Rabu, 19 September 2018

Genmuda – Detik-detik jelang Asian Games mulai diisi sama optimisme berbagai peserta. Dari 36 cabang olahraga (Cabor), Genmuda.com prediksi jika Indonesia punya potensi meraup banyak medali dari 7 jenis olahraga.

Cabor yang dilombain nanti yaitu anggar, angkat besi, atletik, badminton, balap sepeda, basket, berkuda, berlayar, bisbol – sofbol, bola tangan, bola voli, bowling, bridge, dan dayung.

Daftarnya masih panjang. Ada lagi golf, gulat, hoki, jet ski, judo, jiu jitsu, kabaddi, kayak, karate, kurash, loncat indah, pentathlon, panahan, panjat tebing, paragliding, polo air, juga pencak silat.

Itu masih di huruf P. Sisanya ada, renang, renang indah, rugby-7, sambo, senam, sepakbola, takraw, skateboard, squash, taekwondo, tenis, tenis meja, tinju, triathlon, dan pastinya wushu.

Terus apa ya cabor yang berpotensi raup banyak medali buat Indonesia? Nih, prediksinya gengs!

1. Badminton

via vice.com
Kevin dan marcus lagi beraksi. Ayo semangat! (Sumber: Vice.com)

Optimisme tim badminton yang diisi atlet-atlet muda bangkit membara setelah kemenangan tim putra Indonesia di Badminton Asia Team Championship, Februari lalu.

Atlet-atlet yang pernah sumbang gelar buat Indonesia di antaranya adalah Anthony Sinisuka Ginting, Marcus/Kevin, M Ahsan/Angga, dan pastinya Jonatan Christie. Targetnya, Indonesia bisa raup minimal 4 medali.

2. Akuatik

via republika.co.id
Empat perenang Indonesia (kanan-kiri) I Gede Siman Sudartawa, Indra Gunawan, Glenn Victor dan Triady Fauzi Sidiq berpose usai upacara pengalungan medali babak final renang nomor 4×100 Meter Estafet Gaya Ganti Putra SEA Games Ke-27 di Wunna Theikdi Aquatic. (Sumber: republika.co.id)

Optimisme Indonesia pada cabang-cabang olahraga akuatik terbilang tinggi karena pernah peroleh banyak medali. Prestasi tim akuatik di SEA Games 2017 juga terbilang oke, terutama dari cabang renang.

Kita punya Indra Gunawan di renang 50 meter gaya dada putra, Garin Nathaniel Yus di renang 100 meter gaya dada putra, I Gede Siman Sudartawa di renang 50 meter gaya punggung putra, dan Triady Fauzi Sidiq di renang 200 meter gaya ganti. Semoga mereka main dan menang lagi.

3. Karate

via nusabali.com
Cok Istri Agung Sanistya Rani (kiri) hindari tendangan lawan. (Sumber: nusabali.com)

Berdasarkan penampilan di SEA Games 2017, cabang karate sumbang 3 emas, 3 perak, dan 7 perunggu. Peraih medali emasnya adalah Iwan Bidu Sirait dari nomor kumite 55 kg putra.

Ada juga Cok Istri Agung Sanistya Rani dari nomor kumite 61 kg putri dan Srunita Sari Sukatendel dari nomor kumite 50 kg putri juga. Pesaing sengit Indonesia di Asian Games pastinya karateka dari Jepang dan negara-negara Timur Tengah.

4. Wushu

via upstation.com
Lindswell Kwok bukan hanya sukses menebas udara dengan gemulai, dia sukses menancap di hati cowok-cowok penggemarnya. (Sumber: upstation.com)

Si cakep yang tenang mematikan, Lindswell Kwok pada nomor taijijian putri semoga kembali tunjukin rangkaian gerakan tenang-mematikan ala dia di Asian Games nanti. Kalo maksimal doi bisa ngulang peroleh emas seperti di SEA Games 2017.

Felda Elvira Santoso pada nomor Daoshu putri dan Juwita Niza Wasni pada nomor taulo nandao – nan gun all round putri juga diharapkan turun lagi dan sumbang emas. Cayo!

5. Tenis lapangan

via merahputih.com
Mirip Rafael Nadal, inilah Christopher Rungkat. (Sumber: merahputih.com)

Petenis andalan Indonesia yang meraup banyak prestasi macam Yayuk Basuki di era 90-an emang belum keliatan lagi. Tapi, kita sekarang punya Christopher Rungkat yang raup emas tenis lapangan tunggal di SEA Games 2017.

6. Atletik

via detik.net.id
Hendro Yap di puncak urutan jalan cepat 20 km putra SEA Games 2017. (Sumber: detik.net.id)

Hendro Yap pada nomor jalan cepat 20 km putra, Agus Prayogo pada nomor lari 10K putra, Triyaningsih pada nomor lari 10K putri, dan Atjong Tio Purwanto pada nomor 3.000 m halang rintang putra diharap kembali gemilang.

Dari nomor bukan atletik trek, kita punya Eki Febri Ekawati yang raih emas berkat penampilannya pada nomor tolak peluru putri di SEA Games 2017 lalu.

7. Panahan

via brilio.net
Diananda Choirunisa, atlet panahan andalan Indonesia. (Sumber: brilio.net)

Atlet panahan Indonesia juga masih kece, loh. Penampilan mereka di SEA Games 2017 sukses bawa pulang 4 medali emas. Nomor unggulan Indonesia di antaranya recurve beregu campuran yang diisi Riau Ega Agata/Diananda Choirunisa.

Ada juga nomor recurve putri oleh Diananda Choirunisa, nomor individual compound putri oleh Sri Ranti, dan nomor individual compound putra oleh Prima Wisnu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.