Rabu, 13 November 2019

Genmuda – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kayaknya engga pernah kehabisan ide-ide gokil nih, Kawan Muda. Baru-baru ini aja misalnya, beliau kedapatan nebeng motor pengawalnya demi ngehindarin macet.

Kemarin, Rabu (1/6), Bu Susi dijadwalin buat hadir dan ngasih sambutan di acara pesta ulang tahun Ratu Elizabeth yang ke-90. Berhubung udah diburu waktu, beliau akhirnya mutusin buat engga naik mobil, melainkan naik motor polisi menuju ke lokasi acara di Hotel Shangri-La.

“Kalau engga naik motor, engga keburu nanti,” kata beliau seusai konferensi pers penanganan kasus pemberantasan penangkapan ikan ilegal di kediamannya yang terletak di kawasan Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Tempo.co.

(Sumber: manado.tribunnews.com)

Well, Bu Susi selama ini memang dikenal sebagai sosok menteri yang nyentrik dan antimainstream. Beliau pun sebelumnya udah pernah kedapatan naik motor saat sedang blusukan di Kalimantan. Bahkan, saat itu beliau engga dibonceng alias beliau sendirilah yang ngendarain motornya.

Namun demikian, di tengah maraknya pejabat yang gengsian dan ngotot pengen pakai mobil dinas super mewah, ada pula sejumlah pejabat lainnya di samping Bu Susi yang sama-sama engga malu buat ke mana-mana naik motor. Berikut ini adalah 5 contoh di antaranya:

1. Djarot Syaiful Hidayat

(Sumber: kompas.com)

Seiring dengan tingginya mobilitas beliau, Wakil Gubernur DKI Jakarta ini akhirnya lebih memilih buat blusukan dengan naik motor. Beliau bahkan nolak mobil dinas Toyota Land Cruiser yang berhak diterimanya dan minta Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) supaya nyediain lima motor dinas buat dipakai blusukan ke kampung-kampung. Beliau menilai bahwa blusukan dengan motor lebih efisien dan engga begitu ngabisin waktu di tengah kemacetan jalanan Ibu Kota.

2. Tri Rismaharini

(Sumber: suryamalang.tribunnews.com)

Engga jauh beda dari Bu Susi, sosok pejabat wanita yang satu ini juga engga kalah kontroversial. Saat sidak sungai di Jalan Krukah Timur di bulan Maret tahun lalu misalnya, Wali Kota Surabaya ini datang dengan diboncengin motor oleh stafnya. Kedatangannya itu pun langsung ngundang kerumunan warga sekaligus ngejutin para petugas Perusahaan Gas Negara (PGN) yang saat itu lagi ngegelar fogging di wilayah Bratang Binangun.

3. Yopi Arianto

(Sumber: pekanbaru.tribunnews.com)

Bupati Indragiri Hulu ini beberapa tahun yang lalu sempat touring dengan motor trail bareng sejumlah pejabat setempat. Beliau kabarnya berkeliling buat nemuin warga dan berkunjung ke Camp Granit, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT), Kecamatan Batang Gangsal. Total ada hampir 100 motor yang ikut terlibat dalam touring beliau tersebut.

4. Nur Mahmudi Ismail

(Sumber: depoknews.id)

Saat masih menjabat sebagai Wali Kota Depok, sosok ilmuwan pangan dan politikus ini sempat ngegunain sepeda motor buat berangkat ke kantornya. Hal tersebut beliau lakuin sebagai perwujudan atas program hemat energi ‘One Day No Car’ yang berlangsung setiap hari Selasa. Beliau ngungkapin bahwa dirinya engga masalah naik motor karena sebelumnya memang udah terbiasa.

5. Yanis Varoufakis

(Sumber: ukiphillingdon.com)

Beralih ke negara lain, ada mantan Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis yang juga suka ngendarain motor dalam aktifitas sehari-harinya. Hobi beliau buat naik motor bahkan engga hilang saat dirinya dan pemimpin Yunani ngegelar negosiasi buat ngebuka blokir dana bailout. Dalam sebuah pertemuan pemerintah dengan Perdana Menteri Alexis Tsipras, beliau pun tiba di Maximos Mansion, Anthena cuma dengan sepeda motor. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer