Rabu, 22 Januari 2020

Genmuda – Hampir 50 persen tubuh manusia berisi air. Itu juga yang jadi satu alasan kenapa Kawan Muda diwajibkan minum air putih alias mineral 8 gelas atau sekitar 2 liter setiap hari.

Genmuda.com paham banget bahwa anjuran minum air putih pasti udah banyak lo tau. Tapi kami juga percaya kalo engga sedikit di antara lo yang belum tau 8 fakta air putih di bawah ini!

1. Beda usia, kegiatan, berat badan dan jenis kelamin, maka beda juga kebutuhan air putih

olahraga
(Sumber: Istimewa)

Anjuran minum air putih 8 gelas setiap hari gak jadi harga mati buat lo. Faktanya tiap orang mengonsumsi air putih dengan jumlah berbeda dipengaruhi oleh banyak faktor. Cowok biasanya lebih harus banyak mengonsumsi air putih ketimbang remaja cewek, tapi dalam kasus-kasus tertentu jumlah air tiap orang bisa aja tergantung sama kondisi fisik dan aktivitas mereka.

“Tidak ada batasan, karena setiap orang berbeda kebutuhan. Semua tergantung dengan usia, jenis kelamin, sampai aktivitas. Minumlah air putih sebelum tubuh dehidrasi. Itu yang penting.” kata Ketua Indonesian Hydration Working Group, Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi., Sp.G.K.

2. Air putih gak bisa disubsidi dengan minuman berwarna

(Sumber: Istimewa)

Saat haus, lo mungkin bakal lebih suka minuman berasa atau berwarna. Tapi bukan berarti air yang lo konsumsi bisa ngegantiin peran air mineral. Kenapa, soalnya minuman berwarna lebih didominasi oleh kadar gula dan bukan kandungan mineral.

“Gak bisa disamakan (dengan air putih). Jelas perannya berbeda dan perlu diwaspadai kandungan gulanya.” tambah Dr. dr. Diana saat diwawancarai Genmuda.com beberapa waktu lalu.

3. Minum air putih dingin bikin tambah gemuk?

(Sumber: authoritynutrition.com)

BIG NO! Air dingin bukan satu-satu penyebab angka di timbangan lo bertambah. Alasannya sederhana karena suhu air yang masuk ke dalam tubuh akan disesuaikan dengan suhu tubuh. Namun demikian air dingin bisa jadi pengebab penyakit lain seperti radang tenggorokan lantaran sulit untuk mengeluarkan kandungan minyak dalam makanan yang dikonsumsi.

4. Bikin lo tetap fokus

©Genmuda.com/2017 TIM
Ekspresi girang Billy setelah menang satu ronde mini games gladiator lawan Chandra Liow. ©Genmuda.com/2017 TIM

Tau kenapa iklan minuman kemasan sering bilang kurang minum jadi susah fokus? Itu karena 90 persen kadungan darah adalah air. Nah, darah akan berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Saat otak kekurangan oksigen wajar kalo akhirnya seseorang sulit untuk konsenterasi dan fokus mengerjakan sesuatu.

5. Bikin kulit awet muda dan segar

Emojinya ngikutin ekspresi muka kamu! (sumber: Apple)

Bro and sis, air putih juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban alami kulit supaya tetap segar dan awet muda. Kandungan air pada kulit berfungsi untuk mencegah hilangnya kekurangan cairan pada tubuh.

“Selain perawatan dari luar, minum air putih akan merawat kulit kita secara lebih sehat dari dalam tubuh.” kata pakar hidrasi dr. Tria Rosemiarti.

Comments

comments