Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Mobil-mobil fiktif macam Batmobile, DeLorean, Herbie, atau James Bond’s Aston Martin pastinya udah jadi ikon film yang susah dilupain. Demi terciptanya mobil fiktif seperti itu banyak perusahaan mobil di dunia berlomba-lomba membuat teknologi yang paling hi-tech.

Melalui teknologi yang dimiliki, tiap perusahaan pun membangun mobil ‘futuristik’ dengan spesifikasi beragam bidang. Singkatnya ada plus-minusnya masing-masing deh Kawan Muda. Ada yang tahan banting, desain modern, hingga yang ramah lingkungan. Intinya sih kembali kepad kebutuhan kamu aja guys.

Bukan cuma suami atau istri idaman doang, sekarang Genmuda.com bakalan merangkum semua mobil idaman yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. (Sesuaikan juga sama kantong kamu mulai dari sekarang).

1. Mobil paling ramah lingkungan

Toyota Mirai (Sumber: insideevs.com)

Solusi mobil ramah lingkungan yang diminati dewan juri World Car Awards (WCA) bukanlah mobil irit bahan bakar atau mobil listrik yang lagi rahmah digembar-gemborin di Indoneisa. Forbes, Maret lalu ngelaporin kalo mobil berbahan bakar Hidrogen lah yang menjadi mobil paling ramah lingkungan versi WCA.

Teknologi tersebut dimiliki oleh Toyota Mirai. Melalui teknologi mutakhir, mobil tersebut engga lagi ngeluarin zat polutan yang menganggu buat lingkungan. Emangnya apa dikeluarkan dari knalpot Toyota Mirai? Jawabannya adalah air. Bingung kan lo? Sayangnya, bahan bakar mobil ini cuma bisa diisi di stasiun pengisian khusus di California, Amerika Serikat.

2. Mobil paling futuristik

Tesla Model X (Sumber: Tesla.com)

Tesla Motors punya ide lain dari Mirai. Tetep dengan cita-cita mobil ramah lingkungan, perusahaan mobil AS itu menggunakan teknologi radar dan sonar buat mendeteksi benturan di Tesla Model X. FYI, teknologi itu biasanya dipakai di kapal selam militer loh.

Bukan cuma itu. Mobil SUV ini juga punya teknologi pengereman otomatis terutama dalam keadaan darurat. Di seri Model S dan Model 3, Tesla juga masang teknologi autopilot alias teknologi mengemudi sendiri yang biasanya digunakan untuk pesawat terbang.

3. Mobil paling tahan banting

Obama lagi keluar dari Cadillac One. Liat, gaes. Pintunya aja setebel itu. (Sumber: Istimewa)

Satu-satunya mobil tahan banting yang sekuat Batmobile cuma ada di Cadillac One. Mobil itu dipasangi jendela anti peluru, ban anti bocor, serta interior kedap zat-zat kimia berbahaya. Selain itu, mobil ini juga tahan ledakan dan dilengkapi tangki oksigen di dalamnya.

Saat ini, Cadillac One merupakan mobil resmi Kepresidenan Amerika Serikat dan yang biasa dipakai Barrack Obama ke mana-mana. Dari segi keamanan, mobil ini sama sekali engga punya lobang kunci dan cuma bisa dibuka dengan sandi. Kode sandinya pun cuma dipegang sama Secret Service pilihan. Jadi engga boleh dikasih sama sembarang orang.

4. Mobil paling epik desainnya

Mazda MX-5 Miata. (Sumber: Autommobilemag.com)

Sementara itu, mobil yang dinobatin World Car of The Year jatuh ke Mazda MX-5 Miata Roadster. Kata dewan juri, mobil ini jauh lebih kecil dari mobil sporty di kelasnya. Namun begitu, interiornya tetap lebih luas dan tarikan mobil jauh lebih ringan dengan teknologi irit bakar bakar.

Dari segi desain mobil ini menggabungkan konsep retro dengan sentuhan modern. Mazda MX-5 Miata juga semakin gahar kalo atapnya lagi dibuka. Jadi engga heran kan kalo mobil ini dinobatin juga sebagai World Car Design of The Year. Keren!

5. Mobil dengan performa terbaik

Audi R8-Coupe. (Sumber: Wikimedia Commons)

Kamu yang suka kebut-kebutan kayak cabe-cabean Vin Diesel bakal suka dengan Audi R8. Mesin berkatup 10 (V10 Engine) mobil ini dilengkapi transmisi hingga 7 gigi. Artinya, mobil tersebut punya satu gigi tambahan yang bikin kamu melaju makin cepat dari biasanya.

Selain itu, Audi R 8 juga dilengkapi sistem 4-wheel drive sehingga tarikannya makin oke bahkan di tanjakan sekalipun. Kalo kata dewan juri World Car Award, mobil ini cocok banget dikasih label ‘Super Car’ tahun 2016. Sorry ya Mercedes dan BMW.

Tapi kalo kelima mobil pilihan di atas masih kurang bikin kamu puas, jangan sedih. Pasalnya perusahaan-perusahaan otomotif lainnya juga tengah ngembangin mobil terbang. Well, kita tinggal tunggu aja tanggal mainnya. Menurut kamu mobil mana nih yang paling keren? Kasih komentar aja di bawah nanti kita godain. He-he. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.