Minggu, 19 Agustus 2018

Genmuda – Kulit wajah Kawan Muda berminyak kayak penggorengan? Pasti kamu sebel deh sama musim kemarau karena cahaya matahari bikin kulit wajah makin gak jelas rasanya. Udah berminyak, lepek pula karena keringat.

Belum lagi kalo ketempelan debu. Jadi jerawatan, deh. Males! Meski baik buat jaga keseimbangan kelembapan wajah, minyak alami pada kulit wajah bisa kamu kurangi dengan cara ini, girl!

1. Pakai kertas penyerap minyak

Apapun merknya, kertas penyerap minyak adalah solusi paling cepat buat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Bila satu lembar kurang, gak ada salahnya kok pakai lembaran kertas kedua.

2. Jangan kebanyakan cuci muka

via: Pinterest
(Sumber: Pinterest)

Meski bawaannya pengen cuci muka terus biar halus tanpa minyak, jangan pernah kebanyakan cuci muka. Kenapa? Karena muka kamu bisa kering kalo kebanyakan dicuci. Dan, kekeringan itulah yang bikin produksi minyak makin berlebih.

3. Pilih makeup yang cocok

Asal pilih makeup rekomendasi selebgram favorit kamu bisa berujung wajah makin berminyak dan jerawatan. Kali aja makeup itu gak cocok buat kulit berminyak. Apa tandanya? Coba cari tulisan “non-comedogenic.” Itu adalah tanda makeup yang cocok buat kulit berminyak.

4. Pilih pembersih khusus kulit berminyak

Sama halnya kayak milih pembersih wajah. Pastiin produk pembersih kamu emang cocok buat kulit berminyak. Dengan kandungan kimia yang tepat, pembersih itu bisa sekalian menyeimbangkan kelembapan wajah dan mengontrol produksi minyak berlebih.

5. Tetap pakai pelembap

Kebanyakan pelembap itu gak baik. Kekurangan pelembap pun buruk. Sel-sel kulit yang gak kamu berikan pelembap bakal merasa mereka kekeringan. Akhirnya, kulit terangsang untuk bikin minyak berlebih buat.

6. Jangan kebanyakan pakai foundation/bedak

via: Shutterstock
(Sumber: Istimewa)

Jelang berfoto, cewek dengan wajah berminyak pasti mikir menutupi kilau-kilau minyak itu dengan bedak atau foundation. Padahal, kebanyakan pakai pelapis justru bisa menimbulkan jerawat nantinya.

7. Pakai primer

Bila produksi minyak wajah kamu begitu parah, mungkin ada baiknya kamu pakai primer, girls. Meski harus merogoh kocek lebih banyak untuk makeup, primer yang tepat tuh worth it banget. Selain mengurangi lubang pori dan mengontrol minyak, kulit kamu pun jadi mulus.

Yuk, ikutin 7 cara di atas. Kalo cara nomor 3 sampai 7 belum bisa kamu ikuti, paling enggak kamu selalu bisa melakukan cara pertama dan kedua. Pasti keliatan banget perubahannya, deh! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.