Rabu, 27 Maret 2019

Genmuda – Ajakan nongkrong bareng dari senior sering bikin anak-anak baru di sekolah ngerasa parno sendiri. Maksud hati pengen kenalan sama kakak kelas, ternyata malah kejebak aksi “penataran” yang gak ada bedanya dari bullying.

Disuruh push up, dicengin, dan dilarang-larang itu biasa banget terjadi bagi anak-anak baru. Karena bukan termasuk kegiatan penerimaan siswa baru yang disetujui pihak sekolah, perintah aneh-aneh dari senior sok berkuasa sebenernya bisa ditolak.

Cuma, hampir semua anak baru yang kejebak “penataran” pada gak berani nolak lantaran takut dipukulin. Sebenernya, ada banyak cara ngelawan para bully, mulai dari stay cool hingga menghindar dari awal. Apapun caranya, jangan lakuin tujuh hal di bawah ini karena bikin para bully makin semangat gangguin.

1. Ngatain balik

via gfycat.com

Saling ngatain balik itu sebenernya trik pergaulan yang mengakrabkan, asalkan yang ngatain dan dikatain udah kenal dekat. Kalo belum, sama aja nyari perkara karena senior-senior yang “sumbu pendek” bisa meledak dan main tangan. Pukulannya mungkin engga begitu sakit, tapi males aja kan kalo sampai digebukin.

2. Ngajak berantem

Kamu boleh menyandang sabuk hitam bela diri dan punya padepokan silat sendiri. Tapi, ngajak ribut tukang bully bukan jalan keluar yang baik. Kamu mungkin bakalan menang telak, tapi guru dan kepala sekolah gak bakal mentoleransi siswa berantem atas alasan apapun.

3. Sok jadi super hero

via istimewa

Misalnya mau bantuin temen yang dibully, bantuinnya jangan sendirian. Ajak juga temen-temen satu geng atau kalau perlu satu angkatan biar para senior gak bisa berkutik. Tapi inget satu hal. Jangan sampai adu bacot antar angkatan berubah jadi adu jotos.

4. Ngancem ngadu ke guru

Kecuali kamu punya kemampuan bicara kayak Al Capone atau mafia-mafia New York, jangan ngancem bakal laporin guru. Para bully bakalan makin menjadi, ngamuk, hingga akhirnya gebukin kamu. Kalo mau laporin, ya laporin aja diem-diem gak usah kebanyakan gaya.

5. Nawarin jajan

via istimewa

Nawarin jajan para senior yang galak kayak orang laper sebenernya bisa jadi cara aman. Hanya aja, harus punya jurus ngeles yang bikin para senior pada akhirnya berhenti bolak-balik minta jajan.

6. Cabut dari sekolah

Separah apapun bully yang dirasain, jangan sampai cabut sekolah deh. Rugi banget, tauk.

7. Jangan dipendem gitu aja

via giphy.com

Biar gak stres sendiri, kasih tau aja temen-temen kalo kamu habis dibully. Sukur kalo mereka bisa bantu. Terus, kasih tau juga pihak sekolah atas kelakuan nakal para senior. Kalo gara-gara itu kamu dibully lagi, ya ngadu aja terus. Masa gak ngadu, sih? Perpeloncoan ini kan masalah bersama.

Yaudah gitu aja. Cara paling ampuh supaya gak dibully ya dengan jadi anak asik yang bisa jadi temen mereka, bukan jadi korban mereka. Semoga minggu-minggu pertama tahun ajaran baru kamu berjalan lancar, dan jangan lupa tulis pendapat kamu di bawah ini kalo punya ide lain soal caranya supaya gak jadi korban bully. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.