Kamis, 18 Juli 2019

Genmuda – Tiga hari berlalu setelah sebuah video dua perempuan jambak-jambakan di dalem gerbong commuter line khusus wanita diunggah Senin (15/5). “Cat fight” dalam rekaman yang diunggah akun Twitter @nibrasnada itu sebenernya terjadi sekitar April karena dua cewek kereta jurusan Bekasi itu rebutan tempat duduk.

Anehnya, video itu nunjukin mereka berdua udah pada jambak-jambakan sambil duduk. Begitu dilerai penumpang lain, keduanya langsung turun di peron terdekat. Gerbong khusus wanita yang harapannya ngasih ketenangan, kenyamanan, dan keamanan buat penumpangnya malah jadi medan tempur.

Sejak beberapa tahun belakangan, beberapa temen cewek penulis artikel ini menghindari gerbong yang adanya di paling ujung depan dan belakang itu. Katanya sih, penumpang cewek di sana engga segan jadi beringas waktu milih posisi karena “saingannya” sama-sama cewek.

Terlepas dari bener atau enggaknya curhatan itu, PT KAI mengimbau kalo siapapun yang berkelahi di dalem kereta bisa diturunin paksa di stasiun terdekat. Nyatanya, hukuman yang sebenernya udah ada dari dulu itu masih dilanggar dengan perkelahian “Cat Fight” 15 Mei lalu. Mungkin, PT KAI perlu memasang 10 penawar keberingasan wanita ini di dalam gerbong keretanya.

1. Parfum yang wanginya segar

via businessinsider.com
Mau dong nyium mbak-mbaknya parfumnya. (Sumber: businessinsider.com)

Saatnya sambut perempuan yang lagi ngelawan kerasnya ibu kota dan persaingan antar penumpang dengan wewangian segar. Mungkin aja kan mayoritas penumpang umum tuh beringas karena sumpek dan bau apek. Coba deh undang tim marketingnya perusahaan parfum yang hobinya ngasih sampel gratis. Pasti suasana jadi adem.

2. Cokelat gratisan

via flickr.com
Diliat aja udah enak, apa lagi dimakan. (Sumber: flickr.com)

Atau, PT KAI juga bisa ngudang perusahaan-perusahaan cokelat yang bersedia ngasih sampel gratis. Ketika begitu masuk langsung dapet cokelat, siapa yang bisa marah. Hanya aja, petugas pembagi sampel cokelatnya harus siap siaga dirubung penumpang yang mau nambah gratisan.

3. Marshmallow meleleh

via itsybitsyfoodies.com
Cokelat dan marshmallow leleh diapit dua biskuit. Ah sedap. (Sumber: itsybitsyfoodies.com).

Setelah taktik bagi-bagi cokelat gratisan sukses berat, saatnya ngundang perusahaan marshmallow leleh buat bagi-bagi. Dimakan bareng cokelat atau diapit dua biskuit hingga jadi s’more, gak ada yang bisa nolak nyamannya makan marshmallow meleleh. Jadi laper nih.

4. Bunga mawar

via pinterest.com
Kalo sering dikasih bunga dan dianterin pulang, bisa-bisa ceweknya naksir PT KAI. (Sumber: pinterest.com).

Combo selanjutnya adalah bagi-bagi mawar atau bunga harum lainnya. Usahain sih bunganya diberikan ke cewek yang gak kebagian cokelat dan marshmallow biar semua adil dan gak ada keributan baru.

5. Drama Korea/India

via soompi.com
‘Descendants of the Sun’ (Sumber: Istimewa)

Kereta sekarang kan udah ada layar televisi nih di dalamnya, kenapa engga muter drama Korea biar penumpang pada ber-“aigo” dan engga berantem. Muter ulang “Goblin,” “Descendants of the Sun,” atau “Strong Woman Do Bong Soon” juga engga apa-apa. Pilihan lain, muter sinetron India macam “Geet,” “Uttaran,” atau “Kumkum Bhagya.”

6. Pasang iklan tempat makan/minum cantik

via citymomsblog.com
Begitu turun kereta langsung beli deh. (Sumber: citymomsblog.com).

Di pergantian scene drama Korea/India, pasangin iklan tempat makan/minum cantik. Kenapa? Karena ratusan cewek yang berkumpul di sebuah acara promosi produk tempat makan/minum engga pernah berantem, meski pada akhirnya mereka rebutan belanjaan. Semuanya pasti khidmat nontonin iklannya. Cowok aja suka kok ngeliatnya.

7. Arisan dadakan

via tempo.co
(Sumber: tempo.co)

Daripada di dalem gerbong saling diem dan berprasangka buruk, mendingan bikin arisan! Lakuin terus tiap minggu biar penumpang commuter line makin banyak dan semua cewek di Jabodetabek pada saling mengenal.

Dengan begitu, PT KAI secara engga langsung juga udah mengurani kemungkinan cowok berselingkuh. Kalo kelakuannya diketahui satu cewek, pasti gosipnya kan nyebar dengan cepat ke cewek lain. Kamu punya ide apa lagi nih supaya suasana KRL lebih nyaman buat penumpang? Share pendapat kamu di bawah ini, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.