Senin, 19 Agustus 2019

Genmuda – Apple baru aja rilis update terbaru, yakni OS11 yang makin bertumpu pada Artificial Intelligence. Kepintaran semua iPhone dan MacBook bakal meningkat drastis berkat update itu. Dengan banyak fitur baru di dalamnya, SIRI si asisten digital produk Apple bakal lebih paham perintah-perintah pengguna.

Infonya diumumin di Apple’s Worldwide Developer’s Conference, AS, sekitar 5 Juni waktu setempat. Kata pengumuman di situs Apple, OS-nya tersedia luas di musim gugur, kira-kira sekitar Agustus – Oktober. Sebentar lagi, berbagai merk ponsel pasti bakal ngerilis update OS terbaru biar gak ketinggalan dari Apple.

Berhubung update itu masih beberapa bulan lagi, terobosan anyar Apple yang berupa “dual back camera” di iPhone 7 Plus bisa dibilang belum basi. Dengan dua kamera di belakang, hasil jepretan bisa dipilih untuk foto objek jarak dekat atau objek jarak jauh. Sensor kameranya juga bikin hasil jepretan fokus di satu titik dan blur di titik lain.

Setelah beberapa bulan setelah peluncuran teknologi kamera itu, brand lain pada ngerilis teknologi serupa. Harga ponsel yang kameranya ganda, baik di depan atau di belakang, harganya masih mahal. Untunglah ada 7 aplikasi di bawah ini supaya kamu menghasilkan foto ala “dual camera” dengan kamera ponsel seadanya.

1. Snapseed (Android / Apple)

via lifeinlofi.com
Beberapa efek yang tersedia di Snapseed. (Sumber: lifeinlofi.com).

Salah satu photo editor canggih ini bisa mengedit tingkat keterangan cahaya dan kecerahan warna secara otomatis. Bila dikombinasiin sama fitur pengedit titik fokusnya, hasil foto bakal makin mantap.

2. After focus (Android / Apple)

via Istimewa
Hasil editan After Focus. (Sumber: Istimewa)

Gak banyak perintilan, After Focus ya bener-bener fokus mengedit foto supaya fokus di satu titik dan blur di titik lain. Dengan begitu, aplikasinya gak terlalu menyiksa ponsel. Cocok banget dipakai buat kamu yang pengen buru-buru.

3. Portrait Lens (Android)

via Istimewa
Hasil editan Portrait Lens. (Sumber: Istimewa).

Selain mengedit fokus/blur, aplikasi ini juga bisa mengatur gelap/terang, noise, hingga ngasih efek sketch. Dilengkapi dengan AI, Portrait Lens juga bisa secara mengedit foto secara otomatis.

4. Bokeh Lens (Apple)

via Istimewa
Gantungan kunci diedit pakai Bokeh Lens. (Sumber: Istimewa).

Deskripsi di iTunes bilang kalo Bokeh Lens bikin hasil jepretan berkualitas kayak kamera DSLR. Aslinya, kualitas gambar editan kamera itu jauh lebih kece daripada kamera DSLR, kok.

5. Insta bokeh (Android / Apple)

via Istimewa
Nih. Efek titik cahaya dari apps Insta Bokeh. (Sumber: Istimewa).

Saatnya kembalikan definisi “bokeh” ke definisi aslinya. Berasal dari bahasa jepang, bokeh berarti sebuah tampilan titik-titik cahaya yang gak fokus. Nah, aplikasi Insta Bokeh yang punya banyak koleksi titik-titik cahaya tak fokus yang bisa ditempel dengan gampang di foto kamu.

6. Selfie360 (Android)

via pinterest.com
Hasil Selfie360. (Sumber: pinterest.com).

Apliaksi ini bikin kamera depan punya fitur panorama, portrait, dan 360. Jadi, kamu bisa ngejepret group selfie sama banyak orang, lengkap dengan pemandangan di sekeliling kamu.

7. Pano Selfie (Apple)

via constantagitation.com
Hasil jepretan Pano Selfie. (Sumber: constantagitation.com).

Fiturnya mirip seperti Selfie360, tapi ini tersedia buat iPhone. Secara khusus, aplikasinya emang dibuat untuk ngambil foto group selfie tanpa perlu ada orang yang mukanya kepotong. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.