Kamis, 15 November 2018

Genmuda – Satu hal yang bikin dateng telat beraktivitas tiap pagi bukan bangun kesiangan, bukan lupa nyalain alarm, bukan pula kejebak macet. Melainkan, kelamaan ngumpulin nyawa. Ngaku aja, deh.

Bengong yang dilakuin setelah bangun tidur itu bisa ngabisin 1 jam sendiri loh, gaes. Ditambah buka-buka medsos sambil kepoin instastory orang-orang, habislah 90 menit karena kegiatan tak berfaedah.

Gak masalah kamu morning person atau bukan, ada cara supaya kamu bangun dengan energi penuh tanpa kelamaan ngumpulin nyawa. Caranya, yuk simak di bawah ini.

1. Jangan makan besar sebelum tidur

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Makan besar tuh paling baik dilakuin saat sarapan atau makan siang. Jangan malam-malam karena pencernaan udah masuk tahap beristirahat. Memaksakannya dengan menu besar malah bikin pencernaan kelelahan sehingga kamu susah bangun pagi.

Makan malam porsi sedikit sebelum jam 7 malam tuh baik banget. Gak makan malam sama sekali juga boleh.

2. Jangan ada barang elektronik gak penting di kamar

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kecuali barang yang bikin ngantuk macam kipas angin atau AC, kamar sebaiknya steril dari segala elektronik. Soalnya, barang elektronik punya frekuensi getar yang gak terdengar telinga tapi tetap mengganggu tidur. Karena tidur telat, makanya kamu susah bangun pagi.

Selain itu, kamu pasti langsung bangun kalo di kamar gak ada ponsel yang memancing kamu buka medsos.

3. Jangan berolahraga sebelum tidur

via Huffington Post
(Sumber: Huffington Post)

Olahraga sebelum tidur malah bikin blunder. Jantung bakal berdegup kencang sehingga kamu malah merasa susah tidur. Akibatnya, bangun pagi adalah hal mustahil. Baiknya, olahraga tuh dilakuin sore. Itu gak bakalan bikin jantung berdegap-degup kencang pada malamnya.

4. Langsung minum begitu bangun

via hellosehat.com
(Sumber: hellosehat.com)

Begitu bangun, langsung minum air putih minimal segelas. Dua gelas juga gak apa. Bila masih ngantuk, susul air putih itu dengan minuman berkafein macam teh atau kopi rendah gula.

5. Bangun langsung stretching

via tirto.id
(Sumber: tirto.id)

Jangan alergi dengar kata stretching. Kamu cukup melakukan pemanasan menarik otot-otot badan. Olahraga ringan itu bisa dilakuin di atas kasur sekalian kamu ngumpulin nyawa, kok. Setelah otot leher, bahu, dada, lengan, badan, dan kaki regang, kamu pasti langsung segar.

6. Berjemur

(Sumber: Getty)

Kebugaran badan didukung sama cukupnya vitamin D di dalam tubuh. Untuk mendapatkannya, jangan lupa berjemur dengan cahaya matahari pagi. Coba deh kamu buka jendela dan biarkan sinar matahari membangunkan kamu secara alami.

7. Tidur dan bangun teratur

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kamu juga perlu meneraturkan jadwal tidur dan bangun tiap hari. Tidurlah supaya kamu dapat jatah 8 jam istirahat. Kalo gak bisa, dapat jatah 6 jam istirahat juga udah cukup.

Coba lakuin 7 cara di atas, maka kamu bukan hanya gampang bangun pagi. Tapi, juga gampang tidur malam dan kondisi badan kamu terjaga sehatnya. Cocok dilakuin ketika libur supaya kondisi badan udah siap ketika waktunya masuk kerja lagi. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.