Senin, 11 Desember 2017
StudentKampus

6 Kebiasaan Mahasiswa Semester Tua yang Pasti Kamu Liat dan Lakuin pada Waktunya Nanti

©Genmuda.com/2017 TIMLagi ngerjain apa sih, kak? Sini aku bantuin. ©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda- Yang namanya mahasiswa itu punya beberapa fase loh, Kawan Muda! Mahasiswa baru bakalan ngerasain fasenya junior. Terus, naik tingkat jadi mahasiswa setengah tua menengah. Finally, kamu bakal ketemu fase “masa tua” di kampus.

Beda fase, beda juga karakteristik mahasiswanya. Waktu pertama masukkamu bakal sok jaim gitu, ya kan!? Sifat rajin masuk kelas dan ngerjain tugas fase junior itu kemudian berkurang seiring ningkatnya fase kuliah.

Nah, buat kamu yang kepo atau mau review kembali masa-masa tua di kampus, berikut ini adalah kelakuan-kelakuan yang khas banget ditemui para “macan kampus.” Kuy aja lah di bawah ini.

1. Pecinta makanan mama

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Coba deh perhatiin si macan kampus saat jam makan siang. Sebagian besar dari mereka bakalan terlihat menenteng kotak makan siang. Merasa butuh nabung demi skripsi, mereka mendadak berhemat dengan bawa bekel. Penting banget tuh buat mahasiswa yang hobinya laper mata.

2. Mahasiswa teladan dadakan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Akan ada satu titik ketika mahasiswa junior menghadapi hal yang mengejutkan. Apa itu? Yaitu, kehadiran para mahasiswa bangkotan yang biasanya jarang (pake banget) dateng, tiba-tiba jadi rajin. Wadaw! Ngisi daftar hadir dan nampakin wajah di depan dosen seolah jadi tugas utama mereka di semester akhir.

3. Dosen lover

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Hayo, jangan berpikiran ngeres dulu. Kalo di dunia K-Pop ada EXO-L, ARMY, VIP, dan lain-lain, di dunia kampus ada “DosenLovers.” Mereka adalah macan kampus yang ngejar-ngejar dosen demi pencerahan masa depan. Hectic-nya kayak mau nembak gebetan.

Itu semua demi memenuhi kewajiban bimbingan dan sesekali mengabadikan momen bareng dosen yang kini dikejar-kejar kayak idol dengan popularitas ngalahin mbak Bae Suzy. Kalo dosennya masih muda, hati-hati. Nanti ada yang cemburu.

4. Nge-kos? Gass terus

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

“Mau bayar kos bulanan, takut lulusnya lama. Kalo bayar kos tahunan, takut lulusnya cepat.”

Yak, galau kayak gitu tuh yang dirasain macan-macan kampus. Mau gimana lagi. Jadwal dosen pembimbing kan suka ajaib, seajaib tugas-tugas yang beliau berikan ke anak bimbingannya.

Setelah dinyatakan lulus (Alhamdulillah), urusan macan kampus belum selesai, loh. Masih ada kewajiban mempustakakan skripsi, revisi, dan setelah itu juga harus menunggu ijazah (atau surat keterangan lulus) sebelum bisa nyebarin surat lamaran kerja. Paling cepet bisa kurang dari lebih sebulan, tapi yang lebih lama dari itu buanyak bangeeet!

5. Perpus adalah rumah kedua

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Akibat terbantai tumpukan tugas dan tuntutan bikin judul skripsi, mahasiswa semester tua rajin banget stay di perpustakaan. Yang biasanya nongkrong di bawah pohon rindang sambil jajan dan sebats pun bakal mantengin muka mereka ke tumpukan buku yang lebih tebel dari kisah kamu dan mantan.

Bukan itu doang, tas yang biasanya cuma diisi handphone dan notebook kecil bakal terganti sama ransel agak besar buat menampung buku-buku sumber.

6. Tiba-tiba ngikutin berita dan artikel

Baca bikin kita pinter dan kekinian, apalagi bacanya di gadget keren (Sumber: Istimewa)

Selain kabar pacar, berita dan artikel baru juga dipantengin terus kayak pacar kedua. Berita dan artikel yang sejalur sama jurusan kan diharapin banget jadi wahyu dalam bikin judul skripsi. Asal tau aja, ya. Susahnya bikin judul tuh melebihi susahnya cabut dari kelas dosen killer.

Nah, itu dia hal-hal yang biasanya dilakuin mahaswiwa semester akhir. Selama masa-masa semester tua itu, terasa banget yang namanya kuliah. Kadang-kadang emang bikin bete dan kesel sendiri gitu sih, tapi coba nikmatin dan saling support aja sama temen-temen. Fighting!!! (tim)

Comments

comments