Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Memulai suatu percakapan sering kali emang engga mudah. Namun demikian, bukan berarti hal tersebut mustahil buat kamu lakuin, soalnya kuncinya ada di kemampuan kamu buat bersosialisasi, Kawan Muda.

Kamu mungkin pernah (bahkan sering) ngalamin awkward moment di mana kamu pengen banget terlibat dalam sebuah percakapan, tapi kamu engga tau apa yang mau kamu omongin atau takut salah ngomong. Padahal, jauh di dalam lubuk hati kamu yang terdalam, kamu sebetulnya pengen (banget) jadi seorang social butterfly, yang bisa pede ngomong sama siapa aja, kapan aja, dan di mana aja tanpa ragu.

Nah, buat kamu yang saat ini lagi terjebak di situasi semacam itu, kamu engga perlu khawatir lagi, Kawan Muda. Daripada kamu ngumpet atau ngehindarin ngobrol sama orang lain, berikut ini adalah 5 dari sekian banyak tips simpel yang bisa kamu terapin buat ngebantu kamu lancar bersosialisasi:

1. Ajuin pertanyaan mendasar yang sama

via tumblr.com

Kalo kamu ditanya soal kabar atau lagi sibuk apa, pastiin kamu juga balik nanya hal yang sama ke lawan bicara kamu. Dengan begini, kamu engga cuma bakal fokus ke diri dan kisah kamu doang, tapi juga ke doi dan kisahnya. Kalo engga, kamu pun bisa aja nanyain tentang hal yang sebelumnya pernah doi omongin ke kamu, soalnya itu ngisyaratin kalo kamu emang benar-benar ingat sama doi.

2. Tunjukin sikap sopan dan ketertarikan

Engga peduli gimana perlakuan kamu terhadap lawan bicara kamu, dijamin itu bakal tetap nimbulin kesan tersendiri buat doi. Dengan kata lain, yang kamu omongin bisa aja merupakan hal yang benar dan nyata. Tapi, ekspresi wajah atau gerak tubuh kamu mungkin engga sejalan sama omongan kamu, sehingga akhirnya malah nimbulin kesan yang sebaliknya. Oleh karena itu, usahain buat senyum, ngangguk, atau nunjukin isyarat lain yang sesuai di sepanjang percakapan kamu.

3. Lakuin kontak mata sama semua orang

via tumblr.com

Buat kamu yang suka ngerasa awkward, ngomong sama sekelompok orang tentu bisa jadi agak nakutin. Alhasil, kamu jadinya cuma fokus ngelakuin kontak mata sama satu orang doang atau justru engga sama siapapun. Padahal, tujuan dari ngelakuin kontak mata sama semua orang adalah supaya engga nimbulin kesalahpahaman. Bayangin gimana jadinya kalo kamu lagi ngobrol ramean dan orang yang ngomong sama sekali engga pernah ngelihat ke arah kamu. Engga peduli apa alasannya, yang jelas itu pasti bakal bikin kamu ngerasa engga enak dan aneh sendiri.

4. Jangan paksain diri buat isi kekosongan

Lagi asyik ngobrol, eh tiba-tiba semua orang diam seribu bahasa. Walau kamu pengen banget supaya percakapan tersebut terus berlanjut, ada baiknya kamu engga ngebebanin diri kamu dengan berpikir bahwa kamu harus ngisi kekosongan itu. Kalo kayak gitu, nantinya kamu malah bakal ngalor-ngidul dan secara engga langsung ngambil kesempatan orang lain buat bicara. Mending kamu pikirin dulu aja apa yang benar-benar pengen kamu omongin, baru deh abis itu kamu ungkapin kalo udah mantap.

5. Jauhin diri dari hp atau gadget lainnya

via pregnancyadoptionoptions.com

Satu hal yang pasti kalo kamu pengen benar-benar bersosialisasi lewat obrolan secara langsung adalah kamu mau engga mau harus ngelepas hp dan gadget kamu yang lainnya buat sementara waktu. Iya sih kamu mungkin harus ngebalas chat pacar atau ngelihat postingan terbaru idola kamu. Terlepas dari itu, sibuk mainan hp pas orang lain lagi ngomong pada dasarnya tetap aja engga sopan dan engga ngehargain orang tersebut. Kalo emang kamu harus ngecek hp buat urusan yang mendesak banget, ya mending kamu permisi dulu. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer