Selasa, 22 Oktober 2019

Genmuda – Awal bulan Agustus lalu Samsung baru aja memperkenalkan dua smartphone anyar mereka yakni Samsung Galaxy Note10 dan Galaxy Note10+. Masuk dalam lineup smartphone flagship keduanya punya performa yang cocok banget buat Powerful Generation, mulai dari anak kuliah sampai orang kantoran.

Meski di atas kertas smartphone kakak adik ini gak jauh berbeda, tapi lo harus tau beberapa pertimbangan penting dari keduanya biar sesuai sama kebutuhan lo. Nggak usah kelamaan, langsung simak ulasan di bawah ini!

Desain

©Samsung/2019

Kalo dibandingkan dengan Galaxy Note10 jelas tampilan Galaxy Note10+ terlihat lebih gede sedikit. Galaxy Note10 punya layar 6,3 inci sedangkan Galaxy Note10+ punya layar 6,8 inci.

Galaxy Note10 punya resolusi maksimal 2280 x 1080 pixel, sedangkan sang kakak punya bentang 3040 x 1440 pixel. Tapi nih, keduanya sama-sama pakai layar AMOLED lengkap sama aksen ‘punch hole’ di tengah layar sebagai tempat kamera selfie, persis seperti tampilan Galaxy S10.

Tentunya jika keduanya lo sandingkan perbedaannya nyaris sama. Namun, buat tipikal pengguna ‘mobile’ Genmuda.com lebih menyarankan lo memilih Galaxy Note10 lantaran ukurannya masih nyaman buat dikantongin. Sebaliknya Galaxy Note10+ akan lebih nyaman kalo buat lo taro di dalam tas kecil atau dompet.

Kamera

©Samsung/2019

Apabila pekerjaan lo membutuhkan dukungan kamera smartphone setara kamera DSLR/Mirrorless dua perangkat ini bisa banget buat diandalkan.

Galaxy Note10 punya tiga kamera di bagian belakang dengan resolusi masing-masing 16MP (Ultra Wide), 12MP (Wide-Angle) dan 12 MP (telephoto). Sedangkan Galaxy Note10+ punya satu lagi kamera tambahan yaitu DepthVision Camera yang berguna buat pemindaian objek secara 3D, mengatur jarak atau depth, dan berfungsi banget untuk membuat efek bokeh atau bagian latar belakang menjadi blur ketika mengambil video bokeh, gengs.

Buat lo yang suka bikin konten video juga masih masuk banget, loh. Fitur andalan kayak zoom-in mic untuk yaitu kalau lo melakukan perbesaran gambar ketika merekam video, maka suara dari obyek yang ada di dalam frame akan ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat terdengar lebih jelas. Selain itu bisa bikin video bokeh, bisa bikin AR doodle video biar lebih artsy, bahkan fitur easy editing akan makin mempermudah lo untuk bikin konten video.

Pindah ke kamera selfie, keduanya sama-sama menggunakan kamera 10MP auto focus. Hasil foto? Jelas gak ngecewain lo, deh.

Lebih lanjut perbedaan kamera pada kedua smartphone mungkin gak terlalu signifikan buat sebagian Kawan Muda. Tapi kalo lo punya passion sama fotografi atau gila bikin konten sosial media, Genmuda.com menyarankan lo buat sikat Galaxy Note10+. Sekali lagi ya, perbedaan mungkin 11-12 lah dengan Galaxy Note10.

Baterai

©Samsung/2019

Nah, khusus lo yang butuh baterai ‘badak’ pilihan tepat ada pada Galaxy Note10+ karena punya kapasitas baterai 4.300 mAh. Untuk Galaxy Note10 pun hanya disokong sama baterai berkapasitas 3.500 mAh.

Catatan yang gak kalah penting nih, kedua perangkat udah sama-sama dilengkapi dengan teknologi fast charging. Jadi, lo gak bakal mati gaya deh, gengs.

Performa

©Samsung/2019

Otak kedua smartphone dibekali oleh Prosesor Snapdragon 855 untuk memenuhi kebutuhan multimedia anak milenial. Bedanya, cuma ada pada segi RAM dan ROM yang ditawarkan buat konsumen.

Di Indonesia Galaxy Note10 punya RAM 8GB dengan memori 256 GB dan gak tersedia slot micro SD untuk memori tambahan. Sedangkan untuk Galaxy Note10+ punya RAM 12 GB dengan dua pilihan ROM, yaitu 256 GB dan 512 GB, lengkap dengan slot micro SD.

Tentunya kalo lo mencari kapasitas memori yang lebih besar dan performa lebih gahar Galaxy Note10+ menjadi pilihan yang sesuai, sedangkan kalau lo ngerasa RAM 8GB dengan memori 256GB udah cukup buat kebutuhan sehari-hari, maka Galaxy Note10 juga udah pas kok.

Samsung Dex dan S Pen

©Samsung/2019

Siapa yang tidak tahu bahwa Samsung Galaxy Note series selalu lekat dengan S Pen. Pada Galaxy Note10|10+ ini, S Pen memiliki tambahan fitur baru. Antara lain, menawarkan konektivitas Bluetooth pada S-Pen dan juga pengendali gerak 6-axis.

S-Pen pada seri Note ini juga bisa mengubah tulisan menjadi teks. Juga, dapat membantu lo untuk meng-kreasikan video dengan fitur AR Doodle. Dengan S Pen ini, lo juga bisa mengendalikan perangkat tanpa menyentuh layar. Selain itu, kehebatan lainnya adalah lo bisa mengubah tulisan yang dibuat dari S-Pen menjadi teks.

Untuk urusan kampus atau kantor, jangan khawatir, pada Samsung Galaxy Note10|10+ terdapat fitur Samsung Dex juga ikut mempermudah tampilan kerja di PC/laptop untuk mengirim file atau data dari atau ke Samsung Galaxy Note10|10+.

Target kebutuhan

©Samsung/2019

Dari penjelasan di atas, lo wajar kalo smartphone premium ini sangat worth it untuk memenuhi gaya hidup milenial yang dinamis dan serba cepat. Untuk mendukung aktivitas lo, kedua perangkat ini juga dilengkapi sama stylus bluetooth yang berguna dalam pengoperasian smartphone secara lebih praktis dan kasual.

Walau masing-masing punya plus-minus semua kembali lagi sama kebutuhan lo, ya. Kalo dirasa Galaxy Note10 masih kurang oke, silakan beralih ke Galaxy Note10+.

Galaxy Note10 dijual di Indonesia dengan harga Rp 14 juta dengan dua pilihan warna Aura Glow dan Aura Black. Sedangkan untuk Galaxy Note10+ varian 256GB dijual seharga Rp 16,5 juta dan varian 512GB seharga Rp 19 juta dengan satu tambahan warna dari Galaxy Note10, yaitu Aura White. Beli Samsung Galaxy Note10 atau Beli Samsung Galaxy Note10+.

Kawan Muda tertarik boyong yang mana, nih? (adv)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.