Minggu, 24 Juni 2018

Genmuda – Populernya kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh Jessica Kumala Wongso kepada temannya, Wayan Mirna Salihin menginspirasi seorang bapak beranak dua membuat kopi dengan merk ‘Jessica Coffeemix’. Kopi racikan pria asal Surabaya itu pun booming dan jadi perbincangan media. *Ada lageee

“Pas duduk di warung kopi dan lihat berita Jessica, saya merasa kok beritanya unik sekali. Saya coba bikin kopi lalu saya kasih label Jessica,” kata Haris G Bastian seperti dikutip Kompas.com, Selasa sore (23/8). Ternyata ide tersebut mendadak jadi buah bibir netizen.

Kalo menurut Google Tren, ‘Kopi Jessica’ jadi salah satu dari lima topik yang paling dicari netizen Indonesia. Sayangnya, Otto Hasibuan yang jadi pengacara Jessica bilang kalo fenomena ‘kopi’ tersebut sangat engga etis.

Tapi siapa sangka, di mata Haris kasus pidana ini jadi peluang bisnis. Wajar aja lahir pro-kontra. Nah, Genmuda.com sendiri ngelihat banyak cara lain kok buat bikin produk booming secara online, laris, dan dapet simpati positif tanpa harus memojokan pihak-pihak tertentu. Ini contohnya:

1. Cold Brew Kopi Ranger

Paitnya kopi jadi hal yang justru dijual sama Kopi Ranger. Kopi botolan ini dikemas dengan botol whiskey dan disajikan dingin. Karena desain, rasa, dan efeknya yang emang terasa, produk kopi kemasan yang dibuat sekitar 2014 ini pun cukup booming di Instagram.

2. Saytea Thai Tea

https://www.instagram.com/p/-6PH4XLx7C/?tagged=saytea

Yasundari Rinandita punya cara unik buat masarin teh Thailand buatannya. Saytea yang dibuatnya itu pun dipasarin lewat BlackBerry Messenger, IG, bahkan juga dititip-jual ke cafe-cafe, koperasi kampus, dan tempat-tempat nongkrong lain. Awalnya peminat teh doi berasal di sekitar Bandung doang, lama-lama tersebar ke kota lain.

3. Bank of Blood

Bagi Bank of Blood, kantong darah bisa dimanfaatin buat masarin minuman aneka rasa dengan baik banget. Minuman rasa Red Velvet, Bubble Gum, Green Tea, Banana, dan Taro pun dinamain Human Blood, Smurfs Blood, Incredible Hulk Blood, Minions Blood, dan Alien Blood. Lucu dan unik kan tuh?

4. Let’s Dot

Masa kanak-kanak emang masa yang berkesan buat orang. Itulah sebabnya Let’s Dot menggunakan itu sebagai jualannya. Minuman Nutella, Cokelat, Red Velvet, Matcha, dan Capuccino pun dijual di dalam botol dot secara online maupun di berbagai pameran-pameran tertentu.

5. The Potion Mansion

Ramuan (potion) merupakan hal yang biasa ditemuin di game RPG atau film-film sci-fi fantasy yang booming macam ‘Harry Potter’. The Potion Mansion pun buat ramuan kayak gitu di dunia nyata. Mereka mengemas minuman-minumannya dengan nama Potion dan mengemasnya di dalam botol seperti bejana laboratorium.

6. Fill the Light

Dalam hal nyari sensasi, Fill the Light boleh dibilang salah satu produk kreatif yang sayangnya underrated atau jarang jadi buah bibir. Soalnya produsen minuman itu mengemas mocktail (jusbuah + softdrink) yang bisa nyala di dalam botol plastik. Kenapa bisa nyala? Itu rahasia yang cuma bisa diketahui setelah kamu beli produknya.

See? Daripada mengejar sensasi yang bisa jadi bumerang, minuman-minuman kekinian di atas bisa nemuin hal kreatif dan beda dari produk-produk lainnya. Menurut kamu, minuman mana yang paling kreatif, unik, dan paling kamu suka? Langsung aja tulis komentar kamu di bawah. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.