Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Bulan Agustus menjadi bulan paling bermakna buat Indonesia dimana tahun ini negara kita genap berusia 74 tahun merasakan kemerdekaan. Namun seperti apa kata Bung Karno, perjuangan meraih kemerdekaan gak berhenti di 17 Agustus 1945, karena kenyataannya masih banyak hal-hal yang perlu diperjuangkan oleh bangsa Indonesia.

Tanpa perlu jauh-jauh sebenarnya banyak di antara anak muda Indonesia yang belum benar-benar merdeka dalam banyak hal. Tanpa harus mengurui satu sama lain, 7 kemerdekaan di bawah ini layak buat lo lakuin dari sekarang.

1. Merdeka dari bayang-bayang mantan

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Masih sering stalking mantan cuma buat cari tau dia udah punya pacar baru atau kelihatan makin cakep? Itu namanya kamu belum merdeka dari bayang-bayang mantan lo namanya. Udah lah, masa 74 tahun Indonesia merdeka lo masih gak mau merdekain hati lo untuk orang baru? *sedap.

2. Merdeka dari razia lalu lintas

via: Google
Bengkelnya masih jauh mas… (Sumber: Istimewa)

Masih sering kucing-kucingan sama polisi kalo ada razia? Itu berarti lo belum merdeka dalam menerapkan syarat wajib dalam berlalu lintas. Orang kan menghindari razia pasti karena tau mereka punya kesalahan. Semoga lo gak kayak gitu ya.

3. Merdeka jadi budak smartphone

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Faktanya 4 dari 5 anak muda Indonesia itu gak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Jika setiap 10 menit per hari waktu lo terbuang cuma gara-gara scroll timeline, berapa lama waktu terbuang dalam setahun? Rugi kan lo!

4. Merdeka dari hutang piutang

via savioo.com
(Sumber: Istimewa)

Sering denger dong kasus pinjol (pinjaman online) yang berujung pada bunga besar dan berujung di meja hijau? Nah, mumpung masih muda siapin deh diri lo buat mengatur keuangan sebaik mungkin. Gak mau kan kalo hidup lo harus dikejar-kejar sama debt collector selama 24 jam?

5. Merdeka dalam pemikiran

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Ini juga wajib anak muda miliki. Merdeka dalam pemikiran jelas sangat berguna buat diri sendiri dan orang lain. Anak muda harus kritis sama semua ide-ide di kepala mereka. Kalo masih ngerasa nggak pede dalam mengemukakan pendapat di kepala kamu, berarti pemikiran klo belum benar-benar merdeka tuh.

6. Merdeka dalam berkarya

©Genmuda.com/2017 Liki
Naufal menunjukan salah satu konsep karya yang pernah doi buat saat di wawancarai oleh Genmuda.com ©Genmuda.com/2017 Liki

Anak muda pasti punya mimpi dan idealismenya masing-masing. Selama lo rasa itu baik dan sanggup direalisasikan dalam sebuah karya kenapa gak dicoba? Mumpung masih muda, lo punya banyak waktu serta kesempatan untuk belajar jika suatu hari harus mengalami kegagalan. Meski idealisme suka bertolak belakang dengan realita, jangan gampang nyerah gitu aja ya.

7. Merdeka dari tugas akhir

via binus.ac.id
(Sumber: binus.ac.id)

Mau merdeka dari yang ini? Kuncinya cuma belajar dan gak pernah nyerah sama keadaan. Merdeka!!

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.