Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Males ngerjain skripsi udah jadi penyakit yang bisa aja menimpa mahasiswa tingkat akhir. Alih-alih pengen lulus cepat, balada skripsi sering kali bikin mahasiswa jadi ogah-ogahan buat menyelesaikan tugas akhir sebelum jadi sarjana.

Daripada lo harus berlarut-larut dalam kemalesan, mending coba lakuin 7 tips di bawah ini supaya lo gak males lagi buat ngerjain skripsi. Cekidot!

1. Punya target

via: giphy

Jangan pernah anggap enteng skripsi atau tugas akhir lo dengan alasan udah menguasai bahan. Ibarat hidup, nanti banyak banget drama skripsi yang harus lo lewati. Maka dari itu usahakan selalu bikintarget kapan skripsi lo akan selesai.

2. Punya self-reminder

via: giphy

Kalo udah punya target, sekarang waktunya untuk mengingatkan diri lo sendiri. Jangan terlalu naif untuk bikin self-reminder. Kalo kata mba Diana Rikasari, hal yang paling susah dilakuin adalah menasihati diri sendiri.

Jadi lo gak usah muluk-muluk beresin satu bab skripsi cuma dalam beberapa malam. Emang lo Aladdin? Kerjain aja yang paling mudah dulu, yang penting skripsinya bisa rampung. Lagian belum tentu juga kan lo bisa 100 persen lolos dari yang namanya revisi dosen pembimbing.

3. Cari lingkungan produktif

via giphy.com

Tau skripsi lo mandek jangan cuma bisa berserah diri sama lingkungan yang sama-sama males kayak lo. Cari lingkungan yang seenggaknya dapat memotivasi lo buat lebih rajin. Stalking juga temen atau mungkin junior lo yang lulus dengan tepat waktu. Stalking kayak gini jatuhnya lebih positif tau.

4. Atur waktu ngerjain skripsi senyaman mungkin

via Istimewa

Ada yang gampang dapat ide di malam hari atau di siang hari. Intinya jangan pernah ngerjain skripsi saat pikiran lo fokus. Inget, sesuatu yang dipaksa dan gak nyaman buat lo lakuin akan punya ending yang gak baik. Tapi jangan juga lo jadikan poin ini buat menunda ngerjain skripsi karena gak punya waktu yang nyaman. Itu lo-nya aja emang yang males!

5. Kurangi main gadget

via: Giphy

Main medsos, streaming film atau lagu, hingga main game jadi godaan banget bagi mahasiswa tingkat akhir. Kuliah udah jarang, di kosan cuma menghabiskan waktu buat streaming drakor sampai malam. Besoknya lagi belum mood ngerjain skripsi, iseng mabar sampai lupa waktu. See? Genmuda.com yakin kalo mahasiswa tingkat akhir kayak lo udah cukup pintar buat ngebedain mana yang jadi racun dan suplemen buat masa depan hidup lo.

Baca juga: Jerome Polin Jatuh Cinta dengan Matematika dan Dunia Pendidikan

6. Punya skala prioritas

via: giphy

Jadi mahasiswa tingkat akhir harus punya skala prioritas. Lo harus bisa membagi waktu buat main, pacaran, belajar, sampai nyelesain skripsi. Karena prioritas lo lulus otomatis skripsi harus dinomorsatukan. Gak pakai nego ya.

7. Perbanyak doa dan minta restu dari orang tua

via giphy.com

Jangankan buat yang males, mahasiswa yang rajin ngerjain skripsi aja tapi tetep rentan mengalami banyak drama. Mulai dari topiknya yang ketinggian, pengen hasilnya sempurna, atau ketemu dosen pembimbing yang gak sepaham sama skripsi lo. Nah, faktor eksternal kayak gini emang gak bisa dihindari oleh siapapun. Jadi sering-sering deh banyak ibadah, berdoa, dan minta support dari kedua orang tua.

Percaya deh bahwa skripsi bukan sekedar tulisan lo doang, tapi juga ada doa dan harapan dari kedua orang tua buat anak mereka. Aseek! (sds)

Comments

comments