Rabu, 17 Juli 2019

Genmuda – Di bulan puasa kayak gini, sering kali pengeluaran bukannya berkurang, eh malah bertambah. Hal itu pun umumnya terjadi gara-gara undangan buka bersama alias bukber yang bejibun bukan main.

Coba deh kamu hitungin total undangan buka puasa yang kira-kira harus kamu hadirin di sepanjang bulan ini. Buat kamu yang mahasiswa misalnya, biasanya pasti bakal ada undangan bukber SD, SMP, SMA, ekskul, UKM, geng BFF (yang mungkin bercabang lagi), keluarga besar, dan lain-lain.

Well, ya sebenarnya bisa aja sih kamu nolak buat engga ngehadirin semua undangan buka puasa yang kamu terima. Tapi apa daya, ujung-ujungnya kamu malah jadi ngerasa engga enak dan takut dikira pilih-pilih. Alhasil, Lebaran masih lama, eh kamu udah keburu bokek gara-gara keseringan bukber.

Nah, buat kamu yang suka dilanda dilema bukber, mending dari sekarang kamu buru-buru atur strategi biar engga jatuh miskin di akhir bulan puasa nanti. Mumpung baru masuk hari keempat puasa, yuk mending simak dulu 7 tips bukber seru yang engga bikin kantong bolong berikut ini:

1. Cari promo

Selama bulan Ramadhan, biasanya banyak restoran bakal ngasih beragam promo buat menu buka puasa. Selain udah berbentuk paket, harganya pun tentu udah disesuain sehingga jatuhnya bakal lebih murah daripada menu biasa. Iya sih isinya memang standar banget (misalnya nasi, ayam, dan minum). Meski begitu, seengganya perut kamu bakal kenyang dan kantong kamu tetap senang.

2. Patungan

Selain nawarin promo, sejumlah restoran umumnya juga nyediain menu porsi besar. Walau harganya mungkin engga semurah menu paket, seenganya menu tersebut bisa dimakan sama lebih dari satu orang. Dengan kata lain, kamu bisa ngajak teman-teman kamu buat patungan beli menu tersebut. Semua kebagian, semua puas deh!

3. Beli yang bisa sekalian buat sahur

Masih terkait sama poin kedua, berhubung tiap orang punya seleranya masing-masing, kamu tentu engga bisa maksain teman-teman kamu buat ikutan patungan beli menu porsi besar yang kamu pengen. Kalo udah kayak gitu, ya udah engga apa-apa kamu sendiri yang beli. Tapi, pastiin makanannya bisa dibungkus buat dimakan lagi pas sahur. Lumayan ‘kan, kamu bangun tidur cuma tinggal manasin doang.

4. Bawa bekel pribadi

Kalo makan di restoran-restoran tertentu, kamu mungkin bakal nemuin adanya larangan buat ngebawa makanan dari luar. Untungnya, berhubung bukber pasti bakal ramean, kamu masih punya kesempatan buat bawa bekel kamu sendiri. Teman-teman kamu yang lain ‘kan bakal mesen makanan di restoran tempat kalian bukber, jadi kamu bakal dapat sedikit kelonggaran buat engga mesen di situ. Ya kecuali teman-teman kamu ternyata berpikiran sama, itu mah mending kalian cari tempat lain aja.

5. Masak sendiri

Udah ada promo dan bisa patungan, tapi masih kemahalan juga? Engga usah sedih, kamu dan teman-teman kamu janjian aja bukber di rumah salah satu dari kalian. Udah mah bisa ngirit uang makannya dengan masak sendiri, kamu juga bisa sekalian ngirit uang parkir maupun uang buat ongkos. Hemat bertubi-tubi ‘kan tuh kamu jadinya?

6. Bukber gabungan

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Dari sekian banyak undangan bukber yang kamu terima, beberapa di antaranya sebenarnya bisa digabungin jadi satu. Contohnya adalah bukber BFF dan bukber teman sekolah. Kalo BFF kamu berasal dari sekolah yang sama kayak kamu (misalnya SMA-nya bareng), ya udah mending kalian bukbernya sekali aja pas bukber sekolah.

7. Dateng belakangan

Wah, ini dia nih cara paling jitu buat tetap hemat walau harus ngehadirin segudang undangan bukber. Kamu datang aja pas teman-teman kamu udah tinggal ngobrol-ngobrol doang atau bahkan pas mereka udah pada mau bubar. Kalo ditanya mau pesan apa, bilang aja kamu udah buka duluan di jalan. Intinya sih kamu cuma kayak setor muka doang supaya dibilang tetap ikutan bukber. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer