Selasa, 16 Juli 2019

Genmuda – Jerawat bisa menimpa siapa aja. Gak peduli cewek atau cowok, semua orang bisa aja terkena jerawat. Bukan kutukan atau turunan, masalah kulit satu ini emang muncul dari adanya kebiasaan gak sehat.

Pada usia muda kayak Kawan Muda, pemicu jerawat emang lagi ‘mateng-matengnya’ karena ada dorongan hormon dalam tubuh. Tapi masalah jerawat menjadi panjang dan penuh drama ketika lo gak bisa mengatasinya. Jerawatnya tambah banyak, nodanya gak hilang-hilang malah sampe timbul bopeng di wajah.

Terus kalo udah kayak gitu harus gimana? Santai, selain coba konsultasi ke dokter, lo bisa dengan mudah ngelakuin 7 kebiasaan baik berikut ini setiap hari!

1. Cuci wajah dengan air hangat

via: Pinterest
(Sumber: Pinterest)

Seperti artikel yang pernah Genmuda.com bahas, air hangat punya manfaat baik buat pori-pori kulit lo. Jadi biasain deh cuci muka 2 kali sehari secara berkala menggunakan sabun pembersih wajah yang lembut dan air hangat. Inget, airnya jangan terlalu panas ya nanti wajah lo malah melepuh lagi.

2. Gunakan pembersih tambahan

Via google
(Sumber: Istimewa)

Yang cowok gak perlu takut dikira lebay, pembersih tambahan di sini tuh cuma dipake dalam keadaan emergency atau sekiranya lo gak sempet buat cuci muka. Selain itu, pastiin juga pembersihnya sesuai sama kondisi kulit lo, entah itu buat kulit berminyak, kering, atau normal.

3. Jangan pencet jerawat

via sogou.com
(Sumber: sogou.com)

Bopeng biasanya disebabkan karena ‘tangan jail’ yang gak sabar nunggu jerawatnya pecah. Kalo gak mau nyesel di kemudian hari, jangan sering-sering deh pencetin jerawat, apalagi langsung dengan tangan. Lo kan gak pernah tau tangan lo itu benar-benar bebas dari kuman dan kotoran yang bikin infeksi atau iritasi ke kulit.

4. Jaga kebersihan rambut

model-gaya-rambut-Reza-Rahadian
(Sumber: gayapopuler.com)

Apa pengaruhnya? Ya adalah, gengs! Saat wajah bersih tapi rambut lo kotor, bekas noda jerawat bakalan susah hilang. Faktanya nih, rambut adalah bagian tubuh yang paling sering berkontak langsung dengan wajah. Yang cowok juga perlu perhatiin kebersihan jenggot, jambang, dan kumis ya!

5. Minum air putih, konsumsi buah dan sayur

via liputan6.com
(Sumber: liputan6.com)

Tanpa perlu keluar uang banyak untuk perawatan, lo tetep bisa menghilangkan bekas jerawat dengan rutin minum air putih sekaligus mengimbanginya dengan konsumsi buah dan sayur. Cara ini dianggap paling efektif karena dapat memberikan banyak nutrisi buat kesehatan kulit lo.

6. Stop sebats

via: Huffington Post
(Sumber: Istimewa)

Selain berisiko serangan jantung, stroke, gangguan kehamilan dan janin, rokok juga memicu lahirnya jerawat hingga bisa bopeng-bopeng. Penelitian dari San Gallicano Dermatological Institute di Roma bilang, rokok bisa bikin jerawat akut, termasuk komedo besar.

Temuan ini didapat setelah mengamati 1.000 perempuan berusia 25 sampai 50 tahun. Hasilnya, 42 persen dari wanita perokok memiliki wajah yang berjerawat, sementara di kalangan non-perokok hanya 10 persen aja. Selain itu, asap rokok juga bisa bikin kulit lo lebih cepet tua sebelum waktunya.

7. Istirahat cukup dan jangan lupa bahagia

via: Twitter
(Sumber: Istimewa)

Sepele sih, tapi kebiasaan ini susah banget dilakuin oleh banyak orang. Padahal kunci dari kulit sehat ada pada waktu istirahat yang cukup dan selalu punya pikiran positif. Kurang-kurangin juga julid di medsos supaya hidup lo lebih damai dan bahagia. Aseeek! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.