Kamis, 17 Oktober 2019

Genmuda – Dari ratusan game yang tersedia buat Android, kebanyakan judul nampilin karakter dan permainan dengan gaya ala luar negeri semua. Gak percaya? Buktinya tuh “Clash of Clans” yang seting tempatnya kayak di Eropa sebelum Abad Pertengahan, atau mayoritas game RPG yang gambarnya kayak anime Jepang.

Cuma segelintir doang yang munculin sosok “Indonesia banget” kayak Si Kancil, Gatotkaca, atau Diponegoro. Meski begitu, gamenya seru banget dimainin. Gak percaya? Coba aja mainin judul-judul di bawah ini, itung-itung nyari aplikasi buat “ngabuburit” di bulan puasa nanti.

1. Timun Mas Saga

Seorang anak kecil lahir dari timun ajaib yang ditanam seorang petani tua tanpa anak. Berdasarkan perjanjian antara petani dan Butho Ijo yang ngasih kekuatan ke timun itu, anak yang lahir harus dibalikin ketika berusia 17 tahun nanti untuk dimakan sama Butho Ijo. Bermodalkan garam, cabai, biji timun, dan terasi berkekuatan sihir, Timun Mas melawan Butho Ijo. Kamu harus bantu Timun Mas dengan mainin game ini.

2. Si Kancil

Pada suatu hari, hidup seekor Kancil di dalam hutan, jauh dari kota. Selama hidup, Kancil yang cerdik dan pandai bergaul mengenal hampir semua hewan di dalam hutan, kecuali pemburu jahat yang baru saja masuk hutan untuk menangkap hewan liar dan menebang kayu. Supaya Kancil gak kehilangan rumah dan temannya, bantu Kancil lewat game petualangan ini!

3. Gatotkaca In Space

via play.google.com
Gameplay Gatotkaca In Space. (Sumber: play.google.com)

Apa jadinya nih kalo superhero Indonesia bertualang di luar angkasa? Cari tau sendiri di game Gatotkaca In Space. Tugasnya cuma satu. Bantu Gatotkaca ngumpulin bintang di luar angkasa sebanyak-banyaknya. Jangan sampai kebentur asteroid yang terbang secara random, ya.

4. Diponegoro

Pasti tau dong Perang Diponegoro. Nah, game ini terinspirasi banget dari perang besar yang menguras uang Belanda di Pulau Jawa, seitar 1825-1830. Karena gameplaynya berbentuk “tower defense” (macam Line RANGER), jangan harap ada story line dalem yang bikin kamu lebih paham soal sejarahnya.

5. Jokowi GO

Bantu Pak Jokowi ngumpulin dan nyebarin bola semangat optimis ke seluruh negeri. Cara mainin game lari-lari ini mirip banget kok kayak “Subway Surfers” yang digandrungi itu. Kalo beruntung, kamu bisa lari bareng Pak Jokowi sambil blusukan di dalam game ini.

6. Giant Puppet: Ondel-Ondel

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Gak usah takut sama Abang dan None Ondel-Ondel digital ini. Sebaliknya, bantu mereka berdua melewati jalanan Kota Jakarta yang kayak labirin itu buat sampai ke tempat-tempat ikonik Ibu Kota. Awas, jangan nyasar. Nanti susah baliknya.

7. Adventure of Jarwo

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Mengingat Kartun Jarwo lagi terkenal di kalangan anak-anak SD yang sore-sore udah sampai di rumah, sosok fiktif ini juga masuk ke dalam game. Saatnya ikut hype bocah-bocah dengan mengendalikan Jarwo supaya ngumpulin semua recehan yang tersebar di seluruh area. Kalo gak gitu, Jarwo gak bisa makan.

Asik, kan. Selain mencegah mati gaya saat bengong, game di atas juga bikin kebudayaan dan ciri Indonesia makin dikenal. Cocok banget buat dimainin bareng adek, ponakan, atau anak yang masih kecil. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.