Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Sehat itu mahal harganya. Karena itulah kenapa kuliah di fakultas kedokteran mahal biayanya. Nah, hidup sehat pasti jadi impian semua orang, kalo kamu ditanya mau sakit, pasti gak ada yang mau kan?

Banyak faktor lahirnya penyakit dalam tubuh kita. Satu di antara penyebabnya adalah gaya hidup sehari-hari. Belum lagi di iklim pancaroba seperti sekarang, banyak banget kan penyakit musiman kayak radang, flu, deman, sampe batuk.

Sebelum penyakit nyerang kamu, pastinya harus ada pencengahan biar gak gampang sakit. Mulai dari menjaga gaya hidup sehat, olahraga rutin, sampe minum vitamin kalo dibutuhin. Tapi nih di balik sebab dan pencegahan yang udah klise seperti tadi, ternyata banyak faktor eksternal yang bisa mempengaruhi kesehatan kamu tanpa kamu sadarin. Ada apa aja? Berikut tanda-tandanya gaes!

 

1. Stres

Stres jadi ‘penyakit dalam’ yang kasat mata dan paling sering dialamin sama orang-orang di abad milenium. Maksudnya, bisa aja secara fisik kamu sehat-sehat aja, namun kalo orang itu lagi stres atau banyak pikiran pasti susah banget keliatan.

Secara umum, stres jadi pemicu lahirnya penyakit mematikan lainnya, mulai dari jantung, kanker, sampai stroke. Jadi meski kamu masih muda gak nutup kemungkinan bisa ngalamin stres berkepanjangan. Kuncinya banyak-banyak sharing dan bahagia ya.

2. Tidur gak nyenyak

So far kamu gak pernah insomnia? Gak pernah salah bantal juga? Tapi meski tidur kamu teratur, belum tentu kamu sehat loh! Sebuah penelitian dari IFL ngebuktiin kalo banyak faktor yang buat tidur kita gak berkualitas dan gak nyenyak, mulai dari pengaruh makanan-minuman, gadget, dll.

Tapi nih, ternyata syarat supaya tidur nyenyak sih sebenarnya sederhana aja gaes, pertama jangan pernah minum kopi atau alkohol sebelum tidur, kedua jangan nonton tv atau main gadget sejam sebelum tidur, dan terakhir baca doa biar gak mimpi buruk.

3. Lingkungan kamu tercemar

Apa maksudnya? Tenang ini gak bahasa soal Green Peace atau semacamnya. Lingkungan yang Genmuda.com maksud adalah rumah atau tempat aktivitas kamu setiap hari. Lebih lanjut, tercemar di sini gak cuma soal kebersihan, tapi juga polusi suara dan udara.

FYI, banyak penyakit yang justru lahir dari lingkungan kita sehari, mulai dari kamar tidur, kamar mandi, sampai meja kantor. Jadi usahain minimal seminggu sekali buat ngebersihin itu semua.

4. Kamu suka minum obat atau suplemen

Tanpa kamu sadarin nih, minum suplemen atau vitamin secara rutin tenyata punya efek samping buat jangka panjang. Artinya, selama kamu sering mengonsumsinya, bisa jadi bakalan menumpuk penyakit dalam diri kamu, atau bisa merusak organ dalam tubuh. *amit-amit ya.

5. Hobi Sebats Dulu

Tanpa dijelasin kamu pasti tahu kalo rokok bisa ngerusak tubuh kamu, dan orang di sekitar kamu. Jadi sayangin badan sediri dulu deh, sebelum kamu sayang sama orang lain. *ceilah…

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.