Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Dunia fashion jadi salah satu bagian yang sulit dipisahkan dalam kehidupan manusia. Setiap tahun atau setiap bulannya selalu ada aja tampilan model baru dan selalu berubah-ubah.

Buat seorang fashionholic fenomena tersebut pasti jadi suatu kebiasaan yang wajib diikutin. Tapi Kawan Muda termasuk orang yang ngikutin fashion atau sebaliknya nih? Kalo kamu termasuk orang yang minimalis dalam berbusana alias engga suka ribet, bisa jadi kamu punya alasan buat meniru kebiasan orang sukses.

Sebelumnya Genmuda.com pernah menulis artikel gimana menjadi sukses dengan merubah cara berbusana kamu. Nah, sekarang ada alasan-alasan lain loh, kenapa orang sukses selalu mengenakan pakaian yang sama setiap harinya. Penasaran? Cekidot bareng-bareng yuk!

1. Memangkas Keputusan

(Sumber: Joemiller.us)

Yakin. Orang sukses sekelas Bos Facebook, Mark Zuckerberg, jadi orang yang super hetic. Menangani perusahaan sebesar Facebook, Mark pastinya dihadapkan oleh banyak keputusan. Jadi daripada ribet harus pilih-pilih baju, makanya doi lebih suka paka kaos oblong abu-abu dan celana jeans.

Terus apa pengaruhnya? Salah mengambil keputusan di pagi hari akan berpengaruh kepada kualitas keputusan dan produktivitas kamu sepanjang hari. Mark Zuckerberg dan Presiden Obama pun punya alasan mendasar, mereka tidak ingin membuat keputusan tentang apa yang mereka pakai atau makan, karena mereka memiliki banyak pilihan keputusan lain yang harus mereka diambil (ketimbang cuma milih baju).

2. Tidak Membuang Waktu

(Sumber: Mircosoft)

Dengan meminimalisir pilihan berbusana di pagi hari, kamu punya banyak waktu yang lebih panjang dibandingkan mereka yang galau harus milih OOTD buat ke kantor atau kampus. Singkatnya, hemat waktu, mudah, cepat, dan efisien.

3. Mengurangi Stres

(Sumber: zombiesruineverything)

Kata Matilda Kahl, seorang art director di New York mengatakan alasan doi mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam supaya engga mau capek dan membuang-buang waktu. Kahl menambahkan pemilihan pakaian yang sama mampu mengurangi stres karena semua keputusan dimulai dari pagi hari.

4. Tidak Membuang Energi

(Sumber: Pop Sugar)

Bayangin betapa energi yang terbuang di pagi hari karena kamu terlalu bingung buat nentuin OOTD kamu. Belum lagi isi lemari kamu banyak dan pakaian formal dan informal jadi satu lemari. Kebayang ‘kan PR kamu kayak gimana? Oleh sebab itu, penggunaan baju yang sama akan mengemat energi kamu.

5. Merasa Menyatu

(Sumber: Tumblr)

Sama halnya dengan pacar, kalo Kawan Muda punya outfit yang sering banget kamu pake, otomatis kamu tetap aja nyaman mengenakannya. Meski udah belel atau rusak, yang dibeli pasti modelnya itu-itu lagi. Udah jadi soulmate banget deh. Hal ini bisa aja terjadi karena kamu sudah menyatu dengan pakaian tersebut, dan pakaian yang dikenakan udah menjadi image karakter kamu.

6. Ikonik

(Sumber: Forbes)

Sekarang coba kamu gambarin, aneh engga kalo ada guru pake baju hawai pas ngajar? Atau aneh engga kalo ada dokter cuma pake kaos oblong? Jawabannya pasti NGACO. Meski itu adalah steriotipe profesi sekarang coba kamu lihat gaya mendiang Steve Jobs setiap presentasi produk Apple? Selalu pake turtleneck hitam dan jeans.

Itu sebabnya seseorang yang selalu mengenakan pakaian yang sama setiap harinya memiliki branding personality yang kuat dalam lingkungannya. Tapi itu semua juga harus berbanding lurus sama kesuksesan mereka ya.

7. Hemat Biaya

(Sumber: Her Campus)

Penting banget buat mahasiswa nih. Ketimbang kamu pusing beli baju dengan gaya yang aneh-aneh dan cuma jadi musiman doang, lebih baik kenakan pakaian yang sesuai dan nyaman buat kamu. Meski akhir bulan suka miris, setidaknya orang-orang engga bakalan tahu kan kamu udah ganti baju atau belum? Canda.

Tujuan dari poin ini sendiri adalah mengajarkan kamu supaya lebih berhemat. Karena kesuksesan bisa dinilai dari cara kamu mengelola keuangan. Catet tuh!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.