Jum'at, 20 Juli 2018

Genmuda –  Presentasi udah jadi hal yang wajib banget dikuasain buat mahasiswa atau siapapun yang mau masuk dunia kerja. Pastinya Kawan Muda pernah presentasi dan ngerasa grogi kan? Apalagi kalau presentasiin skripsi dan pengujinya dosen killer. Pas ngeliat dosen duduk di ruang sidang dan siap dengerin presentasi kita aja rasanya kayak dimasukin ke kandang singa. Ngeri abis.

Karena grogi itu manusiawi dan sebuah kepastian yang wajib kamu lewati, ada baiknya kamu harus mulai berani mengatasinya. Tujuannya sih satu, supaya apa yang kamu presetasikan terlihat meyakinkan dan kamu bisa terlihat percaya diri. Biar engga grogi lagi, sekarang Genmuda.com akan kasih tips yang bisa kamu coba. Yuk, intip bareng-bareng:

  1. Dateng 30 menit sebelum presentasi dimulai

Waktu sebelum presentasi itu penting banget. Dengan datang agak lebih lama sebelum presentasi buat mood kamu jadi meningkat dan lebih siap. Tapi perlu di inget, jangan sampai kamu datang pas injury time atau ngepas banget sama waktu presentasi, karena hal itu akan bikin kamu makin deg-degan.

  1. Bayangin kalau kamu presentasinya lancar

Bersikaplah positif. Coba bayangin di kepala kamu bahwa presentasi yang akan dilakuin itu berjalan lancar. Bayangin aja kamu sebagai orang yang percaya diri dan mampu menjawab pertanyaan dari dosen atau penonton dengan mudah. Dari ilmu psikologi olahraga membuktikan bahwa atlet yang membayangkan kesuksesan dapat meraih rasio kemenangan lebih tinggi.

  1. Ingatlah kata-kata pembuka

Awal sebuah presentasi adalah waktu di mana jantung paling kenceng berdetak. Biasanya dengan begitu, kata-kata awal yang mau kita ucapin suka terlewat atau kagok saat ngomong. Sebaiknya kamu hapalin kata-kata pembuka presentasi. Dengan begitu kesan pertama kamu akan terlihat percaya diri dan dapat mengurangi kegugupan.

  1. Tersenyum

Senyum menunjukan bahwa seseorang bahagia dan tenang. Meski ada fake smile juga sih. Tapi senyum ternyata bisa membuat tubuh jadi rileks dan membuat otot wajah jadi lebih tenang. Sebelum memulai presentasi senyum simpul aja untuk menunjukan bahwa kalian rileks dan gak grogi. Selain itu kalian juga menurunkan situasi agar tidak begitu tegang.

  1. Ubah grogi jadi semangat

Kedengerannya aneh ya? Emangnya bisa ngubah grogi jadi semangat? Nyatanya, dengan mendengarkan lagu yang mempunyai beat cepat seperti lagu hip-hop, bisa membuat kamu jadi lebih antusias dan enerjik dalam melakukan sesuatu. Makanya banyak atlet yang sebelum bertanding dengerin lagu upbeat. Dengan mendengarkan lagu-lagu tempo cepat tersebut ternyata bisa membuat kita jadi semangat dan percaya diri untuk presentasi.

Well, kalo udah baca 5 fakta di atas, kayaknya udah engga ada alasan kamu masih grogi pas presentasi nanti ya? Jadi selamat mencoba. Dan sukses buat presentasinya kamu!

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.