Senin, 11 Desember 2017
StudentKampus

7 Tips Keringin Baju di Musim Hujan buat Anak Kosan

via: Giphy(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Masuk akhir tahun kayak sekarang, cuaca emang susah diprediksi kayak hati cewek yang lagi PSM. Paginya bisa cerah, siangnya bisa hujan gede. Sorenya mulai reda, eh malemnya hujan lagi.

Silkus musim hujan emang kadang bisa bikin kamu mati gaya, apalagi kalo kamu punya status sebagai perantau alias anak kostan. Gak cuma perut yang mendadak laper di musim hujan, urusan cucian numpuk dan lama kering pun menjadi paket lengkap di balik drama ‘mati gaya’ kamu.

Bayangin, masa iya sih kamu tetep pede ke kampus atau kantor dengan baju atau kemeja yang itu-itu aja? Ditambah pakaian itu udah kecampur air hujan sama keringet kamu. Gak menutup kemungkinan dong, penyakit kulit kayak bisul, iritasi, panu, dan kawan-kawannya rentan menyerang kamu. Wadaw!

Terus gimana dong?

Sebenernya anak kosan bisa aja manfaatin jasa laundry buat ngeringin baju kamu dalam hitungan hari, tapi dari pengalaman Genmuda.com, jasa cuci-kering-seterika dalam satu hari itu lumayan mahal, gengs.

Nah, daripada kamu mati gaya dan gak rela bayar mahal cuma buat laundry, kali ini ada beberapa cara kreatif yang bisa kamu coba buang ngeringin pakaian pas musim hujan. Cekidot!

1. Tempel dekat kipas angin

via: Giphy

Meski keringnya gak secepat dan sesempurna dijemur di bawah sinar matahari, anak kostan bisa aja pake kipas angin supaya cucian kamu tetep bisa kering. Karena butuh waktu lumayan lama, taro aja cucian kamu di depan kipas semalaman. Tapi, cara ini cuma berlaku buat cucian skala kecil kayak ‘daleman’ kamu.

2. Pake setrika

via: Giphy

Ya, sebenernya dalam keadaan urgent setrika berguna banget buat ngeringin cucian yang belum kering atau lembab. Caranya cuma lebih ditekan-tekan aja. Sekiranya agak apek, tinggal semprotin pengharum deh. Tapi jangan keseringan pake cara ini ya, karena bisa bikin seterika kamu cepet rusak.

3. Taro di atas rice cooker

via: Giphy

Eits, caranya engga sama kayak masak nasi, ya. Kamu cuma tinggal manfaatin panas rice cooker untuk ngeringin cucian kamu dengan menaruhnya di atas rice cooker. Sama kayak kipas angin, caranya cuma berlaku buat cucian skala kecil. Tapi kalo kamu punya rice cooker katering di dalam kosan mungkin bisa aja, selama kamu niat.

4. Dikeringin sama hair dryer

via: Giphy

Cewek-cewek mungkin bisa lebih gampang buat ngakalin cucian belum kering dengan hair dryer. Masalahnya cuma satu kamu harus sabar dan rela boros listrik.

5. Pake uap ketel listrik

via: giphy

Cowok-cowk yang gak punya hair dryer juga jangan sedih, kamu masih bisa manfaatin uang ketel listrik. Caranya cuma masukin air dan pengarum baju ke dalam ketel. Colokin kabel listriknya, tunggu sampe airnya mendidih. Terus gantung dan gerak-gerakin baju kotor kamu supaya tetep wangi dan rapih. Kalo udah airnya dibuang ya, jangan buat seduh kopi. Yakali…

6. Bikin jemuran dalam kamar

via: Blogspot
(Sumber: Istimewa)

Kamu cuma perlu hanger, paku, tali rafia, dan sedikit bekal ilmu dari pelajaran simpul pramuka buat menerapkan cara ini. Etapi, sebelum dijemur dalam kamar usahain pakaian kamu udah di peras dengan maksimal. Kalo kosan kamu ada kamar mandi dalam, kamu bisa bikin jemuran darurat di dalamnya supaya lantai kamu enggak basah.

7. Pakai panas tubuh

via: Giphy

Ini cara paling kepepet banget..nget..nget. Kenapa? Pertama kamu harus biarin cucian ‘belum kering’ dipake dan kering dengan sendirinya karena panas tubuh kamu. Kedua, kamu juga harus rela nyium bau apek. Ketiga, biar pun bisa kering, awas aja kamu masuk angin. Kan repot!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra

Penulis dan tukang gambar.