentu adalah jurusan dan universitas yang dituju. Biasanya, banyak orang tua masih suka ikut terlibat dalam pemilihan, bahkan sampai ada yang maksain kehendak supaya anaknya milih jurusan dan universitas tertentu yang menurut mereka paling top (padahal belum tentu anaknya mau dan sanggup).

Nah, buat kamu yang sekarang masih belum mutusin bakal lanjut ke mana, mungkin kamu bisa ngelirik jurusan Teknik Informatika (IF), Kawan Muda. Jurusan tersebut pada dasarnya bakal ngebimbing kamu buat bisa ngerencanain, ngerancang, ngembangin, dan ngeaplikasiin suatu program maupun sistem dalam rangka nyelesain persoalan di berbagai bidang.

Materi di jurusan IF pun engga melulu soal perangkat lunak, komputer, dan teman-temannya kok. Di jurusan tersebut, kamu juga bisa belajar mata kuliah pendukung kayak kewirausahaan. Lagi pula, di jaman yang serba online dan serba teknologi kayak sekarang ini, lulusan IF punya prospek yang terbilang ngejanjiin banget. Berikut ini adalah 7 universitas dengan jurusan IF S1 terbaik di indonesia:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

(Sumber: rinaldimunir.wordpress.com)

Di ITB, Teknik Informatika merupakan bagian dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI-ITB), yang diresmiin pada 1 Januari 2006. Secara khusus, kurikulum yang ada dirancang buat nyiapin kamu dalam memasuki bidang komputer dan bursa kerja yang kompetitif.

Dengan total 144 SKS, kamu bisa milih mata kuliah pilihat yang sesuai sama minat kamu di samping mata kuliah wajib. Sehingga kamu pun bisa nentuin buat lebih fokus ke Ilmu Komputer atau ke Rekayasa Perangkat Lunak.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

(Sumber: rsbp.if.its.ac.id)

Sebagai bagian dari Fakultas Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Informatika ITS punya kurikulum baru dan tawaran mata kuliah pilihan yang sesuai sama minat kamu. Di Semester 6, PSTI ITS nawarin 8 bidang keahlian dalam Rumpun Mata Kuliah (RMK), kayak misalnya Arsitektur dan Jaringan Komputer (AJK), Algoritma dan Pemrograman (AP), Interaksi, Grafika dan Seni (IGS), dan Manajemen Informasi (MI). Kamu bebas nentuin mata kuliah pilihan mana aja yang mau kamu ambil dari berbagai RMK tersebut.

3. Universitas Indonesia (UI)

(Sumber: rahmatm.samik-ibrahim.vlsm.org)

Teknik Informatika dan Ilmu Komputer pada dasarnya merupakan program yang sama. Di UI, Ilmu Komputer merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Komputer, yang juga terdiri dari jurusan Sistem Informasi. Selain nawarin dasar keilmuan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ilmu Komputer UI juga berusaha ngembangin berbagai keterampilan profesional seperti soft skills dalam proses perkuliahannya.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

(Sumber: kmteti.ft.ugm.ac.id)

Berbeda dari ketiga universitas sebelumnya, di UGM namanya justru jurusan Teknologi Informasi dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik. Kalau Teknik Informatika lebih banyak belajar tentang perangkat lunak, hal-hal diskrit, algoritma, dan permainan logika, Teknologi Informasi lebih condong ke teknologi dalam proses penyampaian informasi. Konsentrasinya pun kemudian dibagi lagi jadi dua, yaitu Komputer & Komunikasi dan Sistem Informasi.

5. Universitas Bina Nusantara (BINUS University)

(Sumber: competition.binus.ac.id)

Di School of Computer Science BINUS, ada 4 jurusan, yaitu Computer Science, Cyber Security, Game Application and Technology, serta Mobile Application and Technology. Buat jurusan Computer Science-nya yang udah ada dari tahun 1987, BINUS berfokus pada proses, teknik, dan alat-alat dalam pengembangan sistem berbasis komputer. Spesialisasinya terdiri dari rekayasa perangkat lunak berorientasi objek, multimedia, web, database, dan orientasi jaringan komputer.

6. Universitas Esa Unggul (UEU)

(Sumber: esaunggul.ac.id)

Terdapat di Fakultas Komputer, jurusan Teknik Informatika Esa Unggul punya beberapa bidang peminatan, yaitu Artificial Intelligent, Computer Networking, DataBase System, Game and Embedded System Program, dan Software Engineer. Lulusannya pun punya Sertifikasi Internasional dari Cisco Network Academic Program, Sun Microsystems International Java Programming & Unix, dan SAP Edugate loh, Kawan Muda.

7. Universitas Gunadarma

(Sumber: populer.web.id)

Jurusan Teknik Informatika Gundar berada di bawah Fakultas Teknologi Industri, bareng sama jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Industri. Jurusan Teknik Informatika Gundar udah terbukti punya reputasi internasional dan jejaring global.

Di sana, kamu bakal diajak buat belajar ningkatin daya saing dan ngikutin perkembangan jaman dengan maduin ilmu dan terapan Informatika, khususnya di bidang bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, dan Jaringan Komputer. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer