Jum'at, 20 Juli 2018

Genmuda – Gak terasa, bulan Ramadhan dateng sekitar pertengahan Mei 2018. Berarti sebentar lagi Umat Muslim Indonesia bakalan menahan lapar, haus, dan nafsu manusiawi lebih dari 12 jam setiap hari sampe Bulan Penuh Rahmat itu berakhir.

Berdasarkan penelusuran, Genmuda.com udah siapin beberapa fakta penting seputar Ramadhan 1439 Hijriyah ini. Bersiaplah karena fakta pertama merupakan ujian berat yang bikin kamu kegerahan.

1. Suhu udara mencapai 34 derajat celcius

via reactiongifs.com

“Bulan puasa sudah masuk pertengahan kemarau. Temperatur suhu bisa mencapai 34 derajat,” kata Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG dikutip kumparan.com, 12 April 2018. Artinya, cuaca bakalan puanas terik. Hati-hati dehidrasi ya, genks.

2. Dimulai pada pertengahan Mei

Sejauh ini, ada 2 pendapat mengenai awal Ramadhan 1439H. Menurut Google, awal Ramadhan jatuh pada 15 Mei 2018. Sementara itu, para ustad merangkap blogger dakwahuii.com menulis, 1 Ramadhan 1439H jatuh pada 17 Mei 2018. Hingga berita ini rilis, belum ada pengumuman awal Ramadhan menurut versi pemerintah.

3. Diakhiri pada pertengahan Juni

via Istimewa

Kalo kata Google, Idul Fitri bakalan berlangsung tanggal 14 Juni. Namun, para blogger publicholidays.co.id memprediksi Idul Fitri baru muncul pada 15-16 Juni. Berarti, Kawan Muda yang pengen merencanakan mudik bisa mengira-ngira berdasarkan tiga tanggal itu.

4. Ujian kelas XII saat bulan Ramadhan

Apes buat anak-anak SMA kelas XII, karena awal Ramadhan datang bertepatan sama rangkaian ujian. Pertengahan Mei adalah waktunya Ujian Akhir Semester serta rangkaian ujian masuk perguruan tinggi negeri. Yang sabar, ya.

5. Musim ujian anak kampus

via gifbin.com

Sebagian anak kampus juga bernasib kurang enak. Soalnya, Mei dan Juni adalah momennya UAS, pengumpulan skripsi, dan pastinya sidang skripsi. Sabar-sabar, ya.

6. Awal Piala Dunia pada akhir Ramadhan

Pertandingan pembuka Piala Dunia Russia rencananya berlangsung 14 Juni malam. Berarti, bisa aja pertandingan itu berlangsung pada Malam Takbiran jelang Idul Fitri, bisa juga berlangsung tepat pada hari Idul Fitri.

7. Sedikit liburnya

via pinterest.com

Berhubung akhir Ramadhan bertepatan sama akhir semester, maka semua peserta didik di Indonesia harus rela libur panjang akhir tahun ajaran harus bertepatan sama libur panjang Hari Raya. Artinya, jumlah libur tahun ini lebih sedikit daripada tahun lain. Puk-puk-puk.

Kesimpulannya, Ramadhan tahun ini berat. Kamu mungkin gak akan kuat. Tapi, gak mungkin juga Genmuda.com aja yang nanggung itu semua. Jangan sedih gitu, mendingan sisi baiknya. Mungkin, dengan beratnya puasa nanti, pahalanya juga makin banyak. Amiin! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.