Selasa, 16 Juli 2019

Genmuda – Waktu kita kecil saat ditanya cita-citanya mau jadi apa pasti jawabannya seragam. Ada yang mau jadi dokter, pilot, polisi, insinyur, pengusaha, atau malah presiden. Begitu lulus kuliah dan mulai cari kerja, kadang-kadang masih suka bingung kan mau kerja cepat atau kerja yang sesuai sama bidang keilmuan yang kamu tekunin.

Mulai dari mikirin kebutuhan hidup, peluang berkarir di perusahaan gede, atau gaji yang lebih baik, jadi pertimbangan dasar kita memilih pekerjaan yang tepat. Jadi gak heran kalo pekerjaan populer di Indonesia gak jauh-jauh dari dokter, pilot, pengusaha, atau mungkin PNS.

Namun demikian beda negara, beda juga pekerjaan favorit masyarakatnya. Kali ini Genmuda.com bakal kasih tau kamu 10 profesi yang dirasa kurang keren di Indonesia, tapi malah jadi profesi menjanjikan dan punya level kekerenan yang paling hakiki. Mau tau apa aja? Nih, simak ulasannya di bawah!

1. Pemadam kebakaran

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Buat anak-anak di Eropa dan Amerika Serikat profesi pemadam kebakaran mungkin punya profesi paling keren bagi mereka. Rata-rata gaji yang pemadam kebakaran dapatkan sekita 46 ribu dollar AS per tahun, namun nilai segitu emang sepadan sama risiko pekerjaan dan keselamatan mereka saat bertugas.

2. Profesional media sosial

(Sumber: MNT)

Jadi admin atau pengamat media sosial mungkin kurang terasa keren buat sebagian anak muda Indonesia. Selain kerjaannya cuma mantengin lini masa dan mengamati tren di dunia maya, jenjang karirnya pun terasa mentok gitu doang. Eits, tapi di Amerika Serikat rata-rata penghasilan seorang profesional media sosial mencapai 72 ribu dollar AS per tahun. Besarnya kebutuhan akan dunia digital menjadikan pekerjaan ini sangat eksklusif dan hanya digeluti oleh segelintir orang.

3. Game Tester

playing game
(Sumber: BBC)

Kalo pekerjaan satu ini mungkin kurang familiar di Indonesia, kalo pun ada pasti sekedar divisi dalam satu kantor developer game. Di Jepang atau Amerika Serikat, profesi game tester punya gaji mencapai 75 ribu dollar AS per tahun. Walau kayaknya enak, pekerjaan ini gak cuma harus menuntut kamu harus jago main video game, tapi juga mengamati tren pasar, tipe permainan yang dibutuhkan pemain, dan masih banyak lagi. Karena dengan bantuan game teaser inilah pihak developer mendapatkan banyak masukan sebelum gamenya dirilis untuk umum. Jadi wajar kan kalo pekerjaan ini dihargai dengan tinggi.

4. Operator Pembangkit Tenaga Listrik

 

Jangankan jadi operator PTL, jadi penjaga pintu air rasanya kurang menjanjikan di negara ber-flower. Beda lagi dengan Amerika Serikat. Jadi kewajiban utama seorang operator pembangkit tenaga listrik di sana adalah mengendalikan peralatan, grafik, meter, dan alat pengukur, serta pemantauan arus listrik dan voltase. Kayaknya gak kelihatan kerja ya? Yup, karena semua itu dikendalikan dari satu tempat tertentu. Rata-rata penghasilan mereka per tahun adalah 70 ribu dollar AS.

5. Tukang Peluk

(Sumber: Shutterstock)

Engga, ini gak lagi becanda kok. Dalam satu dekade terakhir profesi tukang peluk di Amerika Serikat tercatat sebagai profesi yang paling menggiurkan bagi kaum hawa. Walau terkesan receh, tapi seorang pemeluk profesional diwajibkan memuaskan kliennya secara emosial. Mereka juga mendapat pelatihan khusus sebelum menjadi pemeluk profesional. Rata-rata pengahasilan mereka adalah 110 ribu dollar AS. Keren kan!

Comments

comments