Sabtu, 19 Januari 2019

Genmuda – Dipecatnya pelatih Manchester United, Jose Mourinho, Selasa (18/12) bukan jadi hal yang mengejutkan lantaran dirinya cuma gak bisa mendongkrak penampilan Setan Merah musim ini. Bahkan setelah kalah telak 3-1 atas Liverpool, MU kini tertinggal 11 poin dari Arsenal yang bersaing dalam posisi lima besar.

Catatan buruk itu lantas membuat manajemen tim langsung bertindak cepat untuk menendang The Sacked Special One dari Old Trafford. MU dikabarkan akan menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer interim hingga akhir musim.

Sementara itu sejumlah nama pelatih dikabarkan tengah masuk dalam daftar calon pelatih MU selanjutnya, termasuk 5 pelatih top eropa yang sedang nganggur di bawah ini:

1. Antonio Conte

via: Sky Sport
(Sumber: Sky Sport)

Setelah dipecat oleh Chelsea menjelang awal musim 2018/2019, karir kepelatihan Conte masih jadi misteri. Pelatih 49 tahun ini sering dikaitkan akan kembali melatih tim Italia namun sampai sekarang belum ada tim Seria A yang serius akan meminangnya.

Alasan kenapa Conte bisa masuk dalam daftar pelatih MU gak lepas dari track recordnya melatih Juventus dan Chelsea yang selalu mendatangkan gelar pada debutnya. Jadi kalo Setan Merah emang ngebet banget menangin gelar Liga Primer gak ada salahnya mencoba peruntungan sama Om Conte.

2. Laurent Blanc

via: Reuters
(Sumber: Reuters)

Pemain sekaligus mantan pelatih timnas Perancis, Laurent Blanc, juga masih jadi pengangguran sampai sekarang. Setelah menjadi pelatih PSG dari musim 2013-2016, ia berhasil meraih kesuksesan besar di sana dengan meraih 12 trofi domestik selama tiga musim.

Namun gara-gara Les Parisiens selalu gagal di Liga Champions, Blanc harus dipecat pada tahun 2016. Sejak saat itu, Blanc masih belum kembali melatih meski sempat dikaitkan dengan sejumlah klub papan atas Eropa seperti Arsenal dan Real Madrid. Jika melihat Blanc juga pernah bermain untuk MU gak menutup kemungkinan hal itu bakal jadi pertimbangannya buat melatih lagi. (KALO DITAWARI MU YA!).

3. Arsene Wenger

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

What? Kemungkinan Wenger melatih Red Devils di musim depan kayaknya emang kecil, tapi bukan berarti gak mungkin sama sekali ya. Rival Sir Alex ini emang masih belum mau pensiun sebagai pelatih setelah mundur dari Arsenal musim lalu.

Sejauh ini nama Wenger sering dikaitkan dengan Bayern Munchen, tapi bakalan jadi plot twist banget nih kalo ia malah menjadi manajer baru di Old Trafford. Terlepas dari rivalitas Arsenal dan United, hubungan Wenger dengan Sir Alex di luar lapangan juga baik-baik aja kan. Then, why not?

4. Zinedine Zidane

via Istimewa
ZIdane, pelatih Madrid, ngegendong Piala Liga Champions. (Sumber: Istimewa).

Zizou sukses menjadikan Real Madrid meraih tiga gelar Liga Champions secara beruntun. Selama kepemimpinannya Los Blancos memenangkan sembilan trofi selama dua setengah tahun. Satu-satunya trofi yang lepas adalah Copa del Rey.

Meski sejumlah pihak bilang Zidane cuma bisa melatih tim yang udah jadi, namun faktanya penampilan Real Madrid setelah ditinggalkan olehnya malah melempem. Gaya bermain menyerang dan fokus pada pengembangan pemain muda jebolan akademi jadi salah satu pertimbangan pria berusia 46 tahun itu layak menggantikan Jose Mourinho di Old Trafford.

5. Leonardo Jardim

via: Futaa
(Sumber: Getty Images)

Bersama AS Monaco di musim 2016/2017 Jardim berhasil meruntuhkan dominasi PSG di League 1. Bahkan tim Prancis itu berhasil melibas Manchester City dan lolos hingga babak semi-final Liga Champions di musim yang sama.

Sayang di musim selanjutnya Jardim gak bisa berbuat banyak lantaran banyak pemain andalannya dijual oleh pihak klub. Kalo dilihat dari cara pengembangan pemain muda dengan modal gak terlalu gede nampaknya Jardim cocok untuk dikasih kesempatan melatih MU.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.