Selasa, 21 Mei 2019

Genmuda – Polisi lalu lintas punya hak menilang pengguna jalan walau kendaraannya udah sesuai aturan. Jangan kaget kalo kamu lagi enak naik motor tiba-tiba diberhentiin meski pake helm dan nyalain lampu.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, polisi juga berwenang menilang pengendara yang kelakuannya receh yang membahayakan pengendara lain. Contoh kelakuan receh yang Genmuda.com maksud bisa kamu liat di bawah ini:

1. Joget di tengah jalan

via gifer.com
(Sumber: gifer.com)

Ada empat cewek yang joget-joget Tik Tok di lampu lalu lintas daerah Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Selain ngalangin jalan, kelakuan alay itu jelas membahayakan mereka. Jadilah mereka ditilang.

2. Joget di motor

via kumparan.com

Saat jogat-joget, laju motor gak bakal stabil dan berisiko membahayakan pengguna jalan. Jangan salahin polisi kalo kamu ditilang karena hal itu. Polisi bahkan sampai rela mendatangi rumah pemilik motor yang kegep joget-joget sambil naik motor dalam sebuah video viral.

3. Pakai headset sambil naik motor

via: Youtube
Cie… akhirnya bisa selfie bareng (Sumber: Youtube)

Saat razia, kamu bisa ditilang lantaran mengendarai motor pakai headset. Peraturannya udah ada, kok. Meski dianggap lebay, polisi bertindak sesuai aturan dan tilang ya tetap tilang. Kamu harus bayar dendanya.

4. Menerobos marka garis lurus

via edorusyanto.wordpress.com
(Sumber: edorusyanto.wordpress.com)

Inget, ya. Cuma garis putus-putus yang boleh dilalui di jalan. Garis putih lurus artinya gak boleh dilalui. Makanya, kamu yang berhenti melewati garis lurus atau mendahului kendaraan dengan menginjak garis lurus yang membatasi jalan pasti kena tilang.

5. Berhenti di kotak kuning

via fastnslow.net
(Sumber: fastnslow.net)

Kotak kuning atau yellow box yang ada di perempatan tuh area larangan berhenti, gengs. Makanya, marka jalan itu muncul di persimpangan sibuk. Tujuannya jelas supaya gak terjadi simpul kemacetan yang susah diurai.

6. Memotong di belokan

via baca.co.id
(Sumber: baca.co.id)

Memotong di belokan tuh maksudnya gini. Kamu berkendara di lajur paling kiri, tau-tau belok mendadak untuk masuk gang di kanan, atau sebaliknya. Itu berbahaya bukan buat sesama pengguna jalan, tapi buat kamu juga.

7. Nyalain lampu tanda ke kiri tapi belok ke kanan

Ada lagi yang lebih receh. Entah karena gak ngerti atau salah fokus, ada pengendara yang nyalain lampu tanda belok kiri TAPI BELOKNYA KE KANAN! Kelakuan yang menipu itu jelas rentan ditilang.

Biarpun receh coba deh hindari 7 kelakuan di atas supaya kamu gak punya alasan ditilang polisi. Mungkin kamu malah dipersilakan lanjut jalan terus meski sedang ada razia kepatuhan lalu-lintas. Gak percaya? Coba aja sendiri. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.