Kamis, 12 Desember 2019

Genmuda – Tahun baru udah berjalan hampir satu bulan. Apa kabar resolusi tahun ini? Masih semangat atau udah mulai pesimis nih Kawan Muda?

Bukan maksud Genmuda.com ngasih kamu suntikan rasa putus asa gengs, faktanya nih kalo data yang dimiliki Forbes bilang bahwa orang yang berhasil ngewujudin resolusi tahun baru itu gak lebih dari angka 8 persen.

Oleh sebab itu seenggaknya kamu perlu tahap perencanaan yang matang dan realistis supaya resolusi tahun baru kamu gak sebatas angan-angan doang. Kali ini ada beberapa tips kece yang dibagiin para entrepreneur untuk mewujudkan resolusi tahun baru kamu. Gak usah kelamaan, yuk baca kiat-kiatnya di bawah!

“Tanya kenapa kamu harus ngeraih resolusi tersebut”

Tahun ini misalnya Kawan Muda pengen traveling keliling Indonesia, nurunin berat badan, menikah, punya rumah sendiri, lulus kuliah, dan lain-lain. Tapi kamu sendiri pernah bertanya gak alasan kenapa kamu pengen punya resolusi tersebut?

Menurut tips dari Jane Wurwand, pendiri perusahaan kecantikan Dermatologica, penting buat setiap orang mencatat apa yang mau dilakukan di tahun ini, dengan siapa ngelakuinnya, dan yang paling penting kenapa kita mau melakukannya.

“Tulis bagaimana Anda akan melakukan dan manfaatkan (resolusi) tersebut, lalu kenapa hal itu penting bagi Anda. Setelah itu, ‘bagaimana’ cara Anda akan mewujudkannya akan menjadi lebih jelas. Ini semua tentang Mengapa.” kata Jane.

Tulis semua daftar resolusi kamu dengan rinci

Dari sekian banyak resolusi kamu di tahun ini, pastiin untuk menulisnya secara lengkap dengan skala prioritas utama. Cara ini sangat berguna supaya kamu tetep fokus pada rencana di tahun ini. Inget tulisnya di noted gede atau buku catatan. Jangan dari layar smartphone biar kamu gak gampang lupa.

“Saya sangat percaya akan menulis daftar perkerjaan, dengan cara itu akan muncul kekuatan tertentu untuk mantap dan mencapai tujuan kita, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Hal-hal kecil seperti itu sangat baik dan penting untuk menyesuaikan diri dengan tahun ini. ” kata Anine Bing, model sekaligus pendiri brand pakaian Anine Bing.

Rajin bangun pagi supaya lebih produktif

via Istimewa

Pagi hari jadi waktu paling tepat buat kamu merefresh segala target resolusi tahun ini. Selain kinerja otak masih seger, mengingat-ingat target resolusi tahun ini emang lebih baik dilakukan saat pagi hari. Tips tersebut juga diberikan oleh Shivani Sirova, CEO dan pendiri aplikasi keuangan Tala.

“Gunakan waktu pagi hari Anda lebih produktif. Sebelum banyaknya pekerjaan di siang hari, manfaatkan waktu pagi Anda untuk berpikir ulang lalu berusaha menuntaskan satu pekerjaan penting. Dengan begitu banyak hal kecil yang harus Anda urus, cara ini akan membantu Anda lebih produktif dan mengingatkan hal mana yang menjadi prioritas.” jelas Sirova.

Jangan gengsi untuk meminta bantuan orang lain

Percaya deh, bahwa tidak semua resolusi kamu harus dikerjain seorang diri. Kamu pasti perlu bantuan dari orang lain untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, buat Kenesha Sneed, Art Director & Pendiri situs kerajinan tangan Tactile Matter menekankan jangan pernah gengsi meminta bantuan orang lain.

“Jangan pernah malu ketika meminta bantuan. Pusatkan dirimu di sekitar orang-orang yang sama-sama memperjuangkan kesuksesanmu dan membuatmu bertanggung jawab atas kesalahanmu, itu benar-benar salah satu cara terbaik untuk tetap fokus dan mendorongmu untuk terus naik level.” katanya.

Buat aksi konkret, gak usah muluk-muluk

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kalo udah ngerti dengan tips sebelumnya sekarang waktunya kamu untuk banyak berbuat dan kurangi bicara. Kalo kata Magdalena Kokoszynska, Kepala Desainer Kreatif di Chevrolet, untuk mewujudkan resolusi itu gak butuh visi yang muluk-muluk, melainkan cara kecil untuk mencapai tujuan tersebut.

“Ini gak cuma membutuhkan dorongan, tetapi juga harus disiplin pada diri sendiri. Jadi fokuslah pada tujuan akhir, selesaikan segala kewajiban Anda dengan dedikasi dan hasil terbaik. Karena pada saat itulah Anda benar-benar akan menjalani kehidupan yang Anda inginkan. ” pungkasnya. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.