Senin, 19 Agustus 2019

Genmuda – Doa serta harapan dari keluarga dan temen-temen kamu menjadi pengantar bagi kamu menuju tahap baru sebagai sepasang suami-istri. Atas inlah yang bikin hari pernikahan adalah hari paling bahagia dalam hidup seseorang.

Kebahagiaan itu pun bakal semakin lengkap dengan kehadiran bridesmaid. Etapi, bridesmaid itu funsinya apa sih? Oke, kalo kamu ngeliat cewek-cewek cantik ‘ngekor’ di belakang mempelai wanita, itu dia yang disebut bridesmaid. Mereka dipercayai buat bantuin mempelai wanita dalam urusan personal. Jangan tanya penulis detail urusannya gimana, karena penulisnya cowok.

Nah, karena alasan itulah peran bridesmaid dipilih dari lingkup keluarga atau temen deket doang. Tapi buat sebagian kids jaman now, peran bridesmaid juga bisa merangkap sebagai orang yang ngebantuin calon mempelai wanita dari sebelum acara nikahan. Walau keliatannya simple, memilih bridesmaid buat pernikahan itu ternyata gak gampang, loh. Milih catering yang pas buat nikahan aja harus tester berkali-kali.

Oleh sebab itu, sekarang Genmuda.com mau kasih tau 6 hal mendasar yang wajib kamu pikirin sebelum memilih temen kamu buat jadi bridesmaid. Dibaca baik-baik biar gak nyesel dan gak ada drama di antara kalian.

1. Jangan kebanyakan

©Genmuda.com/2017 Icha
©Genmuda.com/2017 Icha

Oke, penulis anggap kamu itu orangnya supel dalam pergaulan dan punya banyak ‘squad’ kayak Taylor Swift. Etapi nih, dari sekian banyak temen di dalam squad kamu, bukan berarti kamu harus jadiin mereka semua sebagai bridesmaid di acara nikahan kamu. Inget aja rumus dasar ekonomi, makin banyak orang yang ikutan semakin banyak juga pengeluaran dan drama-drama bridesmaid akan hadir dalam pernikahan kamu.

2. Pilihlah temen yang emang pengen dilibatin dalam pernikahan kamu

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Penting buat dicari tau apakah calon bridesmaid kamu itu emang beneran mau direpotin sama rangkaian acara pernikahan kamu atau gak. Bisa aja doi lebih seneng dateng sebagai tamu undangan yang cuma dateng, makan, terus kasih ucapan selamat di atas pelaminan. Ada kok temen yang kayak gitu.

Tapi, walau mereka gak jadi bridesmaid bukan artinya mereka gak sayang sama kamu, bisa aja doi gak ada waktu atau udah sibuk berkeluarga. Gak usah baper dulu ya, girls. Jadi daripada ngeluarin budget lebih, mendingan kamu pilah-pilih aja dari sekarang. Kalo perlu tanyain aja langsun kayak gini,

“Lo bisa komitmen atau gak jadi bridesmaid, gue?”

3. Kamu jangan egois, libatin juga bridesmaid dalam urusan pemilihan seragam

©Genmuda.com/2017 Liki
©Genmuda.com/2017 Liki

Eve: “Girls, gue udah beliin bahan 2 meter buat kalian bikin dress ya?”

Intan: “Ih, kok main beli aja? Dua meter mana cukup buat dibikin dress. Apalagi kalo ada yang berhijab.”

Eve: “Yaudah sih, mau syukur engga yaudah, gue kasih orang lain!”

Emang ada drama kayak di atas? ADA BANGET! Biar gak kejadian sama kamu, udah seharusnya kamu ngelibatin calon bridesmaid buat nentuin seragam pas hari H. Repot sih udah pasti, tapi dengan begitu minimal gak ada pihak yang ngerasa dirugikan sama keputusan tersebut. Sekali lagi, komunikasi itu penting.

4. Kalo semua udah setuju, sekarang waktunya kamu yang nentuin model seragamnya mau kayak gimana

©Genmuda.com/2017 Liki
©Genmuda.com/2017 Liki

Misalkan bahannya udah didapet, sekarang keputusannya tinggal ada di kamu sekalu pengatin. Mau bikin model seragamnya harus long dress, kebaya kutu baru, atau baju adat yang sesuai sama acara kamu. Sebaliknya kamu yang dipercayakan sebagai bridesmaid tinggal ngikutin aja aturan yang udah disepakati bareng-bareng, dan jangan beride bikin model baju lain. Kan bukan lagi ikuan fashion show. Okesip!

5. Jangan sampe jadi beban di kantong

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Dengan kasih bridesmaid bahan siap jahit, otomatis mereka harus ngeluarin dana untuk ongkos jahit, makeup, hingga hair stylist, supaya bisa sesuai sama konsep pernikahannya. Belum lagi ada acara bridal shower atau bachelorette, tanpa dijelasin panjang lebar kamu pun udah pasti tau kalo semua ritual itu gak murah. Makanya, kamu harus mulai pikirin masalah seperti itu barengan temen-temen kamu. Kalo gak ada yang keberatan, monggo lanjut terus.

6. PENTING! Bridesmaid ada untuk ngebantuin kamu, tapi bukan jadi bawahan kamu

(dok. Everlyn)
(dok. Everlyn)

Kehadiran bridesmaid di pesta pernikahan adalah untuk mensupport kamu. Udah sewajarnya kamu melakukan mereka sebagai bagian keluarga dari acara pernikahan kamu, dan BUKAN sebagai pelayan yang gampang buat kamu suruh-suruh ambil makanan-minuman, atau gulung karpet. Kalo emang kamu butuh orang yang bisa disuruh-suruh, mending sewa aja weeding organizer, gak ribet dan lebih enak buat dikasih perintah.

Intinya, nikmatilah hari berbahagia dalam kamu barengan keluarga dan sahabat kamu. Dan yang perlu diingat, kehadiran bridesmaid itu gak wajib-wajib banget, kok. Kalo emang budget kamu terbatas, alokasiin aja duitnya ke hal-hal yang lebih penting. Gitu, deh kira-kira.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.