Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Masa pertumbuhan idealnya diimbangi sama asupan gizi yang pas. Sayangnya gaya hidup modern suka bikin anak milenial lupa akan pentingnya makanan gak cuma bergizi, tapi juga bermanfaat dalam tumbuh kembang otak lo supaya makin encer.

Supaya paham, inilah 7 makanan yang terbukti bermanfaat untuk bikin otak lo makin encer kayak Pak Habibie. Cekidot!

1. Ikan Salmon

Selain jadi makanan kesukaan orang Jepang, Salmon terbukti mengandung lemak omega tiga yang bermanfaat untuk kinerja otak. Penelitian di University of Maryland Medical Center menemukan bahwa kekurangan omega tiga bisa bikin lo gampang capek, pelupa, dan mudah galau. Karena tubuh manusia gak bisa bikin asam lemak esensial seperti omega tiga, maka penting untuk mendapatkannya dari makanan seperti ikan salmon.

2. Alpukat

Riset dari University of Calfornia membuktikan bahwa kadar asam lemak tak jenuh dari buah alpukat dapat membantu menjaga sel-sel saraf di otak lo supaya tetap sehat. Dalam penelitian yang sama juga diketahui bahwa satu buah alpukat mengandung 20 vitamin berbeda, termasuk kalium – yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah, dan melindungi mata lo.

3. Kacang-kacangan

Semua kacang kaya akan vitamin e, namun untuk mengurangi risiko dari kacang yang digoreng. Lo bisa mencoba cemilin kacang walnut. Sebuah penelitian di Amerika Serikat bilang bahwa kacang walnut sangat kaya akan vitamin E, omega tiga, serta vitamin B6 yang membantu menghasilkan hormon serotonin dan norepinefrin yang berguna untuk proses pengiriman sinyal di otak.

4. Bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya

(Sumber: Istimewa)

Bayam dan brokoli menjadi sayuran yang paling berpengaruh buat bikin otak lo tambah pintar. Selain kaya sama anti-oksidan, sayuran hijau juga mengandung zat besi dan mineral yang bermanfaat melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak sehingga lo jadi gak gampang capek, kata James Joseph, kepala Neurosciences Laboratory of the Human Nutrition Research Center on Aging di Amerika Serikat.

5. Cokelat Hitam

(Sumber: Corbis)

Menurut para peneliti dari Universitas Harvard, kandungan flavanol pada biji kakao bisa ningkatin ingatan dan kemampuan berpikir. Bahkan, sejumlah dokter udah mulai kasih resep kakao buat mengurangi risiko kardiovaskular pada pasien. Soalnya cokelat punya kemungkinan ningkatin persediaan darah pada otak. Asal lo makannya gak berlebihan sih itu tetap aman kok, gengs!

6. Bluberi

Tim peneliti di Tufts University menemukan bahwa bluberi gak cuma berkhasiat meningkatkan daya ingat lo, tapi juga bisa membantu mengembalikan hilang ingatan. COOL! ‘The Journal of Neuroscience’ juga udah menerbitkan sebuah riset yang nemuin bahwa bluberi bisa menghasilkan ingatan jangka pendek yang lebih baik, kemampuan belajar yang lebih cepat, dan peningkatan keseimbangan. Semua jenis beri pun pada dasarnya punya kombinasi antioksidan potensial yang bisa ningkatin memori dan koordinasi motorik.

7. Anggur merah

 

Kalo dikonsumsi kebanyakan sama anak muda emang gak baik nih, tapi Genmuda.com cuma pengen kasih tau kalo anggur merah sangat baik untuk kesehatan jantung dan mengandung senyawa resvaratol yang dipercaya bikin seseorang panjang umur. Terlepas dari itu para peneliti juga menemukan bahwa resvaratol dapat mencegah penyakit alzheimer dan meningkatkan kinerja otak, selama dosisnya gak kebanyakan.

Comments

comments