Minggu, 20 Mei 2018

Genmuda – Sadar atau engga, banyak orang mengalami bau mulut tapi engga sadar akan hal itu. Akibatnya orang di sekitarnya bisa jadi ngejauhin karena terasa engga enak buat bilang mulutnya bau.

Dalam hal percintaan, bau mulut juga jadi salah satu hal yang bikin ilfil. Tampang secakep apapun bakalan turn off kalo mulutnya beraroma engga sedap. Karena itulah bau mulut jadi semacam masalah sosial yang sering dihadapi. Berikut 7 fakta yang Genmuda.com rangkum Medicinenet.com dan GlobalHealingCenter.com.

1. Termasuk ‘masalah sosial’ yang baru ditemukan

via giphy.com

Gerard Lambert adalah orang yang mempromosikan kalo bau mulut termasuk masalah sosial, sekitar tahun 1920-an. Dalam kampanyenya, orang yang bertanggung jawab masarin obat kumur Listerine itu selalu menceritakan nasib buruk orang yang mulutnya bau. Berkat marketingnya itu, masyarakat pun mempercayainya.

2. Tiap hari orang bisa menderita bau mulut

Bau mulut adalah hal lumrah. Soalnya aroma makanan yang tercerna bisa menguap dari dalam tubuh terus tersebar bersama hembusan napas. Bawang adalah makanan yang menimbulkan bau. Baunya tercipta dari zat sulfur ketika dicerna di lambung.

3. Engga semua bakteri bikin bau mulut

Permasalahan ini emang terjadi juga akibat adanya bakteri. Tapi, engga semua bakteri menimbulkan bau mulut. Bakteri Streptococcus Salivarius misalnya adalah salah satu bakteri baik yang ada di mulut sehat. Bakteri ini dibutuhin buat membantu pencernaan.

4. Diet yang salah bikin mulut bau

Sembarangan berdiet pun bisa berujung bau mulut. Misalnya aja diet yang fokusnya drastis mengurangi porsi makan supaya berat cepet turun. Dalam jangka panjang, diet itu membuat level ketone meningkat parah. Ketone yang keluar dari paru-paru bisa menimbulkan bau seperti pembersih kutek. FYI, ketone merupakan hasil pembakaran asam lemak.

5. Bau mulut yang terlalu lama = tanda penyakit berbahaya

via giphy.com

Berbagai studi menyatakan bau mulut biasa akan hilang bila orang rajin membersihkan mulut, makan bernutrisi seimbang, dan banyak minum. Jika baunya masih ada juga, ada kemungkinan itu tanda penyakit yang lebih berbahaya. Misalnya saja radang amandel, bronkitis, diabetes, gagal ginjal, atau sakit liver.

6. Behel bikin bau mulut

Kamu yang pakai behel juga perlu waspada sama bau mulut. Soalnya, sisa makanan yang nyangkut di behel bisa membusuk dan berbau. Makanya perlu telaten bersihin gigi dan behel pakai pencungkil dan dental floss selain sikat gigi.

7. Merokok paling bikin bau

Ini kegiatan yang paling bikin napas bau. Pertama udah jelas karena bau asap rokok nempel di mulut. Selain itu, asap rokok pun memicu pembusukan di sejumlah organ di mulut yang ujung-ujungnya lebih menguarkan bau. Karena itu, stop merokok kalo mau mulut tetep seger.

 Kawan Muda punya fakta seru lain soal bau mulut? Tulis komentar kamu di bawah ini ya.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.