Rabu, 11 Desember 2019

Genmuda – Jadi mahasiswa selalu ditutut harus kreatif. Perihal akademik idealnya harus berimbang sama non akademik. Meski nilai IPK dan lulus tepat waktu jadi penilaian utama, tapi bukan berarti lo harus jadi mahasiswa robot yang kerjaannya cuma jadi kupu-kupu (baca: kuliah-pulang).

Sebaliknya kehidupan kampus bisa banget lo mengembangkan potensi diri lo yang lain. Karena nyari kerja zaman sekarang banyak model dan syaratnya. Maka demikian gak ada salahnya buat Kawan Muda untuk mengasah 7 skill di bawah ini karena akan berguna saat lo menjadi fresh graduated nanti. Yuk, simak langsung ulasan lengkapnya!

1. Desain

©Genmuda.com/2016 TIM
Drawing Class barengan Popo Mangun di BTW Project ©Genmuda.com/2016 TIM

Jurusan lo mungkin bukan DKV, namun di jaman sekarang gak sedikit perusahaan yang membutuhkan kemampuan dasar menggunakan aplikasi desain. Nah, saat lo kuliah lo bisa mengembangkan skill ini dan belajar dari banyak sumber. Mau dari internet atau tanya langsung sama temen lo yang ngerti soal desain.

2. Fotografi

(Sumber: Istimewa)

Basic fotografi juga bermanfaat dalam dunia kerja hingga modus PDKT sama gebetan. Gak harus jago-jago banget sih, minimal lo bisa mengerti cara mengoperasikan kamera secara manual. Skill ini bisa banget lo pelajari dari UKM fotografi atau temen yang jago fotografi. Seenggaknya lo bisa langsung praktik dengan kamera mereka secara gratis. Mau dong?

3. Bikin Power Point

©Genmuda.com/2017 TIM
Galip Fu lagi presentasi. ©Genmuda.com/2017 TIM

Jangan kira presentasi depan kelas dengan Power Point itu cuma jadi formalitas lo buat lulus mata kuliah atau persiapan sidang skripsi. Faktanya nih, gak sedikit profesi yang menuntut lo harus jago bikin presentasi menarik melalui Power Point. Di Genmuda.com aja sering hampir setiap divisi menyiapkan bahan laporan mereka lewat Power Point.

4. Mutlitasking media sosial

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Lo sering mantengin medsos sekaligus jago bikin konten viral? Gak ada salahnya ulik bakat kepo lo dalam pengembangan bisnis digital. Menyambut era digital kayak sekarang rasanya kemampuan ini bakal berguna banget untuk memantau peluang bisnis, kebiasan konsumen, sampai tren yang sedang lagi ramai di dunia maya. Bukti profesi pengamat media sosial hingga admin media sosial hampir banyak dibutuhkan di setiap perusahaan.

5. Menulis

Jangan cuma simpan tulisan lo di noted handphone atau isi kepala doang. Mendingan mulai asah itu semua di dunia kampus. Lo bisa nulis untuk buletin kampus, blog pribadi, hingga jadi penulis lepas yang bisa lo jadiin penghasilan tambahan. Saat lulus itu semua bahkan bisa jadi profil tambahn buat menjual diri lo di berbagai perusahaan.

6. Penerjemah

(Sumber: Tumblr)

Walau lo bukan anak fakultas ilmu bahasa atau sastra, namun kemampuan ini jelas berguna untuk mengasah kemampuan berbahasa asing. Meski praktiknya bisa lewat banyak cara, namun cara paling gampang yang bisa lo coba adalah menonton film tampa subtitle atau mendengarkan lagu berbahasa asing.

7. Bikin website

via VentureBeat
(Sumber: Istimewa)

Kalo yang ini seenggaknya lo bisa mulai belajar coba belajar lewat domain gratisan. Apa fungsinya? Jelas bikin lo familiar sama pengelolaan konten dan website. Biar lebih mantap, lo bisa belajar lewat Youtube atau mungkin sama temen yang kuliah jurusan teknik informatika. (sds) 

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.