Senin, 19 Agustus 2019

Genmuda – Setelah sekian lama kuliah, akhirnya tahun yang kamu tunggu-tunggu tiba juga nih, Kawan Muda. Yup, kini kamu udah resmi jadi mahasiswa (super) senior dan engga lama lagi kamu bakal dihadapin pada kehidupan nyata!

Sebagai mahasiswa tahun terakhir, tanggung jawab kamu sebetulnya engga cuma sekedar kuliah, nyelesain skripsi, sidang, lulus, dan wisuda. Lebih dari itu, ada pula beragam lainnya yang perlu kamu lakuin, kayak misalnya ngebekalin diri dengan berbagai kemampuan buat nunjang dunia kerja.

Well, bukan berarti berbagai hal yang kamu pelajari semasa kuliah engga bakal berguna buat hidup kamu selanjutnya loh ya. Tapi, ada kalanya yang jauh lebih penting itu justru merupakan kemampuan yang secara teknis engga kamu pelajarin di bangku kuliah. Berikut ini adalah 5 contoh di antaranya:

1. Ngirim email profesional

via giphy.com

Hayo, yang alamat email-nya masih neng_cuantiqs@blablabla.com atau sejenisnya, buruan gih bikin alamat email baru yang lebih wajar dan engga alay. Selain itu, pastiin juga kamu tau gimana caranya nyapa penerima email kamu dengan benar dan sesuai dengan nama maupun jabatannya. Jangan lupa pula buat milih waktu yang tepat dalam berkirim email. Etika dalam berkirim email itu penting loh.

2. Nyusun jadwal ketemuan

Jadwal ketemuan di sini bukan sekedar ketemuan biasa sama teman-teman kamu loh ya. Justru, yang dimaksud adalah jadwal ketemuan sama klien, jadwal check-up ke dokter, jadwal servis kendaraan ke bengkel, dan jadwal lain sejenisnya. Ini masih berkaitan pula dengan kemampuan buat ngelola waktu, di mana kamu harus bisa bikin prioritas dalam jadwal yang kamu susun.

3. Kerja bareng tim

via tenor.co

Well, dari jaman SD sampai kuliah, yang namanya kerja kelompok emang engga pernah beres. Yang kerja siapa, eh yang lain malah cuma numpang nama sama nilai doang. Terlepas dari itu, engga bisa diungkiri pula bahwa kerja tim merupakan hal yang engga bisa kamu hindari dan justru merupakan salah satu kemampuan penting di dunia kerja. Engga peduli kamu kerja di perusahaan besar atau kecil, kemampuan ini jelas bakal kamu butuhin banget.

4. Ngebangun koneksi

Selain hubungan internal kayak kerja tim, hubungan eksternal kayak ngebangun koneksi dengan klien atau rekan seprofesi juga penting loh, Kawan Muda. Iya sih di awal kamu mungkin bakal ngerasa awkward buat memulai percakapan. Meski begitu, ngejalin hubungan semacam ini bisa ngebantu pula dalam nambah pengalaman dan ningkatin jenjang karir kamu. Ingat, kita ‘kan engga bakal pernah tau siapa yang bakal kita temui selanjutnya.

5. Bikin anggaran keuangan

via tumblr.com

Saat masih dibiayain orang tua, kamu mungkin engga begitu mikirin soal rencana keuangan, bikin anggaran, punya tabungan, dan semacamnya. Tapi, berhubung engga lama lagi giliran kamu yang bakal ngerasain gimana susahnya nyari duit, ada baiknya dari sekarang kamu mulai belajar soal pengelolaan uang biar kamu engga kaget-kaget banget pas udah kerja nanti. Lagi pula, ada banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatin, jadi kamu engga perlu repot-repot lagi. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer