Sabtu, 19 Januari 2019

Genmuda – Banyak cara dilakuin sama orang supaya bisa dapetin tubuh sehat dan berat badan ideal salah satunya dengan diet ketat dan sehat. Dari mulai diet mayo, diet vegan, diet karbo, sampe diet-diet lainnya.

Tapi dari sekian banyak cara dan metode diet, Kawan Muda tau gak kalo gak semuanya bisa menurunkan berat badan kamu. Malah 5 mitos diet di bawah ini justru malah akan menambah berat badan kamu.

1. Makan malam di atas jam 7

Di antara Kawan Muda pasti pernah denger kalo makan malam di atas jam 7 tuh jadi pantangan, padahal menurut studi dari Northwestern University, AS, hal yang bikin berat badan seseorang naik itu bukan karena waktu makannya, melainkan jumlah kalorinya yang dikonsumsi. Jadi yang penting itu membakar jumlah kalorinya gengs, bukan jam malamnya.

2. Porsi makan lebih sedikit

Ini masih jadi pro-kontra dalam urusan diet, makanya banyak orang yang membatasi porsi makan mereka. Namun sebuah jurnal dari badan kesehatan AS tahun 2017, menyebutkan kalo makan sedikit justru malah membuat seseorang lebih sering makan dan ngemil. Hasilnya berat badan mereka gak jauh berbeda sama orang yang makan tiga hari sekali dengan porsi normal. Peneliti jurnal tersebut justru menyarankan kita berpuasa ketimbang mengurangi porsi makan.

3. Banyakin olahraga

Emang bener kalo olahraga bisa menurunkan berat badan. Tapi durasinya juga harus tepat. Idealnya kamu cuma perlu waktu sekitar 15 menit ketimbang harus berjam-jam olahraga di gym. Caranya juga gak ribet, kamu bisa pemanasan dulu 5 menit kemudian plank, push-up, atau sit-up.

4. Usia 25 ke atas susah nurunin berat badan

Ada mitos yang bilang kalo udah umur 25 ke atas atau udah menikah berat badan jadi ikut bertambah dan susah buat diturunin. Meski udah lewat masa pertumbuhan, tapi yang namanya berat badan masih bisa diatur sampai umur 50 tahun. Kuncinya cuma bisa diatasi dengan rutin olahraga. Mau badan six-pack kan gak bisa instan, bosque.

5. Buat nurunin berat badan kamu harus menahan lapar

Diet dengan cara ini malah bisa nambahin angka timbangan kamu karena gak punya efek untuk jangka panjang. Nahan lapar cuma bikin nafsu makan kamu lebih besar dan akan membuat kamu mengonsumi makanan dalam porsi lebih banyak. Gak cuma itu, menahan lapar juga berisiko bikin tubuh kamu kekurangan nutrisi dan energi saat beraktivitas. Salah-salah, kurus engga sakit malah iya.

Jadi jangan sampai terjebak sama mitos di atas ya. Selamat nurunin berat badan! (sds)

Comments

comments