Sabtu, 20 Juli 2019

Genmuda – Liburan sebentar lagi dateng nih, gaes. Ada libur Natal, Tahun Baru, dan akhir semester ganjil buat anak-anak kuliahan. Yang engga ada cuma satu yaitu kegiatan seru buat mengisi liburannya.

Namun tenang, Genmuda.com saranin kamu nonton serial tv aja kalo bingung liburan ini mau ke mana. Eits, semua serial yang Genmuda.com sebutin ini bukan serial sembarangan loh, soalnya selain seru, kamu juga bisa dapat banyak ilmu pengetahuan baru, gaes.

1. West World

via salon.com
Hector, salah satu karakter bengis di serial Westworld. (Sumber: salon.com)

Serial teranyar HBO Original ini mengisahkan taman bermain The Park bertema kehidupan western lengkap dengan robot koboi yang mengajak para tamu bertualang berburu bandit atau semacamnya.

Tiap robot host dilengkapi artificial intelligence yang jauh lebih canggih dari komputer masa kini, bahkan mirip banget sama cara berpikir manusia. Intinya, tiap robot punya kepribadian masing-masing.

Di situlah letak plot twistnya. Film ini bakal menunjukkan kalo sebuah ‘perasaan’ punya efek sangat kuat dalam hidup bahkan cukup buat runtuhin tembok perbedaan spesies. Soanya, akal budi tersebut yang membedakan manusia dengan makhluk lain. Psikologi banget deh.

2. National Geographic Mars

via space.com
Pengen tau penggabungan sinetron dan dokumenter, tonton aja Mars. (Sumber: space.com)

Dibilang sinetron tapi bukan, dibilang bukan sinetron tapi ini adalah serial fiksi ilmiah yang ada narasinya. Meski identitasnya agak ‘galau,’ serial ‘Mars’  yang diproduksi National Geographic patut ditonton para pecinta sains.

Serial ini mengisahkan proses kolonisasi Mars yang dimulai pada 2033 dan menghadirkan kejadian feedback dari tahun 2016, masa ketika geliat eksplorasi Mars sedang tinggi-tingginya di Amerika Serikat.

Uniknya, flashback itu menghadirkan wawancara real wartawan National Geographic dengan berbagai ilmuwan antariksa, termasuk Elon Musk dan para petinggi NASA. Anak-anak IPA pasti suka nih.

3.Vikings

via pogdesign.co.uk
Pasukan Ragnar Lothbrok dari dataran Skandinavia menyerbu dataran Brittania. (Sumber: pogdesign.co.uk)

‘Game of Thrones’ emang seru ditonton, tapi kisah fiksi George RR Martin itu masih kalah jauh sama kejadian sejarah yang beneran terjadi di jaman Viking. Berdasarkan data-data yang terkumpul, History Channel pun buat serial ‘Vikings.’

Mengisahkan, perjalanan Ragnar Lothbrok seorang prajurit viking bawahan yang menjadi raja tertinggi paling dihargai yang berhasil satukan dataran Skandinavia (Denmark, Norwegia, dan Swedia) sebagai kelompok pengarung laut terkuat.

Serial yang diangkat dari kisah nyata ini juga diisi banyak cerita perselingkuhan, intrik, dan pengkhianatan. Jauh lebih nyata dan menegangkan malah dari cerita fiksi manapun.

4. Daredevil

via IGN.com
Matthew Murdock adalah sang Daredevil. (Sumber: IGN.com)

Bosen sama cerita superhero menye-menye, kebanyakan drama, dan engga logis? Saatnya tonton serial ‘Daredevil’ yang diproduksi Netflix. Serial superhero Marvel itu kombinasikan unsur sadis, drama, komedi, dan misteri dengan seimbang.

Serialnya mengisahkan perjalanan Matthew Murdock siang hari jadi pengacara pembela kaum lemah dan malam hari jadi Daredevil, vigilante yang main hakim sendiri menghukum geng penjahat.

Filmnya terasa makin seru di season 2, ketika alter egonya sebagai Daredevil justru lebih menguasai kehidupan Matt Murdock daripada sosoknya sebagai pengacara. Filmnya filosofis abis.

5. Stranger Things

via theverge.com
Cuplikan adegan anak-anak yang jadi karakter utama Stranger Things. (Sumber: theverge.com)

Lagi-lagi, Netflix tunjukin kreativitas mereka bikin serial dengan luncurin ‘Stranger Things’ pertengahan tahun lalu. Film fiksi ilmiah ini nyeritain petualangan seorang keluarga mencari anaknya yang mendadak hilang.

Mereka dapet bantuan dari rekan terdekat dan sesosok anak perempuan misterius yang punya kekuatan supranatural. Meski begitu, bermacam teka-teki yang muncul engga tetep sulit dihadapi.

Berhubung film ini berlatar tahun 1980an, banyak budaya populer era itu muncul dalam film. Misalnya aja, permainan ‘Dungeons & Dragons’ atau film-filmnya Steven Spielberg. Para pecinta budaya pop pasti suka deh.

6. Search Party

via austinchronicle.com
Dory sadar kalo temen kampusnya ilang. (Sumber: austinchronicle.com)

Kehidupan anak muda yang ngerasa bener sendiri, baik sendiri, istimewa sendiri tapi depresi karena bingung sama masa depannya bakal terasa di serial Search Party produksinya TBS Channel.

Film ini mengisahkan Dory, gadis hipster usia 20-an yang kehidupannya mendadak berubah waktu doi bertekad mencari temen kuliah yang dikabarkan hilang.

Meski kisah awalnya diisi anak-anak muda menyebalkan, plotnya yang misterius bakal bikin kamu betah nonton hingga season finalenya. Anak-anak ilmu sosial pasti suka ngeliat berbagai fenomena milenial di film ini.

7. Vinyl

via indiewire.com
Richie Finestra (jas biru di tengah-tengah) bersama skuad label rekamannya. (Sumber: indiewire.com)

Satu lagi produksi HBO Original Series yang patut diacungi jempol. Bukan cuma ceritanya yang keren, film tentang industri musik era 1970-an ini nampilin sisi buruk dunia musik yang penuh narkoba dan banyak kecurangan.

Richie Finestra yang jadi pemeran utamanya pun dikisahkan sebagai pemilik label rekaman yang juga pecandu narkoba, penipu, pengecut, tapi kreatif luar biasa.

Berbagai lagu yang sempet populer di era itu bakalan muncul sebagai musik latar, termasuk lagu-lagunya Queen yang mendadak legendaris karena suara vokalisnya. Para calon manager band patut nonton ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.